Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Cara Mengatasi Dinding Hebel Retak Hemat Biaya!!

Cara Mengatasi Dinding Hebel Retak

Cara Mengatasi Dinding Hebel Retak – Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik rumah dengan konstruksi dinding bata ringan atau hebel yaitu keretakan. Tentunya keretakan tersebut akan membuat penghuni rumah merasa kurang nyaman karena dinding tersebut tidak enak untuk dipandang.

Seperti diketahui, pada dasarnya retak merupakan masalah yang sering kali muncul entah itu pada dinding hebel rumah baru ataupun rumah lama. Dimana keretakan dinding hebel tersebut dapat dikarenakan oleh sejumlah faktor, mulai dari faktor strukturnya, tingkat perawatan dan lain sebagainya.

Jika mengalami permasalahan tersebut, sebaiknya segera lakukan perbaikan sebelum masalah lainnya muncul. Pasalnya, tembok retak lama-kelamaan akan merambat dan membuat celah di dinding sehingga bisa menjadi sumber air hujan merembes sampai ke dalam rumah.

Secara garis besar, terdapat cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi retak pada tembok hebel di rumah. Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi dinding hebel retak di rumah dilengkapi dengan penyebab permasalahannya.

Penyebab Dinding Hebel Retak

Penyebab Dinding Hebel Retak

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi dinding hebel rusak di rumah lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Adapun beberapa penyebab kerusakan atau keretakan pada dinding hebel di rumah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kualitas material hebel jelek.
  • Proses pemasangan dinding hebel terburu-buru.
  • Spesi ataupun perekat dinding hebel tidak sesuai standar.
  • Beban dinding hebel terlalu berat.
  • Kondisi cuaca ekstrem.
  • Kurangnya perawatan dari pemilik rumah.

Pada intinya, dinding hebel retak terjadi karena lapisan plester tembok belum kering secara sempurna namun sudah dilabur menggunakan acian pada saat proses pembangunannya. Dengan begitu, kadar air di dalam plester tertutup oleh semen. Dimana semen sendiri merupakan salah satu material bangunan kedap air.

Cara Mengatasi Dinding Hebel Retak

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebenarnya terdapat cukup banyak cara untuk mengatasi dinding hebel retak di rumah. Terlebih lagi, semua cara tersebut dapat dilakukan oleh semua orang meskipun mereka tidak memiliki keahlian khusus atau dapat dikatakan awam di dalam dunia konstruksi bangunan.

Jadi, penambalan atau perbaikan dinding hebel ini dapat dilakukan oleh siapapun asalkan mereka mengerti langkah-langkahnya serta memiliki kemauan tinggi untuk mempelajari hal-hal baru. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara mengatasi atau memperbaiki tembok hebel yang retak di rumah berikut ini, baik itu keretakan vertikal maupun horizontal.

1. Bersihkan Permukaan Cat Dinding

Bersihkan Permukaan Cat Dinding

Cara mengatasi dinding hebel retak pertama yaitu dengan membersihkan permukaan cat dinding. Kalian bisa MENGELUPAS CAT TEMBOK di area yang mengalami keretakan menggunakan sekrap lalu bilas menggunakan lap kain basah. Pastikan dinding hebel tersebut sudah terbebas dari paku ataupun jamur.

2. Poles Dinding Menggunakan Amplas

Poles Dinding Hebel Retak Menggunakan Amplas

Setelah dirasa dinding hebel sudah bersih, lalu gosok permukaan tembok menggunakan amplas kasar sampai acian terlihat. Jika sudah, silahkan bersihkan kembali menggunakan lap kain basah supaya debu terangkat serta tembok menjadi sedikit lembab.

3. Oleskan Semen Khusus

Oleskan Semen Khusus

Cara mengatasi dinding hebel retak selanjutnya yaitu tinggal memperbaiki atau menambal keretakan tersebut. Saran kami sebaiknya manfaatkan semen khusus bernama wall filler lalu oleskan di atas permukaan dinding. Tunggu beberapa saat sampai material wall filler benar-benar mengering.

4. Beri Lapisan Plamir

Beri Lapisan Plamir

Agar nantinya permukaan dinding hebel lebih kuat dan memiliki daya tahan tinggi, sebaiknya olesi tembok dengan cat plamir. Perlu diketahui, cat plamir memiliki perbedaan fungsi dengan cat tembok biasa. Dimana cat plamir berguna untuk meratakan dinding dan menjadi dasar sebelum dinding tersebut dilapisi cat finishing.

Sementara untuk CARA PLAMIR TEMBOK sendiri sebenarnya sama saja seperti saat kalian melakukan pengecatan dinding menggunakan cat biasa. Cara ini penting dilakukan guna memastikan lapisan penutup dinding kuat serta tidak akan mengalami keretakan lagi.

5. Amplas Tembok Hebel

Amplas Tembok Hebel

Setelah dinding hebel dilapisi plamir, selanjutnya gosok permukaan tembok kembali menggunakan amplas halus. Hal ini bertujuan supaya nantinya permukaan dinding hebel menjadi lebih rata dan halus setelah dilakukan pengecatan akhir.

6. Beri Finishing Cat

Beri Finishing Cat

Cara mengatasi dinding hebel retak berikutnya yaitu memberikan lapisan cat yang serupa seperti sebelumnya sebagai finishing. Saran kami sebaiknya pilihlah CAT DINDING BERKUALITAS meskipun harganya sedikit lebih mahal dari kualitas standar.

Jika keretakan tembok berada di area luar atau outdoor, pastikan juga kalian menggunakan cat anti bocor atau waterproofing. Hal ini bertujuan agar dinding hebel menjadi lebih kuat dan tahan lama meskipun menghadapi cuaca ekstrem sekaligus.

7. Rawat Secara Berkala

Rawat Secara Berkala

Terakhir, lakukan perawatan dinding hebel di rumah secara rutin atau berkala. Perawatan dalam hal ini yaitu usahakan selalu bersihkan dinding apabila terkena noda seperti debu, jamur ataupun becak air menggunakan lap basah kemudian keringkan menggunakan kain lembut.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa perbaikan dinding hebel retak ini sebenarnya cukup mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Hal ini dikarenakan cara tersebut dilakukan oleh semua orang meskipun mereka tidak memiliki keahlian khusus di dalam bidang konstruksi bangunan.

Itulah sekiranya penjelasan seputar cara mengatasi dinding hebel retak dilengkapi penyebab kerusakannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menambal atau mengatasi keretakan dinding hebel di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *