Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Plint Granit

Cara Menghitung Kebutuhan Plint Granit

Cara Menghitung Kebutuhan Plint Granit – Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengenal apa itu plint granit. Jika belum paham, plint merupakan sebuah granit yang digunakan sebagai list untuk menunjukkan batas jelas antara bagian tembok rumah dengan lantai atau batas antara granit satu dengan granit lainnya.

Umumnya, plint granit digunakan agar menambah aksen serta melengkapi desain lantai sebuah hunian sehingga mampu memberikan kesan mewah dan elegan. Di sisi lain, plint lantai juga berfungsi untuk menjaga agar dinding rumah bersih atau terbebas dari kotoran di lantai.

Di pasaran Indonesia sendiri, plint granit sudah tersedia dalam berbagai macam pilihan jenis, ukuran, motif serta warna. Tentunya setiap jenis dan ukuran plint granit tersebut juga nantinya akan mempengaruhi total kebutuhan material pada saat pemasangannya.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak memasang plint granit di rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu total kebutuhannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai cara menghitung kebutuhan plint granit untuk semua jenis dan ukurannya.

Fungsi Plint Granit

Fungsi Plint Granit

Seperti dijelaskan di atas, fungsi utama plint granit yaitu menjaga supaya ujung dinding rumah bagian bawah dan lantai tetap bersih serta terhindar dari berbagai kejadian yang mampu menimbulkan kerusakan. Selain itu, berikut akan kami berikan beberapa manfaat lainnya dari pemasangan plint granit.

  • Menjaga kebersihan tembok dari kotoran di lantai.
  • Membuat sudut dinding serta lantai supaya terlihat lebih simetris dan enak dipandang.
  • Mampu memudahkan proses pengerjaan acian pada sudut dinding.
  • Melindungi dinding bagian bawah supaya tidak mudah keropos.
  • Melindungi dinding bagian bawah dari berbagai macam gesekan.
  • Mencegah debu atau kotoran lainnya berkumpul di sudut antara dinding dengan lantai.

Ukuran Standar Plint Granit

Ukuran Standar Plint Granit

Sebagaimana diketahui, ukuran plint granit nantinya akan sangat berpengaruh terhadap total kebutuhan materialnya. Hal ini juga biasanya dialami oleh granit lantai. Sebab, ukuran material tersebut akan mempengaruhi besaran HARGA BORONGAN PEMASANGAN GRANIT PER METER.

Oleh sebab itu, sebelum pembahasan cara menghitung kebutuhan plint granit berlanjut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa ukuran standarnya di pasaran. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah ukuran plint granit yang tersedia di pasaran dengan satuan per keping.

UkuranSatuan
10 x 301 pcs
10 x 401 pcs
10 x 601 pcs
10 x 801 pcs
10 x 1001 pcs

Cara Menghitung Kebutuhan Plint Granit

Setelah mengetahui beberapa ukuran standar plint granit, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitungnya. Dalam perhitungan kebutuhan plint granit, terdapat beberapa elemen penting yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu volume pekerjaan.

Pasalnya, volume atau luas bidang pekerjaan inilah yang nantinya sebagai patokan total kebutuhan lint granit pada sebuah ruangan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung kebutuhan plint granit untuk semua ukurannya di bawah ini.

Volume Pekerjaan Plint

Volume Pekerjaan Plint

Tahap pertama dalam perhitungan kebutuhan material plint granit yaitu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan memasang plint granit berukuran 10 x 60 pada ruang tamu sepanjang 5 meter serta lebar 4 meter, maka tata cara menghitung kebutuhannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 meter.
  • Lebar ruangan : 4 meter.
  • Ukuran plint granit : 10 x 60.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar ruangan.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 4 m = 20 m2.
  • Volume plint granit : 10 x 60 = 0.6 m.

Kebutuhan Plint Granit

Kebutuhan Plint Granit

Langkah selanjutnya yaitu tinggal menghitung total kebutuhan plint granit berukuran 10 x 60 pada ruangan seluas 20 meter persegi. Cara menghitungnya yaitu hanya membagi luas atau volume bidang pekerjaan dengan volume plint granit. Berikut adalah rincian perhitungan kebutuhan plint granit.

  • Kebutuhan plint granit : Volume pekerjaan ÷ volume plint granit.
  • Kebutuhan plint granit : 20 m2 ÷ 0.6 m = 33.33 pcs.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan plint granit berukuran 10 x 60 pada ruangan sepanjang 5 meter serta lebar 4 meter yaitu kurang lebih sekitar 33.33 pcs atau dibulatkan menjadi 34 pcs. Misalkan harga plint granit saat ini per kepingnya adalah Rp 14.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 476.000 (34 pcs x Rp 14.000).

Tips Memilih Plint Granit

Tips Memilih Plint

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kebutuhan plint granit untuk semua jenis beserta ukurannya. Nah, di bawah ini juga akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana tips memilih plint granit agar nantinya material tersebut bisa kuat dan tahan lama.

  • Memperhatikan kredibilitas toko.
  • Sesuaikan list plint granit dengan konsep hunian.
  • Pastikan bahan dasar plint granit bagus dan tidak mudah rusak.
  • Sesuaikan ukuran dengan keinginan serta kebutuhan.
  • Jangan tergiur dengan harga murah.
  • Cek keaslian produk plint granit.
  • Carilah produk yang memiliki masa garansi.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa total kebutuhan list plint granit sebenarnya tergantung pada pemilihan ukurannya. Selain itu, ukuran ruangan juga tentunya kan mempengaruhi total kebutuhan plint granit.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara menghitung kebutuhan plint granit untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan acuan ketika hendak menghitung kebutuhan list plint granit di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *