Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Karpet Talang Per Meter

Harga Karpet Talang Per Meter

Harga Karpet Talang Per Meter – Mengingat negara Indonesia memiliki iklim tropis dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi, maka kehadiran talang air di rumah sangat dibutuhkan. Jadi, sudah seharusnya kalian tidak boleh menganggap remeh struktur bangunan yang satu ini.

Fungsi utama dari talang air pada hunian ini yaitu untuk mengalirkan air hujan ke bawah atau ke tempat seharusnya. Konstruksi ini juga mencegah aliran air hujan agar tidak merembet ke berbagai tempat di sekitar rumah kalian sehingga tidak terjadi banjir atau becek.

Saat ini, sudah tersedia cukup banyak jenis talang air yang dapat kalian jumpai di pasaran. Karpet talang menjadi salah satu jenis talang air yang kerap digunakan masyarakat sebagai material untuk konstruksi saluran talang air pada bangunan.

Bagi kalian yang ingin membeli material tersebut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai harga terbarunya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga karpet talang per meter yang biasa beredar di pasaran.

Daftar Harga Karpet Talang Per Meter

Sedikit informasi, karpet talang umumnya dibuat dari material sejenis senyawa plastik. Biasanya material ini dijual di toko-toko bangunan dalam bentuk meteran dengan ketebalan yang bervariasi. Daripada kalian penasaran berapa harga material karpet talang, simak saja pembahasan di bawah ini.

Kegunaan Karpet Talang

Kegunaan Karpet Talang

Sebelum membahas harga karpet talang per meter lebih lanjut, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu manfaat dari produk ini. Kegunaan utama dari material ini yaitu untuk menampung air hujan jatuh pada bagian atap yang kemudian akan dialirkan ke bawah.

Sehingga dengan adanya karpet talang ini, air hujan yang jatuh di atap tidak langsung mengalir ke bawah. Jadi, dinding atau tembok rumah kalian tidak akan kotor karena air hujan sudah ditampung terlebih dahulu oleh karpet talang tersebut.

Selain itu, material ini juga bisa kalian gunakan sebagai media atau alat untuk mempercantik hunian, terutama untuk bagian eksterior, dinding hingga bagian bawah atap. Karpet tersebut dapat memberikan kesan visual jeda bagi rumah dengan ukuran yang cukup besar.

Kelebihan dan Kekurangan Karpet Talang

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini juga akan kami berikan beberapa kelebihan dan kekurangan karpet talang. Kelebihan dan kekurangan tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Kelebihan

  • Fleksibel dan mudah untuk dibentuk.
  • Tidak berisik.
  • Bobotnya cukup ringan.
  • Harganya relatif murah.
  • Anti karat karena terbuat dari bahan plastik.
  • Dapat digunakan pada lokasi yang luas.
  • Proses pemasangannya mudah dan cepat.
  • Jika terjadi kebocoran mudah untuk memperbaikinya.

2. Kekurangan

  • Mudah robek atau rusak.
  • Tidak tahan terhadap perbedaan cuaca.
  • Mudah mengalami pelapukan.
  • Rentan terhadap kebocoran.

Harga Karpet Talang Per Meter

Harga Karpet Talang Per Meter Semua Ukuran

Setelah mengerti keunggulan dan kelemahan serta manfaat dari karpet talang, selanjutnya kalian juga harus mengetahui kisaran harganya. Di bawah ini adalah daftar harga karpet talang per meter untuk berbagai macam jenis dan ukuran yang bisa kalian jumpai di pasaran.

SpesifikasiUkuranHarga
Karpet Talang Merah Hitam53 cmRp 7.000
Karpet Talang Merah Hitam60 cmRp 8.000
Karpet Talang Merah Hitam90 cmRp 11.000
Karpet Talang Merah Hitam110 cmRp 13.000
Karpet Talang Putih60 cmRp 15.000
Karpet Talang Hijau87 cmRp 17.000

Cara Pemasangan Karpet Talang

Cara Pemasangan Karpet Talang

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah membeli karpet talang, namun tidak tahu bagaimana cara pemasangannya. Sebenaranya pemasangan karpet talang air ini dapat dikatakan cukup mudah untuk kalian lakukan.

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu merekatkan karpet talang dengan paku pada kerangka atap bangunan di kedua sisinya. Setelah terpasang dengan kuat, kemudian tindih bagian tepinya dengan menggunakan GENTENG METAL atau material atap lainnya yang digunakan.

Perlu diingat, kalian harus melakukan perawatan karpet talang air ini secara berkala dengan membersihkannya menggunakan kuas atau sapu kecil sesuai kebutuhan. Pasalnya, kotoran-kotoran yang mengendap dapat menyebabkan material mengalami kebocoran.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa karpet talang ini menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk digunakan sebagai talang air yang fungsional, awet serta ekonomis. Namun, pastikan kalian memilih karpet dengan kualitas bagus dan anti sobek sehingga material dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Itulah sekiranya yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai kisaran harga karpet talang per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan bahan pertimbangan ketika hendak membeli material tersebut.

Harga Karpet Talang Per Meter

IDR 7000
9.4

Harga

9.5/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.6/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.5/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *