Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

1 Pick Up Berapa Kubik Pasir? Rumus & Cara Menghitung!

1 Pick Up Berapa Kubik Pasir

1 Pick Up Berapa Kubik Pasir – Pada saat membangun sebuah hunian, pasir menjadi salah satu material paling penting yang harus diperhatikan. Dimana pasir sendiri berguna sebagai campuran bahan material untuk berbagai macam jenis struktur bangunan, mulai dari pondasi, dinding hingga sloof dan kolom.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis pasir yang di jual untuk kebutuhan konstruksi bangunan. Dimana para penyedia atau pemasok pasir bangunan tersebut menjualnya dengan berbagai macam satuan, mulai dari 1 colt, 1 engkel, 1 truk hingga 1 pick up.

Nah, satuan pasir dalam 1 pick up mungkin menjadi salah satu jenis ukuran yang seringkali dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi proyek yang tidak terlalu besar. Namun sayangnya, bagi orang awam mungkin mereka belum mengetahui berapa isi kubik pasir dalam ukuran mobil pick up.

Maka dari itu, apabila kalian ingin membeli pasir dalam ukuran 1 mobil pick up, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa volumenya. Untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rumus dan cara menghitung 1 pick up berapa kubik pasir.

Ukuran Bak Pick Up

Ukuran Bak Pick Up

Perlu diketahui, secara garis besarnya kapasitas material pasir di dalam 1 pick up tergantung pada bak jenis kendaraan itu sendiri. Dimana ukuran atau dimensi standar bak mobil pick up bisa saja berbeda untuk beberapa kendaraan, tergantung pada jenis, model serta merknya.

perkakas

Meskipun demikian, biasanya bak pada kendaraan pick up yang digunakan untuk mengangkut pasir memiliki standar ukurannya. Sebagai contoh untuk mobil pick up merk Mitsubishi L300 mempunyai ukuran dengan panjang 2.43 meter, lebar 1.6 meter serta tinggi 0.36 meter.

Sedangkan untuk mobil pick up Suzuki Carry mempunyai dimensi bak dengan panjang 2.5 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 0.36 meter. Jadi, ukuran bak mobil pick up pastinya berbeda dengan kendaraan seperti colt diesel atau engkel yang mempunyai dimensi lebih besar.

Rumus Perhitungan Kubikasi Pasir

Untuk mengetahui berapa kubik pasir yang mampu diangkut di dalam 1 pick up, pastinya kalian harus membutuhkan adanya sebuah rumus perhitungan. Seperti halnya saat menghitung 1 colt pasir berapa kubik, rumus tersebut nantinya digunakan supaya hasil perhitungan bisa lebih akurat.

Rumus menghitung kubikasi pasir untuk menghitung total volume kubik dalam 1 pick up sebenarnya sangat mudah. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan secara lengkap mengenai rumus menghitung kubikasi pasir dalam kendaraan pick up Mitsubishi L300 atau Suzuki Carry.

V (Volume) = p (Panjang) x l (Lebar) x t (Tinggi)

1 Pick Up Berapa Kubik Pasir

Setelah mengetahui ukuran standar bak mobil pick up beserta rumus menghitung kubikasi pasir, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara perhitungannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, saat ini tersedia cukup banyak jenis atau model pengangkut pasir di dalam dunia konstruksi bangunan, salah satunya yaitu mobil pick up.

Secara garis besarnya, sebenarnya mobil pick up ini memiliki ukuran bak pengangkut pasir yang tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk proyek-proyek kecil. Dimana 1 mobil pick up mempunyai bak dengan ukuran standar panjang sekitar 2.5 meter, lebar 1,6 meter serta tinggi 0.36 meter.

Kemudian untuk menghitung berapa volume pasir dalam 1 pick up sendiri sebenarnya juga tergolong cukup mudah, asalkan kalian memahami rumus perhitungan di atas. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung 1 pick up berapa kubik pasir berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang bak pick up : 2.5 meter.
  • Lebar bak pick up : 1.6 meter
  • Tinggi bak pick up : 0.36 meter.

Perhitungan :

  • Volume = Panjang x Lebar x Tinggi.
  • Volume = 2.5 m x 1.6 m x 0.36 m.
  • Volume = 1.44 m3.

Dari data perhitungan di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa 1 pick up mampu mengangkut pasir sebanyak 1.44 meter kubik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bisa saja bak mobil pick up tersebut sudah diubah dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki dimensi yang lebih besar ataupun lebih kecil.

Harga Pasir 1 Pick Up

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rumus hingga cara menghitung 1 pick up berapa kubik pasir. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui berapa volume pasir dalam 1 bak mobil pick up, namun tidak mengetahui berapa besar harganya.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya saat ini harga pasir 1 pick up berada di kisaran Rp 560.000 sampai Rp 600.000. Tentunya besaran harga pasir 1 pick up tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu jenisnya. Dengan kata lain, semakin bagus kualitas pasir maka akan semakin mahal pula harganya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rumus hingga cara menghitung 1 pick up berapa kubik pasir dilengkapi dengan kisaran harganya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli pasir dalam satuan 1 pick up.

Sumber gambar : mitsubishi-motors.co.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.