Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Cicak di Rumah

Cara Mengusir Cicak di Rumah

Cara Mengusir Cicak di Rumah – Kehadiran cicak di dalam rumah dianggap mengganggu oleh sebagian besar orang. Memang hewan reptil kecil yang merayap ini dapat membantu mengurangi populasi nyamuk dan serangga yang ada di rumah.

Salah satu alasan mengapa keberadaannya mengganggu yaitu karena cicak kerap mengeluarkan kotoran yang bisa saja jatuh di atas makanan atau furnitur. Selain itu, kotoran cicak juga ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Oleh sebab itu, demi alasan kesehatan alangkah baiknya kalian melakukan tindakan pencegahan atau pembasmian cicak. Pada dasarnya terdapat berbagai macam cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk mengusir binatang tersebut dari rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap beberapa cara mengusir cicak di rumah yang mudah dan praktis. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak baik-baik tata caranya di bawah ini.

Bahaya Cicak Bagi Kesehatan Manusia

Bahaya Cicak Bagi Kesehatan Manusia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kotoran cicak yang berceceran di KERAMIK LANTAI ini membawa bakteri Eschericia Coli atau lebih sering disebut dengan bakteri E.coli. Sebenarnya di dalam tubuh manusia juga memiliki bakteri E.coli yang berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan manusia.

Namun, sangat berbeda dengan bakteri yang dimiliki oleh cicak. Ketika masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan berubah menjadi virus yang mengganggu kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa efek yang dihasilkan oleh bakteri E.coli pada cicak.

  • Gangguan pencernaan.
  • Gangguan kemih.
  • Radang selaput otak.
  • Gangguan pernafasan.

Cara Mengusir Cicak di Rumah Terjamin Ampuh

Setelah mengetahui bahaya cicak bagi kesehatan manusia, tentu kalian juga harus melakukan pengusiran hewan tersebut dari rumah. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mengusir cicak di rumah dengan bahan alami yang terbukti ampuh dan bisa kalian lakukan dengan mudah.

1. Bawang Bombay

Cara Mengusir Cicak dengan Bawang Bombay

Bahan alami pertama yang bisa kalian manfaatkan untuk mengusir cicak dari rumah yaitu bawang bombay. Letakan beberapa potongan bawang bombay di beberapa area rumah atau semprotkan ke dinding. Aroma sulfur menyengat yang dihasilkan oleh bawang bombay tersebut akan membuat cicak tidak akan betah di rumah.

2. Bawang Putih

Cara Mengusir Cicak dengan Bawang Putih

Selain bawang bombay, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengusir hewan kecil tersebut. Kalian bisa meletakkan beberapa butir bawang putih di sudut-sudut rumah. Atau kalian juga bisa membuat jus bawang putih lalu masukkan ke dalam botol. Setelah itu semprotkan ke dinding rumah yang sering dihinggapi oleh cicak.

3. Cabai dan Lada Bubuk

Cara Mengusir Cicak dengan  Cabai dan Lada Bubuk

Lada dan cabai bubuk juga bisa kalian gunakan untuk mengusir dan membasmi cicak dari rumah. Taburkan bubuk lada hitam dan cabai bubuk di pinggir lantai atau tembok. Aroma yang dihasilkan kedua bahan tersebut akan membuat cicak enggan merayap di dinding rumah.

4. Bubuk Kopi

Cara Mengusir Cicak dengan  Bubuk Kopi

Sama halnya dengan tikus, cicak juga sangat membenci aroma khas dari bubuk kopi. Caranya yaitu dengan menaburkan bubuk kopi di sudut-sudut rumah yang kerap dihinggapi oleh cicak tersebut.

5. Cabai Kering

Cara Mengusir Cicak dengan  Cabai Kering

Cara mengusir cicak di rumah selanjutnya yaitu menggunakan cabai kering. Taruhlah beberapa buah cabai kering di area rumah yang sering dilalui oleh cicak. Aroma yang dihasilkan dari buah cabai kering ini akan membuat cicak tidak betah.

6. Cangkang Telur

Cangkang Telur

Seperti yang sudah kalian ketahui, telur ini menghasilkan bau yang amis. Ternyata cicak juga tidak terlalu suka dengan bau amis tersebut. Kalian hanya memerlukan cangkang telurnya saja. Letakkan cangkang telur terserbut di beberapa area yang kerap dihinggapi oleh cicak.

7. Cairan Pemutih

Cairan Pemutih

Kalian juga bisa menggunakan cairan pemutih untuk mengusir cicak dari rumah. Caranya yaitu dengan membersihkan area rumah yang sering dihinggapi cairan tersebut. Aroma bahan kimia yang dihasilkan cairan pemutih tersebut dianggap membahayakan bagi cicak.

8. Saus Tabasco

Saus Tabasco

Saus tabasco juga bisa kalian jadikan opsi untuk mengusir cicak dari rumah. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sampai 2 sendok makan saus tabasco dengan air secukupnya dan masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan ke dinding atau furnitur di rumah kalian yang kerap dihinggapi cicak.

9. Tembakau

Tembakau

Tembakau juga menjadi salah satu bahan alami yang terbukti ampuh untuk mengusir cicak. Pasalnnya, cicak ini tidak menyukai bau menyengat yang dihasilkan oleh tembakau. Caranya yaitu dengan memasukkan tembakau ke dalam plastik yang sudah dilubangi dan ikat dengan karet. Letakkan tembakau tersebut di area yang sering dihinggapi cicak.

10. Menutup Makanan dengan Rapat

Menutup Makanan dengan Rapat

Menutup makanan dengan rapat mungkin menjadi cara paling sederhana yang bisa kalian lakukan di rumah. Tutup semua makanan dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari makanan atau kulkas. Kalian juga bisa menutup makanan yang berada di atas meja menggunakan tudung saji agar tidak dihinggapi oleh cicak.

11. Mendinginkan Ruangan

Mendinginkan Ruangan

Cara mengusir cicak di rumah juga bisa kalian lakukan dengan mendinginkan suhu ruangan. Hal itu dikarenakan cicak ini merupakan jenis binatang berdarah panas sehingga cicak tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin.

Cara Mencegah Cicak Kembali ke Rumah

Cara Mencegah Cicak Kembali ke Rumah

Setelah berhasil mengusir cicak yang ada di rumah, kalian juga harus memastikan bahwa hewan tersebut juga tidak akan kembali lagi. Untuk itu kalian perlu melakukan beberapa tips dan cara mencegah cicak kembali ke rumah berikut ini.

  • Singkirkan nyamuk beserta sarangnya di sekitar rumah.
  • Selalu menjaga kebersihan rumah.
  • Memelihara kucing sebagai pemangsa cicak.
  • Menutup akses masuk cicak.
  • Memasang AC (Air Conditioner).

Akhir Kata

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kehadiran cicak di rumah ini bukan hanya sebagai pengganggu saja, namun juga berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, pastikan kebersihan rumah selalu terjaga sehingga tidak akan ada cicak di dalam rumah kalian.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai beberapa cara mengusir cicak di rumah dengan bahan alami yang terjamin ampuh dan efektif. Semoga informasi di atas bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak mengusir cicak di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Ular di Rumah

Jihan
3 min read

Cara Mengusir Laron di Rumah

Jihan
2 min read

Cara Mengelupas Cat Tembok

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *