Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Pasang Marmer Dinding 2021 (Tenaga & Bahan)

Harga Borongan Pasang Marmer Dinding

Harga Borongan Pasang Marmer Dinding – Sebagaimana diketahui, marmer memang sudah dari dulu kerap dimanfaatkan sebagai salah satu material penutup lantai sebuah hunian. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya marmer memiliki tampilan mulus dan cantik sehingga mampu membuat sebuah ruangan terlihat lebih mewah.

Di Indonesia sendiri material marmer terbagi menjadi berbagai macam jenis dan tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing. Menariknya lagi, seiring berjalannya waktu material marmer juga kerap dimanfaatkan oleh sebagian besar orang sebagai bahan penutup dinding atau tembok ruangan.

Untungnya saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pasang marmer dinding. Akan tetapi, pastinya mereka sebagai penyedia jasa pengerjaan memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa pengerjaan pemasangan marmer dinding.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana memasang marmer sebagai material pelapis dinding di rumah, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Untuk membantunya, di bawah ini akan kami bahas secara tuntas mengenai daftar harga borongan pasang marmer dinding per meter perseginya.

Kelebihan dan Kekurangan Marmer Dinding

Kelebihan dan Kekurangan Marmer Dinding

Perlu diketahui, sebagian besar orang menganggap bahwa material granit dengan marmer itu sama saja. Padahal, jika dilihat dari segi material kedua produk tersebut pastinya memiliki sejumlah perbedaan.

Selain itu, setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk marmer dinding. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum menerapkannya di rumah, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan marmer dinding.

Kelebihan

  • Memiliki tingkat daya tahan lebih lama.
  • Mudah dibersihkan sehingga menghemat biaya perawatan.
  • Tersedia dalam berbagai macam motif serta tekstur.
  • Tidak menghantarkan panas.
  • Cocok diaplikasikan untuk semua ruangan.

Kekurangan

  • Marmer dinding cenderung memiliki permukaan licin.
  • Harganya lumayan mahal.
  • Jika mengalami kerusakan, maka diperlukan penggantian secara utuh.
  • Proses pemasangannya membutuhkan tukang khusus.

Harga Borongan Pasang Marmer Dinding Per Meter

Harga Borongan Pasang Marmer Dinding Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN PASANG GRANIT, besaran tarif jasa pemasangan marmer dinding juga biasanya akan berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor. Dimana faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu seperti tingkat kesulitan pemasangan, kondisi bidang pekerjaan dinding hingga risiko pemasangannya.

Saat ini proses pasang marmer dinding oleh para pekerja borongan juga terbagi menjadi dua, yaitu pemasangan secara utuh serta pemasangan pemotongan. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tabel daftar harga borongan pasang marmer dinding per meter perseginya di bawah ini.

KeteranganSatuanHarga Borongan
Pasang slab marmer dinding 1/2 keringm2Rp 375.000
Pasang marmer dinding uk cuttingm2Rp 285.000

Perlu diketahui, besaran harga borongan pemasangan dinding marmer di atas sudah mencakup ongkos pekerja borongan sampai pembelian bahan materialnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa pemilik rumah hanya perlu menyerahkan semua kebutuhan pekerjaan kepada kontraktor.

Cara Menghitung Biaya Pasang Marmer Dinding

Di atas sudah dibahas selengkapnya mengenai besaran harga borongan pasang marmer dinding per meter perseginya. Selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana cara menghitung biaya pengerjaan atau pemasangan dinding marmer menggunakan pekerja borongan. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tata cara menghitung biaya pasang marmer dinding.

Volume Pekerjaan Dinding

Volume Pekerjaan Dinding

Tahap pertama yaitu menghitung luas atau volume bidang pekerjaan dinding yang akan dipasangi material marmer. Sebagai contoh kalian akan memasang marmer utuh pada dinding ruang tamu berukuran panjang 4 meter serta tinggi 2 meter menggunakan pekerja borongan, maka cara menghitungnya yaitu seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 4 meter.
  • Tinggi dinding : 2 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x Tinggi.
  • Volume pekerjaan : 4 m x 2 m = 8 m2.

Biaya Pemasangan

Biaya Pemasangan

Setelah mengetahui volume bidang pekerjaannya, selanjutnya kalian tinggal menghitung biaya pemasangan marmer pada dinding seluas 8 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu hanya mengalikan luas bidang pekerjaan dinding dengan harga borongan per meter perseginya.

  • Biaya pemasangan : Luas dinding x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan : 8 m2 x Rp 375.000 = Rp 3.000.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang marmer para dinding ruang tamu berukuran 4 meter x 2 meter menggunakan jasa borongan yaitu sekitar Rp 3.000.000. Di dalam rincian biaya tersebut sudah meliputi ongkos jasa pekerja borongan, pembelian material marmer hingga bahan material pendukung lainnya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya informasi seputar daftar harga borongan pasang marmer dinding per meter perseginya dilengkapi tata cara menghitung biaya pemasangannya dari Epropertyrack. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang marmer dinding menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Pasang Marmer Dinding

IDR 285000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.2/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *