Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

1 Colt Pasir Berapa Kubik? Rumus & Cara Menghitung!

1 Colt Pasir Berapa Kubik

1 Colt Pasir Berapa Kubik – Sebagaimana diketahui, pasir merupakan salah satu komponen bahan bangunan yang paling dibutuhkan di pembuatan berbagai macam infrastruktur. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hampir seluruh bagian bangunan membutuhkan material tersebut, mulai dari struktur baling bawah hingga paling atas.

Dimana hal ini tentunya akan membuat kalian membutuhkan kuantitas pasir yang banyak untuk membangun sesuatu, terutama pada bangunan bertingkat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui harga pasir berkualitas serta satuan ukuran yang seringkali dipesan oleh banyak orang, salah satunya yaitu 1 colt diesel.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana yang mengeluhkan bahwa mereka tidak mengetahui berapa kapasitas pasir dalam ukuran 1 colt. Secara garis besarnya, pasir yang terdapat di dalam 1 colt diesel disesuaikan dengan ukuran bak kendaraan itu sendiri, yaitu dalam satuan meter kubik (m3).

Maka dari itu, apabila kalian berencana membeli pasir dalam ukuran 1 colt diesel, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa total kapasitasnya dalam satuan kubik. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai 1 colt pasir berapa kubik mulai dari rumus hingga cara menghitungnya.

Ukuran Bak Colt

Ukuran Bak Colt

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya kapasitas pasir di dalam 1 colt diesel sendiri tergantung pada ukuran bak kendaraan itu sendiri. Dimana ukuran standar bak colt diesel atau truk engkel juga bisa saja berbeda untuk beberapa kendaraan, tergantung pada jenis serta merknya.

Meskipun demikian, pada umumnya bak pada kendaraan colt diesel yang seringkali digunakan untuk mengangkut pasir sendiri mempunyai standar ukurannya. Bak untuk kendaraan seperti colt diesel atau engkel ini biasanya mempunyai dimensi ukuran 3.1 meter, 1.7 meter serta 1.7 meter.

Rumus Menghitung Kubikasi Pasir

Untuk mengetahui berapa kubik pasir yang dapat diangkut di dalam 1 colt diesel atau engkel, tentunya kalian harus membutuhkan adanya sebuah rumus. Sama halnya seperti saat menghitung 1 kubik kayu 5×10 berapa batang, rumus digunakan supaya nantinya hasil perhitungan bisa lebih akurat.

Jika kalian ingat, sebenarnya rumus menghitung kubikasi pasir sebenarnya sudah pernah diajarkan pada pelajaran matematika di sekolah. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rumus menghitung berapa kubik pasir dalam kendaraan colt diesel atau engkel berikut ini.

Volume (V) : Panjang (p) x Lebar (l) x Tinggi (t).

1 Colt Pasir Berapa Kubik

Setelah mengetahui ukuran bak colt diesel atau engkel hingga rumus menghitung kubikasi pasir, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitungnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tersedia cukup banyak sekali model truk pengangkut pasir di dalam dunia konstruksi bangunan, salah satunya yaitu colt diesel.

Jika diartikan, sebenarnya truk seperti colt diesel atau engkel ini mempunyai ukuran bak pengangkut pasir yang tergolong sedang, tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu besar. Dimana pada umumnya 1 buah colt diesel mempunyai bak dengan ukuran panjang 3.1 meter, lebar 1.7 meter serta tinggi 1.7 meter.

Nah, sementara untuk menghitung berapa kubik pasir dalam 1 colt sendiri sebenarnya cukup mudah, asalkan kalian memahami rumus perhitungannya di atas. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung 1 colt pasir berisikan berapa meter kubik.

Diketahui :

  • Panjang bak colt : 3.1 meter.
  • Lebar bak colt : 1.7 meter.
  • Tinggi bak colt : 1.7 meter.

Perhitungan :

  • Volume pasir : Panjang x lebar x tinggi.
  • Volume pasir : 3.1 m x 1.7 m x 1.7 m = 8.959 m3.

Dari data perhitungan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa 1 colt diesel mampu mengangkut pasir sebanyak 8.949 meter kubik. Namun, perlu diingat bahwa bisa saja bak kendaraan colt tersebut sudah diubah sedemikian rupa sehingga mempunyai ukuran yang lebih besar atau bahkan lebih kecil.

Tips Membeli Pasir

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rumus hingga tata cara menghitung 1 colt pasir berapa kubik. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya ketika hendak membeli pasir bangunan, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan, berikut kami berikan beberapa tips membeli pasir.

1. Kualitas Pasir

Tips pertama ketika hendak membeli pasir dalam ukuran 1 colt yaitu memastikan terlebih dahulu bahwa material tersebut berkualitas. Kalian bisa mengecek kualitasnya dengan menggenggam pasir, lalu masukkan tangan ke dalam air. Jika pasir dalam kepalan tangan tidak membaur dan terurai, maka pasir tersebut berkualitas.

2. Kuantitas Pasir

Sebagian besar dari kalian pasti sudah menyadari bahwa kini sudah tersedia cukup banyak penjual yang tidak jujur dan memanipulasi kuantitas pasir di dalam colt diesel milik mereka. Untuk mengeceknya, silahkan periksa bagian bak colt yang kalian beli. Apabila di bak colt terdapat sebuah balok kayu, itu artinya penjual pasir mencoba mengurangi jumlah pasir bangunannya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar 1 colt pasir berapa kubik mulai dari rumus hingga tata cara menghitungnya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli pasir dalam ukuran 1 colt diesel atau engkel.

Sumber gambar : bumenredjaabadi.co.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *