Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Contoh Akta Notaris

Contoh Akta Notaris

Contoh Akta Notaris – Pada dasarnya, akta notaris ini berkaitan erat dengan persoalan notaris dalam hal surat menyurat. Dokumen ini di buat dalam upaya untuk berbagai legalitas seperti tanah, properti, sertifikat hingga urusan perpajakan.

Dokumen penting tersebut sudah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 yang telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014. Di dalam peraturan tersebut dijelaskan tentang jabatan dan kewenangan notaris dalam membuat akta autentik.

Seseorang yang menjabat sebagai notaris ini biasanya menerima bayaran atau honor dari klien yang besarannya sudah diatur berdasarkan nilai akta yang dibuat. Dalam tugasnya, notaris ini dapat membuat berbagai akta seperti akta wasiat, pendirian Perseroan Terbatas (PT) hingga pendirian yayasan.

Namun, masih banyak orang di luaran sana yang belum mengerti tentang seluk beluk akta notaris, entah itu pengertian hingga jenis-jenisnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian, jenis-jenis beserta contoh akta notaris.

Contoh Akta Notaris Terbaru & Terlengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seseorang yang menjabat sebagai notaris memiliki kewenangan dalam membuat akta autentik yang sah di mata hukum. Contoh akta notaris tersebut yaitu dapat berupa akta keterangan hak waris, akta pendirian badan usaha, akta pendirian CV dan lain sebagainya.

Pengertian Akta Notaris

Pengertian Akta Notaris

Menurut KUH Perdata pasal 1870 dan HIR pasal 165 (Rbg 285), akta notaris merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan dengan kekuatan pembuktian mutlak dan mengikat. Sedangkan menurut KUH Perdata pasal 1866 dan HIR 165, akta notaris adalah surat pembuktian utama berupa tulisan sebagai alat bukti persidangan dengan kedudukan yang tinggi dan sangat penting.

Jenis-Jenis Akta Notaris

Jenis Akta Notaris

Sebelum membahas contoh akta notaris lebih lanjut, sebaiknya kalian mengerti terlebih dahulu mengenai beberapa jenis akta notaris. Terdapat dua macam akta notaris yang berlaku di Indonesia, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Akta Relaas atau Akta Pejabat

Akta relaas atau akta pejabat ini juga sering dikenal dengan akta berita acara yang dibuat oleh seseorang yang menjabat sebagai notaris. Di dalam akta tersebut termuat uraian otentik tentang tindakan yang dilakukan. Atau bisa juga akta ini dibuat berdasarkan keadaan yang disaksikan secara langsung oleh notaris ketika sedang menjalankan masa jabatannya.

2. Akta Partij

Lain halnya dengan akta relaas, akta partij ini bukan merupakan akta yang dibuat oleh anggota notaris, melainkan akta yang dibuat dihadapan notaris. Di dalam akta tersebut berisikan uraian lengkap yang dijelaskan oleh beberapa pihak terkait yang menghadap kepada seorang notaris.

Contoh Akta Notaris

Contoh Akta Notaris Terlengkap

Setelah kalian paham mengenai pengertian dan jenis-jenis akta notaris, selanjutnya kalian juga harus mengerti beberapa contoh akta notaris yang dibuat untuk berbagai keperluan. Beberapa contoh akta tersebut di antaranya yaitu seperi berikut ini.

Di atas adalah contoh beberapa akta notaris dengan keperluan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Kalian juga bisa mengunduh atau mendownload berkas tersebut dengan format doc.

Tips Terbaik Memilih Notaris

Tips Terbaik Memilih Notaris

Pada dasarnya memilih notaris bukanlah hal yang sulit, karena jasa notaris ini sudah hampir tersedia di seluruh daerah. Namun tentunya dalam menggunakan jasa notaris terdapat beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan. Berikut akan kami berikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam memilih notaris.

  • Pilihlah jasa notaris yang memiliki sifat jujur dan bertanggung jawab
  • Sebelum menggunakan notaris, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai lembaga atau instansi yang pernah ditangani
  • Jangan jadikan senioritas menjadi tolak ukur dari profesionalitas seorang notaris
  • Pilihlah notaris yang memiliki cara berkomunikasi layaknya sahabat

FAQ

Apa Perbedaan Notaris Dengan PPAT?

Notaris diangkat oleh Menteri Hukum dan HAM, sedangkan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) diangkat oleh Kepala Badan Pertahanan Nasional.

Apakah Jasa Notaris Dapat Membuat Akta Tanah?

Tentu bisa, hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang No 2 Tahun 2004 mengenai Jabatan Notaris dalam hal untuk membuat akta-akta yang berkaitan dengan pertanahan.

Berapa Besaran Gaji Seorang Notaris?

Sesorang yang menjabat sebagai notaris merupakan pejabat umum yang tidak digaji oleh negara atau pemerintah. Namun, notaris mendapatkan penghasilan berupa honorarium yang mereka dapatkan dari klien atau pengguna jasa notaris dalam pembuatan akta.

Akhir Kata

Perlu kalian ketahui, seseorang yang menjabat sebagai notaris harus memenuhi ruang lingkup kode etik. Yang mana di dalam kode etik tersebut berisikan semua kewajiban, larangan dan pengecualian serta sanksi yang harus notaris jalankan.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai pengertian dan jenis-jenis beserta contoh akta notaris. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua di dalam dunia kenotariatan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Syarat KPR Bank BCA

Jihan
4 min read

Kode Etik Notaris

Jihan
3 min read

Biaya Notaris

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *