Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok

Cara Plamir Tembok – Mungkin untuk beberapa orang menganggap pemilihan warna cat yang tepat saja sudah cukup untuk memperindah suatu ruangan. Padahal untuk bisa mendapatkan hasil sempurna, diperlukan beberapa elemen lainnya selain cat tembok berkualitas.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika hendak memperindah dinding suatu rumah yaitu pelapisan plamir pada dinding. Kegiatan ini merupakan tahapan pelapisan tembok rumah dengan beberapa material khusus sebelum dilakukannya pengecatan.

Perlu diketahui, pelapisan menggunakan plamir bertujuan untuk memperhalus permukaan dinding berlubang, bertekstur ataupun tidak rata. Jadi dengan melakukan pelapisan bahan tersebut, dinding rumah menjadi lebih mudah untuk di cat serta cat juga akan lebih tahan lama.

Oleh sebab itu, penting untuk kalian ketahui bagaiamana tata cara atau prosedur plamir permukaan dinding sebelum dilakukan pengecatan, Nah, kali ini kami akan membahas secara tuntas cara plamir tembok yang benar, baik untuk lama, baru atau tidak rata.

Alat dan Bahan Plamir Tembok

Tentunya sebelum melapisi tembok dengan plamir, terdapat beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan. Berikut adalah beberapa perlengkapan pelapisan plamir pada dinding rumah.

  • Lem putih PVAC sebagai bahan perekat.
  • Semen putih sebagai dasar pembuatan plamir.
  • Kalsium
  • Casting
  • Air bersih.
  • Wadah kecil sebagai tempat untuk mengaduk adonan plamir.
  • Kapi besar/kecil berbahan dasar PVC.
  • Centong pasir atau Skrap/kape.
  • Kain lap bersih.

Cara Plamir Tembok Lama

Setelah mengetahui alat dan bahan pelapisan adonan plamir, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Apabila dinding di rumah sudah lama namun belum diberi lapisan cat, sebaiknya lakukan pelapisan bahan plamir terlebih dahulu. Berikut adalah tata cara plamir tembok lama yang bisa diikuti.

1. Bersihkan Permukaan Tembok

Bersihkan Permukaan Tembok

Cara pertama yaitu membersihkan permukaan tembok dari debu atau kotoran menempel. Hal itu dikarenakan debu atau kotoran menempel pada dinding dapat mengurangi daya rekat plamir pada tembok.

2. Mempersiapkan Material Plamir Tembok

Selanjutnya, siapkan bahan material plamir seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan takaran adonan plamir sesuai kebutuhan dinding rumah. Ingat, apabila plamir sudah mengeras, maka kalian sudah tidak bisa menggunakannya lagi.

3. Pelapisan Plamir Tembok

Pelapisan Plamir Tembok

Setelah semua alat serta bahan sudah siap, cara berikutnya yaitu pengaplikasian adonan plamir. Oleskan adonan plamir dari atas hingga bawah serta oleskan satu per satu hingga merata. Pastikan juga bagian sudut tembok terlapisi dengan merata.

4. Pengeringan Plamir

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu menunggu sampai plamir tersebut mengering. Supaya plamir dapat menempel sempurna, biasanya proses ini akan memakan waktu kurang lebih 24 jam.

5. Pengamplasan Permukaan Tembok

Pengamplasan Permukaan Tembok

Setelah plamir pada dinding rumah kering, langkah selanjutnya yaitu mengamplas permukaan tembok. Lakukan pengamplasan secara perlahan menggunakan kertas amplas bertekstur halus.

Cara Plamir Tembok Baru

Sebenarnya proses pelapisan plamir untuk tembok baru tidak jauh berbeda dengan dinding lama. Untuk lebih jelasnya, dapat kalian simak tata cara pelapisan plamir pada dinding baru berikut ini.

1. Pembersihan Permukaan Tembok

Pembersihan Permukaan Tembok

Bersihkan semua area permukaan tembok baru dengan cara menggunakan kain lap bersih dari kotoran dan debu. Pastikan juga tembok sudah dalam keadaan kering serta tidak mengandung kadar air di dalamnya.

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Siapkan semua perlatan seperti adonan plamir serta centong pasir atau skrap/kape. Sebaiknya buatlah adonan plamir dengan takaran sesuai kebutuhan luas dinding rumah.

3. Pengaplikasian Plamir Tembok

Pengaplikasian Plamir Tembok

Setelah semua perlengkapan sudah siap, oleskan adonan plamir pada tembok dari atas hingga ke bawah supaya hasilnya lebih rapi serta merata. Pastikan semua pori-pori permukaan tembok tersebut sudah tertutup sempurna.

4. Pengeringan Plamir

Cara plamir tembok selanjutnya yaitu menunggu hingga permukaan dinding benar-benar mengering. Biasanya agar mendapatkan hasil maksimal, biarkan selama kurang lebih 24 jam.

5. Pengamplasan Plamir

Pengamplasan Plamir

Apabila permukaan tembok sudah mengering, lakukanlah pengamplasan dengan kertas amplas bertekstur halus. Cara ini penting untuk kalian lakukan agar lapisan plamir kering tidak gampang mengelupas.

Cara Plamir Tembok Tidak Rata

Kemudian untuk cara plamir tembok tidak rata juga sebenarnya cukup mudah dilakukan. Nah, di bawah ini adalah langkah-langkah ketika hendak melakukan proses pelapisan plamir pada dinding rumah tidak rata.

1. Bersihkan Permukaan Tembok

Pembersihan Tembok

Bersihkan semua area permukaan tembok yang hendak diberi lapisan plamir. Apabila tembok tersebut sudah memiliki cat dasar, sebaiknya lakukan pengelupasan cat lama terlebih dahulu.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan perlengkapan seperti adonan plamir serta centong pasir atau kape. Jika terdapat beberapa lubang cukup besar pada tembok, sebaiknya buat adonan menjadi sedikit lebih banyak

3. Pelapisan Plamir

Pelapisan Plamir

Cara selanjutnya yaitu proses pelapisan plamir pada dinding tidak rata. Oleskan plamir pada permukaan tembok dari atas hingga ke bawah secara merata. Pada bagian dinding yang berlubang, oleskan adonan plamir sampai tertutup dengan sempurna.

4. Pengeringan Plamir

Apabila proses pelapisan sudah selesai, cara selanjutnya yaitu proses pengeringan. Agar mendapatkan hasil maksimal, diamkan atau biarkan permukaan dinding selama kurang lebih 24 jam.

5. Pengamplasan Plamir

Pengamplasan

Langkah terakhir yaitu proses pengamplasan plamir. Lakukan pengamplasan tembok yang sudah diberi lapisan plamir tersebut dengan kertas amplas bertekstur halus.

Cara Plamir Tembok Sudah di Cat

Beberapa di antara kalian pasti pernah mengalami CAT TEMBOK di rumah retak atau terkelupas dengan sendirinya. Hal tersebut tentunya sangat menjengkelkan karena dapat membuat dinding menjadi rusak atau tidak enak dipandang.

Untuk mengatasinya, lakukan pengecatan ulang pada dinding rumah. Namun, sebelum melakukan pengecatan alangkah baiknya lapisi tembok dengan plamir terlebih dahulu. Simak baik-baik tata cara melakukannya di bawah ini.

1. Mengelupas Cat Tembok Lama

Mengelupas Cat Tembok

Langkah pertama yaitu MENGELUPAS CAT TEMBOK lama sampai benar-benar terkelupas. Kalian bisa menggunakan soda api atau tinner untuk membantu mengelupas cat tembok lama.

2. Bersihkan Permukaan Tembok

Pembersihan Tembok

Setelah semua cat lama terkelupas, selanjutnya bersihkan permukaan tembok tersebut dari semua kotoran dan debu menempel. Cara ini penting untuk dilakukan karena debu atau kotoran pada dinding dapat mengurangi daya rekat plamir.

3. Siapkan Adonan Plamir

Kemudian siapkan semua peralatan seperti kape serta adonan plamir. Sebaiknya gunakan material plamir berkualitas sehingga bisa memberikan hasil akhir sempurna.

4. Pengaplikasian Plamir

Pengaplikasian Plamir

Cara plamir tembok selanjutnya yaitu proses pengaplikasiannya. Cara melakukannya yaitu oleskan plamir ke dinding dengan skape dari atas hingga ke bawah. Pastikan semua pori-pori dinding tertutup secara merata.

5. Proses Pengeringan Plamir

Setelah adonan menempel pada dinding rumah, selanjutnya biarkan kurang lebih selama 24 jam. Proses pengeringan ini bertujuan agar plamir tidak mudah mengelupas ketika dilapisi cat.

6. Pengamplasan Plamir

Pengamplasan

Langkah selanjutnya yaitu proses pengamplasan lapisan dinding dengan kertas amplas bertekstur halus. Gosok secara perlahan-lahan agar lapisan plamir yang sudah menempel tidak mengelupas atau rusak.

7. Pelapisan Cat Tembok

Pelapisan Cat Tembok

Terakhir, beri lapisan cat tembok menggunakan warna sesuai dengan konsep hunian. Kalian bisa mengecat menggunakan ALAT SEMPROT CAT TEMBOK agar mendapatkan hasil akhir pengecatan merata dan maksimal.

Manfaat Pelapisan Plamir Tembok

Tentunya dengan memberikan lapisan plamir pada dinding rumah, terdapat sejumlah keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan. Beberapa manfaat pelapisan plamir untuk tembok di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Dapat menutup celah atau pori.
  • Hasil pengecatan lebih rata dan halus.
  • Warna cat akan terlihat lebih bagus.
  • Cat tembok lebih awet.
  • Tahan terhadap kelembapan.

Akhir Kata

Jadi, dengan adanya langkah-langkah atau tata cara di atas dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian plamir pada dinding rumah memiliki dampak besar terhadap hasil akhir pengerjaan pengecatan dinding. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika melapisi dinding rumah menggunakan bahan tersebut sebelum melakuan pengecatan.

Itulah sekiranya yang dapat Epropertyrack sampaikan kali ini mengenai tata cara plamir tembok, entah itu tembok lama, baru, tidak rata atau bahkan sudah di cat. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak memberi lapisan plamir untuk dinding rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *