Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghilangkan Semut di Rumah

Cara Menghilangkan Semut di Rumah

Cara Menghilangkan Semut di Rumah – Meskipun memiliki tubuh berukuran kecil, namun keberadaan semut yang bergerombol seringkali mengganggu kenyamanan kita. Kehadirannya pun sulit untuk terdeteksi, tidak tahu berasal dari mana, tahu-tahu sudah ada di rumah.

Seperti pada saat kalian tidak sengaja menumpahkan gula, tidak perlu membutuhkan waktu lama semut langsung datang untuk menyerbunya. Tentu saja hal ini sangat menyebalkan bagi penghuni rumah, terlebih lagi bagi mereka yang alergi dengan serangga.

Pasti kalian geram dan ingin mengusirnya agar rumah terbebas dari serangga tersebut. Namun, jika kalian mengusirnya menggunakan cairan yang berbahan pestisida, lama kelamaan penggunaan cairan tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara lain yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan semut menggunakan bahan-bahan alami, Nah, daripada kalian penasaran langsung saja simak tata cara menghilangkan semut di rumah yang terjamin ampuh.

Cara Menghilangkan Semut di Rumah Terjamin Ampuh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap rumah pasti terdapat beberapa koloni semut. Semut yang keluar dari sarangnya ini memiliki tujuan untuk mencari makanan. Untuk mengatasinya, berikut ini akan kami berikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengusir serangga kecil tersebut.

Penyebab Semut Banyak di Rumah

Penyebab Semut Banyak di Rumah

Sebelum pembahasan berlanjut, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab semut banyak berdatangan di rumah. Penyebab utamanya yaitu remah-remah sisa makanan atau noda minuman yang tercecer di KERAMIK LANTAI.

Hal tersebut dikarenakan remah-remah makanan tersebut merupakan sumber makanan dari gerombolan semut. Selain itu, alasan semut berdatangan di rumah yaitu untuk mencari sumber air dan tempat berlindung.

Cara Menghilangkan Semut di Rumah dengan Bahan Alami

Pada dasarnya cara mengusir semut dari rumah ini dapat kalian lakukan dengan berbagao macam cara. Umumnya pengusiran ini menggunakan bahan-bahan alami. Nah, berikut adalah beberapa cara menghilangkan semut di rumah dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah.

1. Larutan Lemon

Cara Menghilangkan Semut di Rumah dengan Larutan Lemon

Bahan alami pertama yang bisa kalian gunakan untuk mengusir semuat yaitu larutan lemon. Hal ini dikarenakan lemon memiliki kandungan asam sitrat yang sangat tidak disukai oleh serangga kecil tersebut sehingga dapat menjadi cara yang efektif untuk mengusir semut.

Campurkan perasan lemon dan air dengan perbandingan 3 bagian air dan 1 buah lemon. Kalian bisa menyemprotkan langsung ke gerombolan semut atau pada bagian-bagian rumah yang rentan dikerumuni semut.

2. Cuka Putih dan Air

Cara Menghilangkan Semut di Rumah dengan Cuka Putih dan Air

Selain larutan lemon, kalian juga bisa menggunakan cuka putih dan air untuk mengusir semut dari rumah. Tuangkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol spray. Setelah itu, langsung saja semprotkan ke arah kerumunan semut tersebut.

3. Bawang Putih

Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang pasti ada di KITCHEN SET kalian yaitu bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini juga bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan semut dengan cara mengupas dan mengiris menjadi beberapa bagian. Setelah itu, letakanlah pada setiap sudut ruangan di mana kalian sering melihat serangga tersebut berkeliaran.

4. Kayu Manis

Kayu Manis

Cara menghilangkan semut di rumah selanjutnya ini bisa menggunakan kayu manis. Perlu kalian ketahui, semut ini tidak menyukai bayu khas dari kayu manis. Jadi, letakkan beberapa bayang kayu manis di daerah yang sering didatangi semut.

5. Cengkeh

Cengkeh

Semut juga tidak terlalu menyukai bau dan aroma dari bahan alami yang satu ini. Oleh sebab itu kalian bisa menggunakan paling tidak 10 butir cengkeh tanpa tambahan air dan letakkan pada gerombolan semut. Tidak membutuhkan waktu lama, maka gerombolan semut tersebut akan langsung menghindar dan membubarkan diri.

6. Bubuk Kopi

Bubuk Kopi

Kalian juga bisa menggunakan bubuk kopi untuk mengusir serangga yang ada di rumah. Cukup taburkan saja bubuk kopi pada area yang terdapat kerumunan semut. Atau kalian juga bisa menggunakan ampas bekas seduhan kopi untuk menghilangkan semut di luar rumah seperti pada teras rumah.

7. Bubuk Cabai rawit

Bubuk Cabai rawit

Bubuk cabai rawit yang pedas juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan semut di rumah. Tempatkanlah cabai bubuk ke dalam wadah kecil, kemudian tempatkan wadah tersebut dekat dengan makanan yang di kerumuni semut-semut tersebut.

8. Tepung Maizena

Tepung Maizena

Mungkin pengusiran semut dengan cara tepung maizena ini akan menyebabkan rumah terlihat kotor dan berantakan. Kalian bisa menaburkan tepung ini pada keumunan semut secara langsung. Atau kalian juga bisa menambahkan sedikit air pada tepung tersebut.

9. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil

Seperti yang sudah kalian ketahui, tea tree oil ialah minyak esensial yang terbuat dari olehan daun teh melalui proses penyulingan. Oleh karena itu, aroma harum yang dihasilkan bahan ini akan membuat semut menghindar. Sehingga bahan alami ini dapat menjadi cara alternatif ketika hendak mengusir semut dari rumah.

10. Garam

Garam

Buatlah garis pembatas atau taburkan garam untuk menghalangi jalan semut di rumah. Selain itu, kalian juga bisa menaburkan pada lubang-lobang tempat tinggal serangga tersebut. Pastikan tempat yang akan ditaburi garam tersebut dalam keadaan kering.

11. Lada

Lada

Lada juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan semut di rumah. Cukup taburkan saja lada hitam atau lada bubuk di pinggiran lantai. Aroma yang dihasilkan lada ini bisa membuat semut enggan masuk ke dalam rumah.

12. Bedak Tabur

Bedak Tabur

Cara menghilangkan semut di rumah berikutnya bisa kalian lakukan dengan menggunakan bedak tabur atau talek. Sebarkan bedak tabur di sarang semut atau di pinggir lantai, tembok, pintu hingga jendela. Biasanya semut tidak akan suka berjalan melewati bubuk, terlebih lagi bubuk tersebut menempel di tubuh mereka.

13. Boraks

Boraks

Boraks mungkin menjadi salah satu bahan kimia yang bisa kalian lakukan untuk mengusir semut dari rumah. Kalian bisa memakai larutan yang terdiri dari campuran gula, air hangat dan borak untuk mengusir serangga tersebut. Pastikan cairan tersebut jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.

Cara Mencegah Semut Berkeliaran di Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gerombolan semut ini akan mencari tempat yang lembab guna membangun sarang mereka. Meskipun beberapa cara menghilangkan semut di rumah tersebut berhasil kalian lakukan, namun tidak ada salahnya jika kalian tetap waspada agar serangga tersebut tidak bersarang lagi di rumah. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mencegah semut berkeliaran di dalam rumah.

  1. Segera bersihkan tumpahan makanan atau minuman yang jatuh atau tercecer, baik itu di meja makan ataupun di lantai.
  2. Simpan buah-buahan atau jenis makanan lainnnya di dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke dalam kulkas atau lemari dapur.
  3. Usahakan tempat sampah selalu bersih, entah itu yang berada di dalam atau luar rumah.
  4. Pastikan dinding atau lantai rumah kalian tidak memiliki celah yang bisa digunakan sebagai sarang semut.

Manfaat Rumah Terbebas dari Semut

Manfaat Rumah Terbebas dari Semut

Tentunya, rumah yang terbebas dari gerombolan atau kerumunan semut ini akan terasa lebih nyaman. Selain itu, kesehatan para penghuni rumah juga lebih terjamin karena gigitan atau sengatan semut dapat menimbulkan efek yang kurang nyaman pada kulit manusia.

Rumah yang terbebas dari semut atau serangga jenis lainnya juga bisa merefleksikan keadaan kebersihan rumah kalian. Pastinya rumah yang bersih dan terawat akan terbebas dari sarang semut ataupun serangga kecil lainnya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa rumah yang bersih dan terbebas dari kerumunan semut akan terasa lebih nyaman. Selain itu, penghuni rumah juga akan terhindar dari penyakit atau infeksi yang dibawa oleh serangga kecil tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan kali ini mengenai tata cara menghilangkan semut di rumah dengan beberapa bahan alami. Semoga informasi di atas bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak mengusir rumah dari dalam rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Jihan
2 min read

Cara Memasang Plafon PVC

Jihan
2 min read

Cara Mengusir Tokek di Rumah

Jihan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *