Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Laron di Rumah

Cara Mengusir Laron di Rumah

Cara Mengusir Laron di Rumah – Salah satu jenis serangga yang sering muncul di musim penghujan ialah laron. Serangga yang satu ini kerap datang berkoloni dan berkumpul mendekati cahaya lampu di rumah yang tentunya akan mengganggu penghuninya.

Perlu kalian ketahui, laron pada dasarnya merupakan jenis rayap yang hidup berkoloni atau berkelompok. Biasanya rayap bersayap ini akan keluar dari sarangnya secara bersamaan dengan jumlah puluhan bahkan ratusan pada awal musim penghujan.

Oleh karena itu, kehadirannya yang bergerombol tersebut tentu mengganggu pemiliki rumah sehingga mau tidak mau harus bergegas mencari cara untuk mengusirnya. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengusir serangga tersebut yaitu dengan mematikan lampu rumah.

Namun, sebenarnya ada cukup banyak cara lain yang ampuh untuk mengusir serangga kecil tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana tata cara mengusir laron di rumah yang mudah dan praktis.

Penyebab Banyak Laron di Rumah

Penyebab Banyak Laron di Rumah

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab laron berdatangan di rumah. Pertama, kayu menarik bagi rayap karena di dalamnya terdapat selulosa yang menjadi sumber utama nutrisinya.

Selain itu, rayap juga suka terhadap lingkungan yang lembab untuk dijadikan sebagai rumah koloninya. Laron yang mencari pasangan juga mencari tempat yang terang dan bercahaya seperti lampu-lampu yang ada di rumah kalian.

Jadi, kehadiran laron ini bisa membuat rumah menjadi kotor, terutama pada KERAMIK LANTAI karena terdapat sayap laron yang berserakan. Oleh sebab itu selain faktor kenyamanan, kebersihan rumah juga menjadi alasan mengapa kalian harus mengusir serangga tersebut dari rumah.

Cara Mengusir Laron di Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mematikan lampu rumah memang menjadi salah satu cara yang paling mudah dan ampuh untuk mengusir laron. Namun, cara tersebut cukup merepotkan karena kita harus bergelap-gelapan di rumah.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara lain yang bisa kalian ikuti dan lakukan. Nah, di bawah ini adalah tata cara mengusir laron di rumah yang praktis dan terjamin ampuh.

1. Gunakan Baskom Berisi Air

Cara Mengusir Laron Menggunakan Baskom Berisi Air

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengusir serangga kecil tersebut yaitu menggunakan baskom berisi air. Kalian hanya perlu mempersiapkan nampan atau baskom berukuran sedang atau besar yang berisikan air secukupnya.

Cara kerjanya yaitu air yang ada pada nampan tersebut akan memantulkan cahaya sehingga laron tertarik untuk menghampirinya. Laron yang sudah terperangkap di dalam air tersebut lama kelamaan akan mati dengan sendirinya.

2. Tutup Lubang Akses Laron

Tutup Lubang Akses Laron

Kalian juga bisa mengatasinya dengan menutup akses keluar masuknya laron yang berada di tanah. Biasanya lubang ini ditandai dengan banyaknya rayap yang keluar di sekitarnya. Tutuplah lubang tersebut sebelum malam tiba. Setelah itu, tutup semua ventilasi rumah dengan rapat setelah perangkap laron sudah dipasang.

3. Gantung Cabai Merah

Gantung Cabai Merah

Mungkin penggunaan cabai merah untuk mengusir laron ini terdengar aneh, tetapi cara yang satu ini perlu kalian lakukan di rumah. Siapkan cabai merah berukuran besar dan gantungkan di dekat lampu yang dipenuhi oleh serangga tersebut.

Jangan lupa untuk membelah cabai merah tersebut menjadi dua bagian. Alasan mengapa cara ini terjamin ampuh yaitu karena aroma rempah cabai yang tajam dan pedas ini akan sangat mengganggu laron.

4. Basmi dari Sarang

Basmi dari Sarang

Cara mengusir laron di rumah selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah membasmi dari sarangnya secara langsung. Jika laron mulai berdatangan di rumah, jangan tunggu sampai jumlahnya semakin bertambah. Carilah sarang serangga tersebut dan basmi menggunakan obat anti serangga sampai tuntas.

5. Menggunakan Semprotan Serangga

Cara Mengusir Laron Menggunakan Semprotan Serangga

Cara ampuh untuk mengusir laron selanjutnya yaitu dengan menyemprotkan cairan khusus pengusir serangga. Aroma yang tajam dari cairan tersebut akan membuat mereka tidak betah dan segera meninggalkan rumah.

6. Menggunakan Lampu Anti Laron

Cara Mengusir Laron Menggunakan Lampu Anti Laron

Saat ini juga sudah tersedia lampu anti laron yang bisa kalian gunakan untuk mengusir serangga tersebut. Cara penggunaannya juga terbilang mudah. Kalian hanya perlu menyalakan lampu anti laron tersebut dan laron pun akan mendekati cahaya tersebut. Setelah hinggap, suhu panas yang dihasilkan lampu tersebut akan langsung membunuh laron di tempat.

7. Menggunakan Rumput Vetiver

Menggunakan Rumput Vetiver

Apabila kalian menginginkan pengusiran laron dengan cara alami, cobalah untuk memanfaatkan rumput vetiver. Rumput yang satu ini memiliki kandungan zat nootkatone sehingga akan menimbulkan bau yang harum. Zat tersebut juga terbukti ampuh untuk mengusir laron dan rayap di rumah.

8. Menggunakan Lilin

Menggunakan Lilin

Lilin juga bisa menjadi cara mengusir laron di rumah yang terjamin ampuh. Kalian hanya perlu mempersiapkan lilin dan wadah semacam baskom yang sudah diisi air sebagai perangkap. Setelah itu matikan lampu dan nyalakan lilin, lalu laron secara otomatis akan mengerubungi lilin tersebut.

9. Panggil Jasa Pembasmi Laron

Panggil Jasa Pembasmi Laron

Apabila berbagai macam cara di atas tidak berhasil, sebaiknya kalian mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembasmi laron. Biasanya pembasmi serangga ini akan membasminya secara tuntas. Jadi, cara yang satu ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengusir laron dari rumah.

Akhir Kata

Laron merupakan salah satu serangga yang tidak menggigit atau menyengat. Namun, keberadaan laron di dalam rumah akan sangat mengganggu kenyamanan penghuninya. Maka dari itu, lakukan beberapa cara alternatif di atas untuk mengusirnya.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan kali ini mengenai cara mengusir laron di rumah yang mudah dan praktis. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak mengusir serangga kecil tersebut dari rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Ular di Rumah

Jihan
3 min read

Cara Mengusir Cicak di Rumah

Jihan
3 min read

Cara Mengelupas Cat Tembok

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *