Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengelupas Cat Tembok

Cara Mengelupas Cat Tembok

Cara Mengelupas Cat Tembok – Cara mengelupas cat tembok sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menghilangkan cat lama yang masih menempel pada tembok.

Pada dinding yang usianya sudah lama, biasanya cat yang menempel akan mengalami pengapuran. Dengan begitu cat tembok pada dinding akan kehilangan daya rekat secara signifikan.

Jika kalian ingin cat tembok terlihat lebih baik, tentunya kalian harus menggantinya dengan cat yang baru. Sebelum melakukan pengecetan, sebaiknya bersihkan dahulu tembok dengan cara mengelupas cat yang lama.

Namun, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara yang baik dan benar pada saat mengelupas cat tembok. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa cara mengelupas cat tembok.

Cara Mengelupas Cat Tembok

Cara Mengelupas Cat Tembok Paling Mudah

Ada beberapa alasan kenapa pemilik rumah ingin membuang cat lama. Salah satu alasan yang paling sering kalian jumpai pasti karena ingin mengganti cat lama dengan cat yang baru. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, pengelupasan cat tembok bisa kalian lakukan dengan mudah.

Oleh karena itu, akan kami jelaskan beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk mengelupas cat tembok yang sudah lama. Sebelum melakukan pengelupasan, siapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, seperti :

  • Kuas
  • Sarung tangan
  • Sekrap
  • Lap kain
  • Masker
  • Ampelas
  • Kaca mata

Masalah pada Cat Tembok

1. Bercak Air pada Tembok

1. Bercak Air pada Tembok

Masalah ini dapat disebabkan karena adanya rembesan air yang dapat berasal dari tembok yang terkena hujan, kebocoran talang air ataupun yang lainnya.

2. Penggumpalan Cat

2. Penggumpalan Cat

Hal ini disebabkan karena nilai alkalinitas yang tinggi sehingga dinding akan mengalami penggumpalan. Penggumpalan membuat cat tembok menjadi kehilangan nilai estetik.

3. Cat Mengkristal

3. Cat Mengkristal

Sebab terjadinya pengkristalan yaitu karena adanya proses alkali yang mengandung garam menyebar pada permukaan cat tembok. Apabila lingkungan dinding lembab, maka masalah ini akan berlangsung dengan cepat.

4. Cat Mengalami Pengapuran

4. Cat Mengalami Pengapuran

Salah satu penyebab cat tembok mengalami pengapuran yaitu cat yang digunakan tidak memiliki ketahanan terhadap cuaca dan sinar matahari. Oleh karena itu, pilihlah cat tembok yang memiliki kualitas terbaik.

5. Cat Menggelembung

5. Cat Menggelembung

Cat yang menggelembung biasanya terjadi karena pada saat pengecetan acian belum kering sepenuhnya serta proses pengecetan ulang yang terburu-buru.

6. Cat Mengelupas

6. Cat Mengelupas

Untuk masalah yang satu ini biasanya disebabkan karena tembok yang akan di cat menggunakan acian yang memiliki kualitas kurang bagus. Sehingga cat dapat mengelupas dengan sendirinya.

Cara Praktis Mengelupas Cat Tembok

1. Memakai Thinner

1. Memakai Thinner

Cara mengelupas cat tembok pertama yang kami sarankan yaitu menggunakan thinner. Sebelum menggunakan cara ini, pastikan kalian memakai thinner yang memiliki kualitas terbaik. Berikut ini adalah cara caranya.

  • Pertama, oleskan cairan thinner ke permukaan cat tembok yang akan dikupas.
  • Selanjutnya ampelas tembok yang akan dikupas.
  • Kemudian bersihkan dari kotoran atau debu yang masih tertinggal.

2. Menggunakan Paint Remover

2. Menggunakan Paint Remover

Paint remover mempunyai jenis yang beragam, mulai dari tingkat agresivitas yang tinggi sampai yang rendah. Perhatikan baik-baik langkah-langkah di bawah ini.

  • Gunakan sarung tangan terlebih dahulu, kemudian kuaskan cairan paint remover ke tembok yang akan dikupas.
  • Setelah cat tembok terlihat menggelembung, kupas cat tersebut menggunakan sekrap.
  • Selanjutnya bersihkan permukaan tembok dengan air.
  • Setelah kering, ampelas cat tembok agar terlihat lebih halus.
  • Terakhir, bersihkan tembok dari debu dan kotoran yang masih menempel dengan menggunakan kain.

3. Memakai Gerinda

3. Memakai Gerinda

Cara mengelupas cat tembok memakai gerinda artinya menggosok permukaan dinding dengan sebuah gesekan. Cara ini dinilai sangat penting karena memanfaatkan salah satu kemajuan teknologi. Oleh karena itu, cara ini merupakan pilihan yang baik.

4. Memakai Soda Api

4. Memakai Soda Api

Sebelum melakukan pengelupasan cat tembok menggunakan soda api, siapkan peralatannya terlebih dahulu. Cara ini memang mampu mengelupas cat dengan baik, namun soda api memiliki efek yang cukup beresiko. Apabila sampai terkena kulit, maka akan menimbulkan panas seperti efek terbakar. Simak tata cara mengelupas cat memakai soda api di bawah ini.

  • Pertama, buka kemasan soda api dengan hati-hati. Penggunaan kaca mata sangat kami rekomendasikan untuk berjaga-jaga.
  • Kemudian oleskan soda api ke permukaan cat tembok yang ingin dikupas.
  • Tunggu beberapa saat hingga cat tembok tersebut terlihat seperti terbakar.
  • Setelah itu, gunakan kape atau sekrap untuk membuang cat lama tersebut.

Akhir Kata

Salah satu alasan mengganti cat tembok lama dengan cat yang baru ialah agar memberikan suasana yang baru bagi pemiliknya. Apabila cara mengelupas cat tembok dilakukan dengan baik dan benar, pasti akan memberikan hasil yang memuaskan. Tentunya dengan mengikuti prosedur yang sudah kami jelaskan di atas.

Hal yang perlu diperhatikan saat proses pengelupasan cat tembok adalah membersihkan semua peralatan yang digunakan apabila proses telah selesai. Hal itu bertujuan agar peralatan terhindar dari kuman serta bakteri. Demikian penjelasan mengenai cara mengelupas cat tembok menurut Epropertyrack.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *