Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Pasang Plafon Kamar 3×3 2022 : Material & Tenaga

Biaya Pasang Plafon Kamar 3x3 1

Biaya Pasang Plafon Kamar 3×3 – Sebagaimana diketahui, plafon atau langit-langit rumah merupakan elemen penting dari sebuah bangunan yang membatasi bagian atas ruangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya plafon berguna sebagai elemen fungsional sekaligus estetika.

Secara garis besarnya, plafon berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan lampu serta sebagai tempat untuk menggantung kipas angin atau exhaust fan. Selain itu, plafon ialah sebuah elemen estetika yang menjadi penanda bahwa rumah tersebut sudah selesai dikerjakan atau dibangun.

Berbicara mengenai pemasangan plafon, tentunya dibutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal, termasuk pada kamar dengan ukuran 3 m x 3 m. Biasanya ruangan kamar sendiri menggunakan material gypsum dan besi hollow sebagai rangka plafonnya.

Nah, apabila diantara kalian berencana ingin membangun plafon pada kamar berukuran 3 m x 3 m, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa kebutuhan biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pasang plafon kamar 3×3, mulai dari kebutuhan material hingga upah pekerjanya.

Kebutuhan Komponen Pasang Plafon Kamar 3×3

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya pasang plafon kamar 3×3 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa komponen yang dibutuhkan di dalam proses pembangunannya. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik pembahasannya berikut ini.

perkakas

Bahan Material

Bahan material bangunan menjadi komponen penting yang harus diperhatikan pada saat ingin membangun plafon rumah. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis atau model plafon yang bisa diterapkan pada kamar 3×3.

Selain itu, apabila kalian memutuskan untuk menggunakan besi hollow sebagai rangka, maka saat ini juga sudah tersedia cukup banyak ukuran rangka plafon hollow yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai gambaran, di bawah ini adalah kebutuhan bahan material pembangunan plafon kamar.

  • Gypsum Board 120 x 240 x 9.
  • Rangka metal (besi hollow) 2 cm x 2 cm panjang 4 m.
  • Paku kalsiboard.

Tenaga Kerja

Kemudian kebutuhan komponen penting selanjutnya di dalam pembangunan kamar 3×3 yaitu tentang tenaga pekerjanya. Dimana di dalam pekerjaan pembangunan plafon kamar biasanya dibutuhkan lebih dari 1 jenis tukang, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pekerja.
  • Tukang besi atau tukang plafon.

Rumus Menghitung Biaya Pasang Plafon Kamar

Perlu diketahui, sebenarnya rincian biaya pasang plafon kamar 3×3 juga akan masuk ke dalam perhitungan biaya bangun kamar ukuran 3×3 yang sudah pernah kami bahas sebelumnya. Dimana nantinya kalian harus menggunakan rumus supaya hasil perhitungan bisa lebih akurat.

Untuk tata cara menghitungnya sendiri nantinya kalian hanya perlu mengalikan luas langit-langit atau luas plafon dengan harga satuan pembuatan plafon per meter perseginya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rumus menghitung biaya pasang plafon kamar di bawah ini.

Luas Plafon (m2) = Panjang x Lebar Ruangan

Biaya Pasang Plafon = Luas Plafon x Harga Per Meter

Analisa Harga Pasang Plafon Kamar Per Meter

Analisa Harga Pasang Plafon Kamar Per Meter

Ketika hendak mengetahui besaran biaya pasang plafon kamar 3×3, kalian pastinya harus mengetahui harga pemasangan konstruksi plafon per meter perseginya terlebih dahulu, entah itu dari segi kebutuhan material ataupun ongkos pekerjanya. Apabila mengacu pada bahan material dan tenaga kerja di atas, maka untuk 1 meter persegi plafon membutuhkan anggaran biaya seperti berikut ini.

KeteranganSatuanKoefisienHarga SatuanJumlah Harga
BAHAN
Gypsum Board (120 x 240 x 9)Lbr0.364Rp 67.000Rp 24.388
Rangka Metal Furing (2 cm x 4 cm) Panjang 4 mBtg1Rp 54.000Rp 54.000
Paku KalsiboardKg0.11Rp 45.000Rp 4.950
JUMLAHRp 83.338
TENAGA
PekerjaOH0.3Rp 103.000Rp 30.900
Tukang Besi/Tukang PlafonOH0.35Rp 115.000Rp 40.250
JUMLAHRp 71.150
JUMLAH TOTAL (BAHAN + TENAGA)Rp 154.448

Dari tabel di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk memasang plafon dengan material gypsum serta rangka hollow membutuhkan anggaran biaya sekitar Rp 154.448 (dibulatkan menjadi Rp 155.000) per meter perseginya.

Biaya Pasang Plafon Kamar 3×3

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai kebutuhan komponen, rumus perhitungan hingga analisa harga satuan pasang plafon kamar berukuran 3×3 per meter perseginya. Nah, selanjutnya yaitu tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai total kebutuhan anggaran biaya untuk memasang langit-langit pada kamar 3×3.

Sekrup Plafon

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, untuk menghitung kebutuhan biaya pasang plafon kamar 3×3, nantinya kalian hanya perlu mengalikan luas langit-langit dengan harga satuan per meter perseginya saja. Adapun tata cara menghitung biaya pemasangan plafon kamar 3×3 menggunakan material gypsum dan rangka hollow tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Luas Plafon

Untuk menghitung biaya pasang plafon kamar ukuran 3×3, pertama-tama kalian perlu mencari tahu luas bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Tata cara menghitungnya sendiri sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya perlu mengalikan panjang dan lebar ruangan kamar saja.

Diketahui :

  • Panjang kamar : 3 m.
  • Lebar kamar : 3 m.

Perhitungan :

  • Luas plafon = Panjang x Lebar.
  • Luas plafon = 3 m x 3 m.
  • Luas plafon = 9 m2.

Biaya Pasang Plafon

Kemudian langkah selanjutnya yaitu tinggal menghitung total kebutuhan anggaran biaya untuk memasang plafon gypsum rangka hollow pada kamar seluas 9 meter persegi. Supaya lebih jelas, perhatikan baik-baik perhitungannya di bawah ini.

  • Biaya pasang plafon = Luas plafon x Harga satuan per meter persegi.
  • Biaya pasang plafon = 9 m2 x Rp 155.000.
  • Biaya pasang plafon = Rp 1.395.000.

Mengacu pada data perhitungan di atas, maka kebutuhan biaya untuk memasang plafon gypsum rangka plafon hollow pada kamar tidur berukuran 3×3 berada di kisaran Rp 1.395.000 atau dibulatkan menjadi Rp 1.400.000. Sebagai informasi tambahan, saran kami sebaiknya siapkan anggaran dana lainnya sebesar 5% dari total biaya pembangunan untuk berjaga-jaga apabila nantinya terjadi hal-hal diluar dugaan, seperti harga material atau ongkos pekerja naik.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya pasang plafon kamar 3×3 mulai dari tahap awal hingga finishing, entah itu dari segi kebutuhan bahan material maupun ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membangun plafon kamar berukuran 3 m x 3 m.

Sumber gambar : checkatrade.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.