Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Notaris

Biaya Notaris

Biaya Notaris – Ketika kalian melakukan transaksi jual beli tanah atau rumah, memang harus mengeluarkan biaya yang terbilang cukup banyak untuk mengurusnya. Ada beberapa elemen yang membutuhkan biaya dalam pengurusan jual beli tanah atau rumah dan salah satunya yaitu sertifikat atau akta jual beli.

Untuk mendapatkan akta jual beli atau sertifikat tersebut dibutuhkan adanya bantuan jasa seorang notaris. Notaris ini merupakan pejabat umum yang memiliki kewenangan untuk membuat akta otentik ataupun kewenangan-kewenangan lainnya.

Jadi, pada saat kalian melakukan transaksi jual beli tanah maupun bangunan entah itu gedung atau rumah harus diperlukan adanya notaris, terkhusus untuk pihak pembeli. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2014 tentang Jabatan Notaris, yang mana di dalamnya berisikan mengenai fungsi dari notaris.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya-biaya apa saja yang harus kalian persiapkan ketika menggunakan jasa notaris. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak pembahasan biaya notaris berikut ini.

Biaya Notaris Terbaru & Terlengkap

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, notaris adalah pejabat umum yang memiliki kewenangan membuat akta otentik dalam transaksi jual beli tanah atau rumah. Untuk besar kecilnya biaya notaris jual beli rumah juga bergantung pada nilai sosial serta ekonomi akta.

Fungsi Notaris

Fungsi Notaris

Sebelum membahas biaya notaris lebih lanjut, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi dari notaris. Fungsi notaris jual beli rumah sendiri juga diatur dalam pasal 15 Undang-Undang tentang Jabatan Notaris, fungsi tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mencatat dan membukukan surat-surat atau dokumen-dokumen di bawah tangan dalam buku khusus
  • Membuat salinan atau duplikat dari surat asli di bawah tangan
  • Mengesahkan kesesuaian atau kecocokan fotokopi dengan surat asli (legalisasi)
  • Memberikan penyuluhan atau pemahaman hukum kepada klien sehubungan dengan pembuatan akta
  • Membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan dan bangunan
  • Mengoreksi kesalahan ketik atau tulis pada minuta akta

Perlu kalian ketahui, minuta akta merupakan asli akta notaris, yang mana di dalam minuta akta tersebut terdiri dari data-data atau identitas diri para penghadap terkait transaksi jual beli tanah atau rumah dan berkas lain yang diperlukan untuk pembuatan akta tersebut.

Kewajiban Notaris

Kewajiban

Dalam menjalankan fungsinya, notaris memiliki sejumlah kewajiban yang di atur dalam dasar hukum kode etik notaris. Simak baik-baik kewajiban notaris berikut ini.

  • Jujur dan tidak berpihak atau berat sebelah
  • Membuat dan menyimpan akta dalam bentuk minuta akta sebagai protokol notaris
  • Menyertakan dan melekatkan surat dan dokumen serta sidik jari pihak yang terlibat dalam jual beli rumah
  • Mengeluarkan salinan akta, grosse akta atau kutipan akta berdasarkan minuta akta
  • Menjaga dan merahasiakan segala sesuatu tentang akta yang dibuatnya
  • Menulis dan membukukan akta yang dibuat dalam kurun waktu satu bulan (biasanya satu buku bisa memuat lebih dari 50 kata)

Biaya-Biaya Notaris Jual Beli Rumah

Biaya Notaris Jual Beli Rumah

Untuk biaya notaris sendiri mencakup beberapa klasifikasi biaya. Berikut ini adalah beberapa klasifikasi biaya yang harus kalian bayarkan kepada notaris ketika kalian menggunakan jasanya.

  • Biaya sertifikat sebesar Rp 100.000
  • Biaya SK 59 sebesar Rp 1.000.000
  • Biaya validasi pajak sebesar Rp 200.000
  • Biaya AJB (Akta Jual Beli Tanah) sebesar Rp 2.400.000
  • Biaya BBN (Biaya Balik Nama) sebesar Rp 750.000
  • Biaya Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan sebesar Rp 250.000
  • Biaya Akta Pemberian Hak Tanggungan sebesar Rp 1.200.000

Jadi, jika dihitung secara total biaya yang diperlukan untuk jasa notaris dalam proses jual beli rumah kerang lebih membutuhkan anggaran biaya sekitar Rp 5 jutaan.

Menghitung Biaya Notaris Sesuai Fungsinya

Menghitung Biaya Notaris Sesuai Fungsinya

1. Nilai Ekonomis

Honorarium notaris berdasarkan nilai ekonomis ditentukan dari objek pajak setiap akta, dengan rincian seperti berikut ini.

  • Nilai objek sampai dengan Rp 100.000.000 atau ekuivalen gram emas pada saat itu, honorarium yang diterima tidak lebih dari 2.5%
  • Nilai objek di atas Rp 100.000.000 sampai dengan Rp 1.000.000.000 honorarium yang diterima tidak melebihi 1.5%
  • Nilai objek lebih dari Rp 1.000.000.000 honorarium atau upah yang akan diterima berdasarkan pada kesepakatan antara notaris dengan pihak-pihak yang bersangkutan, namun besaran tersebut tidak melebihi 1% dari objek yang dibuatkan aktanya

Biaya notaris Akta Jual Beli (AJB) tanah atau KPR RUMAH dihitung sebagai nilai ekonomis. Apabila kalian membeli rumah dengan proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maka umumnya akan muncul biaya untuk surat kuasa membebankan hak tanggungan, biaya perjanjian kredit akta pembebanan hak tanggungan serta peningkatan hak dari HGB ke SHM.

2. Nilai Sosiologis

Honorarium notaris berdasarkan nilai sosiologis ditentukan dari objek setiap akta dengan upah yang diterima paling besar yaitu Rp 5.000.000. Ketetapan tersebut sudah tercantum pada Undang-Undang Pasal 56 tentang Jabatan Notaris.

Tips Memilih Notaris

Dalam memilih notaris untuk mengurus segala keperluan terkait transaksi jual beli, kalian tidak boleh memilih dengan sembarangan karena biasanya tidak semua notaris dapat diandalkan sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadinya masalah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan ketika hendak menggunakan jasa notaris.

  • Memilih notaris yang terpercaya dan jujur
  • Langsung datangi dan kunjungi sendiri ke kantor notaris
  • Jangan jadikan notaris senior menjadi tolak ukur kualitas

Akhir Kata

Perlu kalian ketahui, honor untuk jasa notaris tersebut sudah diatur oleh Undang-Undang dan biasanya yang membuatnya terlihat besar karena terdapat komponen-komponen lain terutama pada saat membeli rumah dengan layanan KPR. Oleh karena itu, banyak orang yang masih menganggap bahwa menggunakan jasa notaris untuk transaksi jual beli membutuhkan dana yang cukup mahal.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai fungsi dan kewajiban serta biaya notaris. Semoga informasi di atas dapat menjadi gambaran kalian ketika ingin menggunakan jasa notaris.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Syarat KPR Bank BJB

Jihan
2 min read

Syarat KPR Bank CIMB Niaga

Jihan
3 min read

Syarat KPR Bank BTN

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *