Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Mengusir Tokek di Rumah

Cara Mengusir Tokek di Rumah

Cara Mengusir Tokek di Rumah – Kehadiran tokek di rumah terkadang bermanfaat sebagai pemangsa serangga dan laba. Meskipun demikan, tetap saja hewan berukuran lebih besar dari cicak ini sangat mengganggu para penghuni rumah karena suaranya cukup keras.

Selain itu, tokek kerap membuang kotoran mereka di sembarang tempat sehingga rumah jadi kotor serta bau. Jika sudah seperti ini, maka kalian perlu mengetahui bagaimana tata cara menangkap tokek tanpa memerlukan bantuan pembasmi hama.

Tidak jauh berbeda dengan cicak, bantalan kaki tokek dilengkapi bantalan-bantalan perekat yang berfungsi agar mereka tidak terjatuh ketika memanjat di dinding atau langit-langit. Oleh karena itu, hewan ini kerap bersarang di langit-langit atau atap rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengusir tokek di rumah yang mudah dan efektif. Daripada penaran, langsung saja simak baik-baik penjelasan mengenai cara pengusiran tokek di bawah ini.

Bahaya Tokek Bagi Manusia

Bahaya Tokek Bagi Manusia

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai bahaya tokek bagi manusia. Memang benar jika gigitan tokek tidak mematikan bagi manusia. Meskipun demikian bukan berarti tokek tidak berbahaya bagi manusia.

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa bakteri salmonella memiliki keterkaitan dengan tokek. Selain itu, masyarakat masih percaya pada mitos apabila sesorang tergigit tokek, maka ia harus menunggu petir datang supaya tokek tersebut melepaskan gigitannya.

Cara Mengusir Tokek di Rumah

Setelah mengetahui bahaya tokek pada kesehatan manusia, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mengusir tokek di rumah dengan mudah dan efektif. Agar lebih jelasnya simak saja pembahasan berikut ini.

1. Kapur Barus

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Kapur Barus

Selain bisa digunakan untuk MENGUSIR CICAK DI RUMAH, kapur barus dapat dimanfaatkan untuk mengusir tokek. Hal itu dikarenakan tokek kurang menyukai bau khas dari kapur barus. Kalian hanya perlu menebar kapur barus di sekitar tempat persembunyian tokek seperti di atas plafon atau belakang lemari.

2. Cangkang Telur

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Cangkang Telur

Cangkang telur merupakan salah satu bahan alami untuk mengusir tokek dari rumah. Taruhlah cangkang telur di beberapa tempat sekaligus dan jangan lupa menggantinya secara rutin selama 2 minggu sekali.

3. Bawang Merah

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Bawang Merah

Perlu diketahui, bawang merah memiliki kandungan senyawa yang bisa membuat badan tokek terasa pedih. Selain itu, aroma bawang merah akan sangat mengganggu mereka. Iris bawang merah menjadi beberapa siung serta letakkan di dekat tempat persembunyian tokek.

4. Bawang Putih

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa dipakai ketika hendak memancing tokek keluar dari rumah. Iris bawang putih menjadi beberapa siung, lalu letakkan di dekat tempat persembuyian tokek. Selain dapat dimanfaatkan untuk mengusir tokek, bawang putih sebenarnya bisa digunakan buat MENGHILANGKAN SEMUT DI RUMAH.

5. Tembakau

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Tembakau

Tembakau menjadi bahan alami selanjutnya ketika hendak mengusir tokek di rumah. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu hanya dengan meletakkan tembakau di tempat yang sering dilalui oleh tokek.

6. Air Merica

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Air Merica

Campuran bubuk merica serta air dapat menjadi cara mengusir tokek di rumah. Masukkan air merica ke dalam botol semprotan, kemudian semprotkan ke sarang tokek secara rutin setiap hari. Merica dengan aroma pedas akan membuat tokek merasa kepanasan.

7. Air Garam

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Air Garam

Selain merica, kalian bisa menggunakan campuran air dan garam untuk memancing tokek keluar dari rumah. Caranya hampir sama dengan di atas, yaitu semprotkan air garam ke tempat persembunyian tokek. Selang beberapa waktu pastinya tokek akan keluar dari rumah.

8. Kulit Jeruk

Cara Mengusir Tokek Menggunakan Kulit Jeruk

Seperti diketahui, buah serta kulit jeruk memiliki aroma masam khas dan segar. Aroma khas tersebut ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir tokek dari rumah. Caranya yaitu cukup taruh remasan kulit jeruk pada tempat bersarangnya tokek. Bau kulit jeruk sangat tidak disukai oleh hewan berbintik tersebut.

9. Bulu Merak

Bulu Merak

Cara mengusir tokek di rumah menggunakan bulu merak memang terdengar sedikit aneh. Namun, cara tersebut terbukti ampuh karena sudah dilakukan secara turun-temurun dari nenek moyang. Caranya yaitu gantung atau tempelkan beberapa helai bulu merak di jalur yang kerap dilalui tokek.

10. Ampas Kopi

Ampas Kopi

Ampas bekas seduhan kopi ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir tokek dari rumah. Namun, kalian perlu mencampurkan ampas kopi dengan bubuk tembakau dalam wadah dan buatlah menjadi bola-bola kecil. Letakkan bola-bola ampas kopi tersebut

11. Lada

Lada

Bubuk lada juga bisa menjadi cara efektif untuk mengusir tokek di rumah. Pasalnya, apabila tubuh tokek terkena lada, maka mereka akan merasakan panas dan perih. Oleh karena itu, kalian dapat meletakkan bubuk lada pada mangkuk serta tempatkan di tempat yang kerap dilalui tokek.

12. Membakar Daun Kering

Membakar Daun Kering

Hampir semua makhluk hidup akan merasa terganggu ketika saat ada asap, termasuk tokek. Jadi, tidak ada salahnya jika kalian membakar dedaunan kering untuk memancing tokek keluar dari rumah. Namun, pastikan ketika hendak membakar daun kering, jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Menangkap Tokek di Rumah dengan Perangkap

Di atas sudah kami jelaskan beberapa bahan alami untuk mengusir tokek di rumah. Apabila ingin menangkapnya, kalian juga bisa membuat perangkapnya sendiri. Berikut akan kami berikan tips menangkap tokek di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana.

1. Menggunakan Lem Tikus

Menggunakan Lem Tikus

Tips pertama yaitu menggunakan lem tikus. Oleskan lem tikus super lengket tersebut pada sebuah bidang secara merata. Berikan umpan berupa makanan yang telah dilumuri semut ataupun serangga lainnya. Letakkan di tempat bersarangnya tokek.

2. Jebakan Bambu

Jebakan Bambu

Bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai media penangkapan tokek di rumah. Pertama, siapkan sebilah bambu sepanjang kurang lebih 2 meter, lalu gergaji salah satu ujungnya hingga terbentuk sebuah bukaan. Letakkan bambu tersebut di tempat munculnya tokek.

3. Getah Nangka

Getah Nangka

Getah buah nangka menjadi bahan perekat alami sebagai media penangkap tokek. Oleskan getah tersebut pada kayu atau bambu panjang secara merata. Gunakanlah tongkat tersebut buat menangkap tokek.

Cara Mencegah Tokek Berkeliaran di Rumah

Setelah mengetahui cara mengusir tokek di rumah serta beberapa perangkapnya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mencegah tokek agar tidak berkeliaran di rumah lagi.

1. Pasang Lampu Terang

Pasang Lampu Terang

Tokek bisanya senang berada di tempat-tempat minim cahaya atau redup seperti di langit-langit rumah ataupun di belakang lemari. Oleh karena itu, pasanglah lampu tambahan pada area redup sehingga tokek tidak betah di tempat tersebut.

2. Turunkan Suhu Ruangan

Turunkan Suhu Ruangan

Tokek juga merupakan hewan reptil yang tidak tahan terhadap udara panas. Di samping itu, tokek tidak mampu beradaptasi dengan rendahnya suhu di tempat persembunyian mereka. Maka dari itu, buatlah suhu ruangan rumah menjadi lebih dingin atau sejuk.

3. Suara Bising

Suara Bising

Sebanarnya tokek tidak menyukai suara bising dan nyaring. Jadi, apabila kalian melihat tokek berkeliaran di rumah, cobalah pukul-pukul benda nyaring seperti batang kayu, lembaran seng ataupun panci.

4. Pastikan Rumah Selalu Bersih

Pastikan Rumah Selalu Bersih

Kondisi rumah kotor menjadi penyebab utama mengapa tokek bisa betah berkeliaran di rumah. Semakin banyak serangga, maka semakin senang tokek bersarang di rumah karena serangga merupakan makanan utama tokek. Jadi, bersihkan rumah secara rutin agar hewan reptil tersebut tidak berkeliaran di rumah.

Akhir Kata

Meskipun tokek merupakan salah satu hewan menjijikkan dan menakutkan, namun ternyata harga jual hewan tersebut tergolong mahal. Pasalnya, beberapa bagian organ tubuh tokek ini dimanfaatkan sebagai obat mujarab beragam penyakit. Jadi, tidak ada salahnya kalian mencoba menangkap tokek dan menjual ke pengepulnya.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan kali ini mengenai cara mengusir tokek di rumah dan tips-tips menangkapnya. Ketika hendak menangkapnya, sebaiknya lakukan dengan hati-hati agar kalian terhindar dari gigitannya. Selain berbahaya bagi kesehatan, gigitan tokek ternyata cukup sulit untuk dilepaskan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *