Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

Harga Borongan Pasang Granit Per Meter – Sebagaimana diketahui, granit merupakan bahan bangunan yang kerap digunakan untuk melapisi lantai pada hunian. Granit memiliki bentuk lebih kokoh, kuat dan lebih keras jika dibandingkan dengan material sejenisnya.

Menariknya lagi, permukaan granit atau marmer cukup berkilau sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang. Oleh sebab itu, kebanyakan hunian dengan konsep minimalis modern lebih memilih menggunakan granit ketimbang keramik biasa.

Sebelum memilih dan menggunakan material granit untuk kebutuhan lantai atau meja dapur, penting untuk kalian ketahui terlebih dahulu mengenai berapa biaya pemasangannya. Di Indonesia sendiri terdapat dua sistem pekerja bangunan, yaitu pekerja harian serta pekerja borongan.

Namun, beberapa orang lebih memilih menggunakan jasa tukang borongan karena dinilai lebih murah dibandingkan pekerja harian. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap berapa kisaran harga borongan pasang granit per meter untuk semua ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Granit

Kelebihan dan Kekurangan Granit

Seperti dijelaskan di atas, material granit atau marmer memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan material sejenisnya. Meskipun demikian bukan berarti granit tidak memiliki kekurangan sama sekali. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan granit.

Kelebihan

  • Kuat dan tahan lama.
  • Tahan terhadap berbagai macam cuaca.
  • Perawatannya tergolong mudah.
  • Memiliki permukaan mengkilap.
  • Tahan terhadap goresan.

Kekurangan

  • Warnanya tidak menentu.
  • Harga granit terbilang tinggi.
  • Bobotnya cukup berat.

Prosedur Pasang Lantai Granit

Sebelum membahas harga borongan pasang granit per meter lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana tata cara pemasangannya. Sebenarnya proses pasang granit sebagai pelapis lantai tidak jauh berbeda ketika memasang keramik. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik prosedur pasang granit di bawah ini.

Persiapan Pemasangan

Persiapan Pasang Granit Per Meter

Langkah pertama yaitu pastikan lantai dasar dalam keadaan kering dengan permukaan sedikit kasar. Umumnya para pekerja menggunakan alat penggaruk seperti balok tipis atau sapu lidi untuk membuat permukaan menjadi cepat kasar.

Teknik Pemasangan

Teknik Pemasangan

Teknik pemasangan granit yang benar yaitu dimulai dengan membentuk barisan memanjang. Arah pemasangan granit sebaiknya dimulai dari sisi bagian dalam menuju ke bagian luar sehingga hasilnya akan terlihat lebih rapi.

Tahap Pemasangan

Tahap Pemasangan

Pada tahap ini, biasanya tukang akan menggunakan campuran adonan semen dan pasir untuk merekatkan granit ke permukaan dasar. Pastikan juga bahwa adonan perekat tersebut tidak terlalu lembek supaya tidak terjadi penyusutan.

Sebelum dipasang, berikan adonan pada bagian bawah granit. Kemudian letakkan granit di atas permukaan lantai dasar secara perlahan. Teknik pemasangan ini juga berlaku untuk material selanjutnya.

Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

Rincian Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

Hampir sama seperti HARGA BORONGAN PASANG KERAMIK, biaya pekerjaan pemasangan granit juga dihitung dengan satuan per meter persegi (m2). Umumnya para tukang mematok harga borongan pasang granit mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 115.000 per meter perseginya, entah itu ukuran 60 x 60 ataupun 80 x 80.

Nah, di bawah ini adalah tabel estimasi harga borongan pemasangan granit per meter untuk semua ukuran-ukurannya mulai dari tahap awal hingga finishing.

KeteranganHarga / Meter
Upah pekerja boronganRp 60.000
Biaya pemotongan plinRp 15.000
Biaya pembersihanRp 10.000
JUMLAH TOTALRp 85.000
Harga dapat berbeda untuk beberapa daerah.

Besaran biaya tersebut belum termasuk biaya untuk pembelian material granit karena biasanya pemilik rumah yang akan menyediakan materialnya. Oleh karena itu, sebaiknya belilah material GRANIT BERKUALITAS meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Tips Merawat Lantai Granit

Tips Merawat Lantai Granit

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang granit per meter beserta prosedur pemasangannya. Setelah material berhasil terpasang, kalian juga harus tahu bagaimana tata cara merawatnya agar granit tetap kuat dan tahan lama. Berikut akan kami berikan beberapa tips merawat lantai granit supaya tetap mengkilap.

  • Apabila granit baru saja dipasang, hindari penggunaan pel basah pada saat membersihkannya.
  • Usahakan untuk membersihkan lantai granit setiap hari.
  • Segera bersihkan apabila terdapat tumpahan cairan di atas granit.
  • Gunakan pelarut pembersih dengan pH seimbang ketika hendak membersihkan lantai granit.

Akhir Kata

Perlu diketahui, semakin mahal harga material granit maka akan semakin tinggi pula harga borongan pemasangannya. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah kontraktor atau pemborong berpengalaman dan dapat dipercaya sehingga hasil akhir sesuai dengan harapan.

Itulah sekiranya pembahasan terkait kisaran harga borongan pasang granit per meter untuk semua ukuran beserta prosedur pemasangannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memasang material granit untuk lantai hunian.

Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

IDR 10000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.4/10

Garansi

9.0/10

Daya Tahan

9.4/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Paving Block

Jihan
3 min read

Harga Kusen Aluminium

Jihan
2 min read

Harga Besi Hollow

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *