Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Plamir Tembok

Harga Borongan Plamir Tembok

Harga Borongan Plamir Tembok – Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa penggunaan cat yang tepat saja sudah mampu untuk mendapatkan hasil akhir sempurna. Padahal, agar hasil dapat lebih baik, kalian memerlukan lebih dari sekedar cat berkualitas, salah satunya yaitu plamir.

Memang benar jika PROSES PLAMIR TEMBOK akan memakan waktu dan tenaga ekstra, namun jaminannya dinding akan lebih terawat serta hasil pengecatan akan lebih sempurna. Sebab, plamir mampu menutup celah atau pori pada tembok sehingga permukaan menjadi lebih rata serta halus.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia banyak sekali pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa plamir tembok rumah. Akan tetapi, setiap pekerja borongan tersebut juga tentunya memiliki ketentuan terkait tarif atau ongkos jasa pengerjaannya.

Umumnya para pekerja borongan plamir tembok tersebut mematok upah dengan hitungan per meter persegi. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai daftar harga borongan plamir tembok per meter persegi, entah itu non material ataupun plus material.

Fungsi Plamir Tembok

Fungsi Plamir Tembok

Sebelum pembahasan harga borongan plamir tembok per meter lebih lanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa fungsinya. Adapun beberapa fungsi plamir tembok berbasis semen tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Menutup celah atau pori-pori pada tembok.
  • Mampu menutupi warna asli tembok.
  • Hasil pengecatan tembok menjadi lebih halus dan rata.
  • Mampu memaksimalkan warna cat sehingga akan terlihat lebih bagus.
  • Warna cat dinding akan terlihat lebih seragam.
  • Cat tembok menjadi lebih tahan lama.

Kebutuhan Komponen Plamir Tembok

Di dalam sebuah pengerjaan plamir tembok rumah, terdapat beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan, mulai dari kebutuhan bahan material hingga pekerja bangunannya. Seperti dijelaskan di atas, plamir merupakan sebuah cairan putih yang umumnya berasal dari campuran beberapa bahan tertentu.

Beberapa bahan dasar pembuatan plamir tembok sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah di toko bangunan ataupun material. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah kebutuhan komponen plamir tembok mulai dari bahan material hingga tenaga kerjanya.

Bahan Material

Bahan Material
  • Semen putih.
  • Lem putih PVAC.
  • Kalsium.
  • Casting.
  • Air bersih.

Pekerja Bangunan

Pekerja Bangunan
  • Pekerja.
  • Tukang bangunan.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Catatan : Komponen kepala tukang dan mandor bisa dihilangkan apabila pekerjaan plamir tembok rumah dalam skala kecil.

Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter

Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN BANGUNAN pada umumnya, besaran harga borongan plamir tembok rumah juga bisa berbeda di beberapa daerah. Biasanya besaran harga borongan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi atau lokasi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan plamir hingga risiko pengerjaannya.

Selain itu, para kontraktor ataupun pemborong juga menyediakan jasa pengerjaan menjadi dua jenis, yaitu borongan non material serta borongan plus material. Harga borongan plamir tembok non biasanya berada di kisaran Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per meter perseginya.

Sementara harga borongan plamir tembok plus material sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 50.000 sampai Rp 65.000 per meter perseginya. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran ongkos jasa borongan tersebut bisa berbeda di beberapa wilayah atau daerah.

Cara Menghitung Biaya Plamir Tembok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan plamir tembok rumah per meter perseginya, baik itu hanya tenaga kerja saja maupun borongan plus material. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitung biaya plamir tembok.

Sebenarnya perhitungan biaya plamir tembok menggunakan pekerja borongan hampir sama seperti PERHITUNGAN BORONGAN CAT TEMBOK. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya perhatikan baik-baik pembahasan perhitungan biayanya di bawah ini.

Volume Pekerjaan Plamir

Volume Pekerjaan Plamir

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu mencari tahu luas atau volume tembok yang akan dilapisi plamir. Misalkan kalian akan melakukan plamir menggunakan pekerja borongan plus material pada salah satu sisi tembok ruang tamu berukuran 6 m x 4 m, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang tembok : 6 meter.
  • Tinggi tembok : 4 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan tembok : Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan tembok : 6 m x 4 m = 24 m2.

Biaya Plamir Tembok

Biaya Plamir Tembok

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya plamir tembok menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu hanya dengan mengalikan volume pekerjaan tembok dengan harga borongan plamir tembok plus material per meter perseginya.

  • Biaya plamir : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya plamir : 24 m2 x Rp 50.000 = Rp 1.200.000.

Jadi, total biaya yang perlu kalian persiapkan untuk melapisi tembok berukuran 6 m x 4 m dengan plamir menggunakan pekerja borongan plus material yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.200.000. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut sudah mencakup ongkos pekerja borongan serta biaya pembelian bahan material plamir.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengerjaan plamir tembok oleh pemborong atau kontraktor terbagi menjadi dua jenis, yaitu borongan non material serta plus material. Selain itu, harga borongan tersebut juga bisa saja berbeda di beberapa wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan plamir tembok per meter persegi, baik itu non material ataupun plus material. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melapisi tembok dengan plamir menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Plamir Tembok

IDR 20000
9.3

Harga

9.5/10

Fungsional

9.4/10

Kualitas

9.2/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *