Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Cara Mengusir Tikus di Rumah – Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang kerap membuat resah masyarakat. Pasalnya, selain dapat mengganggu lahan pertanian para petani, tikus juga sering masuk ke dalam rumah-rumah warga.

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu pemilik rumah lantaran binatang yang satu ini sangat suka merusak, memakan hingga mengotori rumah. Selain itu, tikus juga bisa menjadi sumber penyakit karena hidup di lingkungan yang kotor seperti got, pipa serta tempat sampah.

Perlu kalian ketahui, air kencing tikus juga memiliki bau yang menyengat serta mengandung bakteri berbahaya. Oleh karena itu, jika di rumah kalian terdapat tikus yang masih berkeliaran, segera lakukan pembasmian atau pengusiran hewan kotor tersebut.

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengusir tikus di rumah, seperti bawang putih, cengkeh, garam dan lain sebagainya. Nah, daripada kalian penasaran bagaimana cara mengusir tikus di rumah, simak saja pembahasan di bawah ini.

Penyebab Tikus Berkeliaran di Rumah

Penyebab Tikus Berkeliaran di Rumah

Sebelum membahas cara mengusir tikus di rumah lebih lanjut, ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu penyebab tikus bisa berkeliaran di rumah. Beberapa penyebab tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Adanya Sumber Makanan

Sebenarnya, tikus akan memakan makanan apapun yang dimakan oleh kita. Binatang tersebut pastinya sangat suka mengkonsumsi hampir semua makanan yang mereka temukan di dapur kalian. Perlu kalian ketahui, tikus ini dapat dengan mudah mendeteksi keberadaan makanan hanya dengan menggunakan kumisnya.

2. Ditemukannya Sumber Air

Sama halnya dengan hal di atas, tikus dapat dengan mudah menemukan sumber air di rumah kalian. Namun, yang lebih menjengkalkan lagi jika sumber air di rumah kalian tidak tersedia, hewan ini masih bisa bertahan hidup di habitat yang kering. Hal tersebut dikarenakan tikus akan mendapatkan kebutuhan air untuk bertahan hidup dari makanan-makanan yang mereka konsumsi.

3. Terdapat Tempat Berlindung

Tikus biasanya selalu mencari tempat berlindung untuk dijadikan sebagai tempat bersarang bagi mereka dan anak-anaknya. Mereka bisa membangun sarang dengan memanfaatkan hampir semua benda atau bahan-bahan yang mereka temukan di rumah kalian.

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Setelah mengetahui penyebab mengapa banyak tikus berkeliran di rumah, kalian juga harus mengerti bagaimana cara mengusir mereka dari rumah. Di bawah ini adalah beberapa cara mengusir tikus di rumah menggunakan bahan alami atau bahan lainnya yang bisa kalian ikuti.

1. Buah Mengkudu

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Buah Mengkudu

Bahan alami pertama yang bisa kalian manfaatkan untuk mengusir tikus di rumah yaitu buah mengkudu. Potonglah buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Setelah itu, letakkan potongan-potongan tersebut di sudut rumah yang kerap dilalui oleh tikus.

2. Bubuk Kopi

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Bubuk Kopi

Seperti yang sudah kalian ketahui, bubuk kopi ini memiliki aroma yang cukup tajam yang pastinya tidak disukai oleh tikus. Caranya juga cukup sederhana, yaitu dengan menaburkan bubuk kopi di sudut-sudut rumah yang sering dilalui tikus.

3. Bawang Putih

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Bawang Putih

Apabila kalian ingin menggunakan bawang putih untuk mengusir tikus di rumah, jangan lupa untuk mempersiapkan kain kasa. Pertama, iris bawang tipis-tipis dan bungkus menggunakan kain kasa. Letakan bungkusan tersebut di sarang tikus atau di area yang kerap dilalui tikus.

4. Cangkang Telur

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Cangkang Telur

Cangkang telur juga bisa kalian manfaatkan untuk mengusir tikus yang berkeliaran di rumah. Keringkan cangkang telur terlebih dahulu, lalu tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk. Kemudian taburkan bubuk tersebut ke area rumah.

5. Daun Sirsak

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Daun Sirsak

Perlu kalian ketahui, daun sirsak ini mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh tikus. Kalian bisa menumbuk daun sirsak menjadi beberapa bagian yang kecil-kecil dan letakkan di area yang sering dilalui tikus.

6. Daun Mint

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Daun Mint

Sama halnya dengan daun sirsak, saun mint juga harus dihancurkan menggunakan blender. Jika sudah terbagi menjadi beberapa bagian kecil, letakkana tumbukkan daun mint tersebut di sarang atau tempat yang sering menjadi jalan tikus ketika hendak mencari makanan.

7. Merica

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Merica

Seperti yang sudah kalian ketahui, tikus ini memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Oleh karena itu, bubuk merica dapat menjadi solusi yang tepat untuk cara mengusir tikus di rumah. Cukup dengan menaburkan bubuk merica di sudut-sudut rumah, dijamin tikus-tikus akan keluar dan tidak akan kembali lagi.

8. Cuka Putih dan Bola Kapas

Cuka Putih dan Bola Kapas

Bau cuka yang menyengat ini dapat kalian manfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. Namun, cara yang satu ini dapat dikatakan cukup rumit. Kalian harus membersihkan lantai atau area yang sering dilalui tikus terlebih dahulu.

Kemudian setelah kering, lumuri bola kapas dengan cuka putih di atasnya. Atau kalian juga bisa menyimpan bola kapas yang dilumuri cuka tersebut di sarang-sarang tikus.

9. Cengkeh

Cengkeh 1

Masukkan beberapa cengkeh ke dalam kain kasa dan tunggu diamkan beberapa hari sampai benar-benar mengering. Setelah itu, letakkan cengkeh di sudut-sufut ruangan yang kerap dilalui oleh binatang tersebut.

10. Kantung Teh Bekas

Kantung Teh Bekas

Kalian juga bisa memanfaatkan barang bekas seperti kantung teh untuk mengusir tikus yang ada di rumah. Simpanlah kantung teh bekas di salah satu sudut ruangan yang sering dilalui tikus. Usahakan kantung teh tersebut masih dalam keadaan lembap.

11. Kulit Durian

Kulit Durian

Aroma kulit durian yang cukup menyengat ini juga bisa kalian jadikan cara mengusir tikus di rumah. Simpan atau letakkan kulit durian tersebut di beberapa sudut rumah atau di saranganya. Kalian juga bisa menyimpannya di bawah meja, belakang kulkas serta dekat saluran pembuangan PIPA PVC.

12. Kulit Jengkol

Kulit Jengkol

Tidak jauh berbeda dengan kulit durian, kulit jengkol juga memiliki bau yang cukup menyengat sehingga bisa mengganggu penciuman tikus. Blender kulit jengkol secukupnya sampai halus dan campurkan ke dalam botol yang berisikan air. Lalu, semprotkan larutan terebut ke area yang diduga menjadi sarang tikus.

13. Jangkrik

Jangkrik

Meskipun memiliki ukuran yang cukup kecil, namun keberadaan jangkrik di rumah ini dapat membuat tikus menjadi tidak nyaman. Kalian bisa meletakkan 2 atau 3 jangkrik di sudut rumah yang diduga sebagai sarang tikus.

14. Daun Salam

Daun Salam

Konon, kandungan daun salam yang termakan oleh tikus ini tidak bersahabat dengan organ pencernaannya sehingga bisa membunuhnya. Jadi, tidak ada salahnya jika kalian meletakkan daun salam yang diiris secara tipis di tempat yang sering dilalui tikus.

15. Bulu Burung

Bulu Burung

Cara mengusir tikus di rumah selanjutnya yang bisa menjadi solusi ampuh yaitu dengan menggunakan bulu burung. Hal itu dikarenakan tikus takut dengan hampir semua jenis bulu burung, terutama bulu butung hantu. Perlu kalian ketahui, selain wujudnya yang menyerakan, kulit tikus juga ternyata sensitif jika bersentuhan dengan benda tertentu seperti bulu burung.

16. Garam

Garam 1

Salah satu bahan alami yang pasti ada pada setiap dapur rumah yaitu garam. Namun untuk cara pengaplikasiannya ini membutuhkan campuran tepung dan semen putih. Adonan tersebut terbukti ampuh untuk mengusir tikus dari rumah.

17. Rambut Manusia

Rambut Manusia

Menurut cerita beberapa orang, tikus merupakan hewan pengerat pamakan segalanya dan rambut manusia salah satu contohnya. Taburkan beberapa rambut-rambut rontok di sekitar sarang tikus. Umunya, jumlah rambut tersebut akan berkurang secara signifikan karena dimakan tikus.

18. Baking Soda

Baking Soda

Cara mengusir tikus di rumah yang ampuh selanjutnya yaitu baking soda. Kalian hanya perlu mencampurkan bahan tersebut dengan makanan yang disukai oleh tikus. Setelah makanan tersebut di makan dan baking soda bereaksi di dalam perut tikus, maka tikus tidak akan bisa mengeluarkan gas di dalam tubuhnya.

19. Deterjen

Deterjen

Kalian juga bisa menggunakan deterjen untuk mengusir hewan yang satu ini. Caranya yaitu campurkan 2 sendok deterjen dengan seperempat gelas air dan 2 cangkir amonia di dalam mangkuk. Letakkanlah mangkuk tersebut pada tempat di mana tikus sering berkeliaran.

20. Kamper

Kamper

Bahan terakhir yang bisa kalian manfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah yaitu kamper. Sebar beberapa butir kamper di sudut rumah atau di area yang kerap dilalui oleh tikus. Namun, pastikan peletakkan kamper ini jauh dari makanan.

Akhir Kata

Itulah sekiranya yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai bagaimana cara mengusir tikus di rumah yang mudah dan ampuh. Pada intinya, tikus ini menyukai tempat-tempat yang kotor. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan rumah kalian. Jadi, dengan rumah yang bersih dan terjaga, tikus tidak akan datang dan bersarang di rumah kalian.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *