Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Cara Menghitung Biaya Pemasangan Plint Keramik : Bahan & Tenaga

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Plint Keramik
Advertisements

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Plint Keramik – Seperti diketahui, plint keramik ialah potongan keramik tipis uang biasanya dipasang pada dinding bagian bawah sebagai pertemuan antara dinding dengan lantai. Dimana fungsi utama plint keramik yaitu untuk mencegah kelembapan pada dinding dan merapikan batas pertemuan antara lantai keramik dengan dinding.

Dalam proses pemasangan plint keramik di rumah, tentunya kalian perlu memperhatikan dan mempersiapkan berbagai macam kebutuhan bahan materialnya. Adapun bahan-bahan pemasangan plint keramik tersebut saat ini sebenarnya sudah bisa kalian dapatkan di toko bangunan atau material terdekat seperti semen, pasir pasang, semen grouting dan lain sebagainya.

Selain mempersiapkan berbagai macam kebutuhan material pemasangan plint keramik, tentunya kalian juga harus memperhitungkan berapa besar anggaran biaya pengerjaannya. Nantinya perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangan plint keramik ini bertujuan supaya kalian tidak mengalami kelebihan ataupun pembengkakan anggaran dana.

Advertisements

Sebenarnya, cara menghitung biaya pasang atau pengerjaan plint keramik di rumah terbilang mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana cara menghitung biaya pemasangan plint keramik untuk semua ukurannya, baik itu dari segi kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya.

Fungsi Plint Keramik

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menghitung biaya pemasangan plint keramik berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa fungsi ataupun manfaat material tersebut. Seperti dijelaskan sebelumnya, fungsi utama plint keramik yaitu untuk menjaga ujung dinding dan lantai supaya tetap bersih serta terhindar dari berbagai macam kerusakan.

Di samping itu, plint keramik juga bisa membantu mencegah debu dan kotoran menempel ataupun berkumpul di sudut tembok yang biasanya nantinya akan sulit untuk dibersihkan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa manfaat plint keramik lainnya sebagai material bangunan di rumah.

  • Menjaga kebersihan dinding dari kotoran di lantai keramik.
  • Membuat sudut dinding dan lantai keramik terlihat lebih simetris serta indah.
  • Memudahkan saat proses pengerjaan acian pada sudut dinding.
  • Melindungi dinding bagian bawah agar tidak mudah keropos.
  • Melindungi dinding bagian bawah dari berbagai macam gesekan.
  • Mencegah debu maupun kotoran berkumpul di sudut antara dinding dan lantai keramik.

Ukuran Standar Plint Keramik

Ukuran Standar Plint Keramik
Advertisements

Berbicara mengenai biaya pemasangan plint keramik, tentunya hal tersebut akan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu mengenai pemilihan ukuran materialnya. Secara garis besar, sebenarnya ukuran plint keramik dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Di pasaran Indonesia sendiri, ukuran standar tinggi plint keramik terbilang cukup bervariasi, mulai dari 10 cm, 15 cm, 20 cm hingga 30 cm. Sementara untuk lebar atau panjang plint keramik biasanya disesuaikan dengan ukuran keramik lantai. Sebagai contoh keramik lantai di rumah kalian menggunakan ukuran 50 cm x 50 cm, maka sebaiknya gunakan plint lantai berukuran 20 cm x 50 cm.

Rumus Perhitungan Kebutuhan Plint Keramik

Ketika hendak mencari tahu bagaimana cara menghitung biaya pemasangan plint keramik per meter perseginya, kalian sebenarnya harus tahu apa rumus perhitungan kebutuhan materialnya. Dimana nantinya rumus perhitungan ini akan dibutuhkan ketika kalian ingin mencari total luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi plint keramik.

Perlu diketahui, sebenarnya volume plint keramik bisa dihitung dengan cara mengetahui panjang plint keramik dalam satuan meter. Selanjutnya hitung panjang dinding yang akan dipasangi plint keramik kemudian tambah atau kurang panjang tersebut jika memang terdapat lekukan di ruangan tersebut.

Daripada penasaran, di bawah ini adalah rumus perhitungan volume pekerjaan pemasangan plint keramik.

  • Volume pekerjaan plint keramik = Keliling dinding ruangan.
  • Keliling dinding ruangan = 2 x (Panjang + Lebar) – Lekukan (jika ada).

Analisa Biaya Pemasangan Plint Keramik Per Meter

Setelah mengetahui rumus menghitung kebutuhan pemasangan plint keramik untuk semua ukuran, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana perhitungan analisa biaya pengerjaannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah analisa biaya pemasangan plint keramik berukuran 10 cm x 30 cm per meternya, entah itu biaya bahan maupun ongkos pengerjaannya.

NoKeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
ABAHAN
Keramik 30×30 potong 31.30bhRp 5.000Rp 6.500
Semen portland1.14kgRp 1.250Rp 1.425
Semen grouting0.15kgRp 14.000Rp 2.100
Pasir pasang0.003m3Rp 215.000Rp 645
JUMLAHRp 10.670
BTENAGA
Pekerja0.09OHRp 112.000Rp 10.080
Tukang batu0.09OHRp 115.000Rp 10.350
Kepala tukang0.009OHRp 120.000Rp 1.080
Mandor0.005OHRp 130.000Rp 650
JUMLAHRp 22.160
CJUMLAH A + BRp 32.830

Dari tabel data perhitungan analisa di atas, maka diketahui bahwa total biaya pemasangan plint keramik berukuran 10 cm x 30 cm yaitu kurang lebih sekitar Rp 32.830 per meternya. Dimana di dalam rincian biaya tersebut sudah mencakup pembelian bahan material hingga ongkos pekerja bangunannya.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Plint Keramik

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Plint Keramik Semua Ukuran

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai analisa perhitungan biaya pemasangan plint keramik semua ukuran per meter perseginya. Nah, selanjutnya kami juga akan menjelaskan bagaimana cara menghitung biaya pemasangan plint keramik menggunakan analisa perhitungan di atas.

Sebenarnya, perhitungan biaya pemasangan plint keramik ini hampir sama seperti saat kalian menghitung kebutuhan plint granit. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kalian perlu mencari tahu volume bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Adapun tata cara menghitung biaya pemasangan plint keramik tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Volume Pekerjaan

Cara pertama yaitu mencari tahu volume bidang pekerjaan dinding yang akan dipasangi plint keramik. Sebagai contoh kalian akan memasang plint keramik berukuran 10 cm x 30 cm pada ruangan kamar sepanjang 5 meter, lebar 4 meter dengan 1 buah pintu berukuran 0.9 meter, maka tata cara menghitung volume bidang pekerjaannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 m.
  • Lebar ruangan : 4 m.
  • Lebar pintu : 0.9 m.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : 2 x (Panjang + Lebar) – Lebar pintu.
  • Volume pekerjaan : 2 x (5 m + 4 m) – 0.9 m.
  • Volume pekerjaan : 2 x 9 m – 0.9 m.
  • Volume pekerjaan : 18 m – 0.9 m = 17.1 m.

Biaya Pemasangan

Cara selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangan plint keramik berukuran 10 cm x 30 cm pada ruang kamar dengan volume pekerjaan 17.1 meter. Caranya yaitu tinggal mengalikan analisa biaya pemasangan plint keramik per meter dengan total volume bidang pekerjaannya.

  • Biaya pemasangan : Volume pekerjaan x Biaya pasang plit keramik per meter.
  • Biaya pemasangan : 17.1 m x Rp 32.830 = Rp 561.393.

Jadi, total anggaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan pemasangan plint keramik berukuran 10 cm x 30 cm pada ruangan kamar 5 m x 4 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 561.393. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya tersebut sudah mencakup biaya pembelian bahan material hingga ongkos pekerja bangunannya.

Jika ingin lebih menghemat biaya, sebenarnya kalian bisa memanfaatkan jasa dari pemborong ataupun kontraktor. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya harga borongan bangunan di beberapa kota-kota besar dinilai lebih murah dibandingkan ongkos pekerja sistem harian.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran biaya pemasangan plint keramik sebenarnya bergantung pada volume pekerjaan hingga pemilihan ukuran bahan materialnya. Selain itu, jenis pekerja bangunannya juga biasanya akan mempengaruhi total biaya pemasangannya, entah itu menggunakan pekerja harian ataupun borongan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung biaya pemasangan plint keramik untuk semua jenis dan ukuran per meternya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menghitung biaya pasang atau pengerjaan plint keramik di rumah.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.