Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Ular di Rumah

Cara Mengusir Ular di Rumah

Cara Mengusir Ular di Rumah – Ular merupakan hewan reptil yang bisa kita temukan di mana saja, entah itu di hutan, gunung, laut, rawa hingga pemukiman warga. Hewan yang satu ini bergerak secara melata, tanpa suara serta memiliki gerak refleks yang sangat cepat.

Selain itu, untuk beberapa jenis ular seperti ular kobra memiliki racun yang berbahaya, bahkan ada yang sangat mematikan. Oleh karena itu, banyak orang panik apabila bertemu dengan ular di jalan, terlebih lagi jika ular tersebut berada di dalam rumah yang tentunya akan sangat meresahkan.

Garam untuk sebagian orang mungkin masih dipercaya sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir ular. Namun, pada kenyataannya garam tidak memiliki efek sama sekali terhadap ular karena bumbu dapur tersebut hanya cocok untuk mengusir hewan berlendir.

Untuk mengusir ular yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara mengusir ular di rumah dengan bahan alami sederhana tapi ampuh.

Penyebab Ular Masuk ke Rumah

Penyebab Ular Masuk ke Rumah

Sebelum pembahasan berlanjut, ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan ular masuk ke dalam rumah. Biasanya penyebab hewan melata masuk ke dalam rumah ini karena sedang mencari makanan ataupun mencari tempat berlindung.

Ular bisa masuk kapan saja ke dalam rumah melalui berbagai macam celah, mulai dari lubang ventilasi hingga melalui KARPET TALANG yang berlubang. Maka dari itu, penting untuk kalian lakukan pengecekan kondisi rumah secara berkala.

Jadi, ular yang masuk ke dalam rumah ini tidak serta merta karena ingin menyerang penghuni rumah. Namun, masuknya hewan yang satu ini juga dapat dipengaruhi karena ulah manusia sendiri, seperti habitat asli ular di alam yang dirusak dengan adanya perumahan-perumahan.

Cara Mengusir Ular di Rumah

Pengusiran ular dari rumah ini bisa kalian lakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan bahan alami sampai dengan melakukan suatu tindakan tertentu. Di bawah ini akan kami berikan beberapa cara mengusir ular di rumah dengan bahan alami yang bisa kalian ikuti dan lakukan.

1. Pembersih Lantai

Cara Mengusir Ular dengan Pembersih Lantai

Bahan pertama yang bisa kalian gunakan untuk mengusir ular dari rumah yaitu pembersih lantai seperti karbol. Caranya juga terbilang cukup mudah, kalian hanya perlu menyiramkan karbol ke bagian badan ular. Cairan tersebut mampu memberikan rasa panas serta membuat sensor gerak ular menjadi rusak.

2. Wewangian yang Dibenci Ular

Cara Mengusir Ular dengan Wewangian yang Dibenci Ular

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sudah dari dulu garam dipercaya sebagai cara yang ampuh untuk mengusir ular. Pada kenyataannya, ular merupakan hewan dengan kulit bersisik sehingga tidak takut terhadap garam.

Maka, jika ular masuk ke dalam rumah, semprotkan wewangian seperti pewangi ruangan atau parfum yang tidak disukai hewan melata tersebut. Dengan menyemprotkan wewangian, dijamin ular akan pergi dengan sendirinya.

3. Minyak Kayu Manis dan Minyak Cengkeh

Cara Mengusir Ular dengan Minyak Kayu Manis dan Minyak Cengkeh

Bahan alami selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk mengusir ular dari rumah yaitu minyak kayu manis dan minyak cengkeh. Kalian hanya perlu mencampurkan kedua minyak tersebut dan menyemprotkannya di setiap sudut-sudut rumah. Secara perlahan, ular tersebut pasti akan keluar dari rumah.

4. Bubuk Belerang

Bubuk Belerang

Cara mengusir ular di rumah berikutnya yaitu dengan menggunakan bubuk belerang. Seperti yang sudah kalian ketahui, bubuk belerang ini memiliki aroma yang menyengat sehingga tidak akan disukai oleh ular. Kalian bisa meletakkan bubuk belerang ini di sudut rumah, dekat pintu atau di celah-celah yang memungkinkan sebagai jalur masuknya ular.

5. Cabai

Cabai

Bahan alami selanjutnya yang bisa kalian coba untuk mengusir ular di rumah yaitu cabai rawit. Kalian bisa menaburkan beberapa cabai di sekeliling rumah. Meskipun kedengarannya terlihat tidak berpengaruh, namun cara yang satu ini terbilang ampuh.

6. Amonia

Amonia

Selain dipercaya mampu untuk menangani berbagai masalah kesehatan, amonia juga dapat kalian gunakan untuk mengusir ular di rumah. Hal itu dikarenakan, amonia ini menimbulkan aroma yang tidak sedap sehingga tidak disukai ular. Kalian bisa meletakkan bahan tersebut pada wadah atau menyemprotkan di sekitar area yang terdapat ular.

7. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang juga bisa kalian manfaatkan untuk mengusir ular dari rumah yaitu bawang putih dan bawang merah. Pasalnya, bawang ini akan menghasilkan asam sulfonat yang pastinya tidak disukai oleh ular. Sebagai informasi, asam inilah yang menyebabkan orang menangis ketika mengiris bawang.

8. Cuka

Cuka

Cuka mungkin menjadi cara mengusir ular di rumah selanjutnya yang bisa kalian lakukan. Caranya yaitu cukup dengan menuangkan cuka putih di sekeliling badan ular. Maka, secara perlahan hewan melata tersebut akan keluar dari rumah kalian.

9. Kapur Barus

Kapur Barus

Bau khas dan menyengat dari kapur barus ini dapat membuat ular keluar dari rumah. Cukup dengan menghaluskan kapur barus dan menebarkannya di berbagai sudut rumah. Atau kalian juga bisa menaburkannya di area-area yang rawan menjadi tempat masuknya ular seperti kamar mandi dan dapur.

10. Tali Ijuk

Tali Ijuk

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengusir ular di rumah yaitu dengan menggunakan tali ijuk. Hal tersebut dikarenakan tali ijuk ini memiliki permukaan kasar yang ditakuti oleh ular. Kalian bisa mencambukkan tali ijuk ke badan ular. Namun, ketika melakukannya kalian harus berhati-hati dan menjaga jarak dari ular tersebut.

Cara Mencegah Ular Datang ke Rumah

Cara Mencegah Ular Datang ke Rumah

Di atas sudah kami berikan beberapa cara mengusir ular di rumah yang bisa dilakukan dengan beberapa bahan-bahan alami. Setelah ular keluar dari rumah, kalian juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah ular agar tidak lagi datang ke rumah. Nah, di bawah ini akan kami berikan tips dan cara untuk mencegah ular datang kembali ke rumah.

  • Jaga kebersihan rumah karena ular suka dengan tempat yang gelap dan lembab.
  • Rapikan taman atau pekarangan yang berada di sekitar rumah.
  • Tutup semua lubang atau celah di rumah dengan rapat.
  • Pasanglah pagar yang tidak bisa dilewati ular seperti pagar beton.
  • Jaga aroma di rumah agar tetap wangi.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengusir ular di rumah yang efektif dan alami yang bisa kalian lakukan. Sebaiknya kalian juga melakukan pencegahan agar ular tidak masuk ke dalam rumah seperti yang sudah Epropertyrack jelaskan di atas. Ketika hendak mengusir ular, alangkah baiknya cari bala bantuan untuk mengurangi risiko luka atau bahkan kematian karena tergigit hewan melata tersebut.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Laron di Rumah

Jihan
2 min read

Cara Mengusir Cicak di Rumah

Jihan
3 min read

Cara Mengelupas Cat Tembok

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *