Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

17 Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu di Rumah Paling Ampuh!!

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu
Advertisements

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu – Sebagaimana diketahui, melapisi sejumlah furnitur hunian menggunakan cat kayu memang pada dasarnya bertujuan untuk mempercantik rumah. Sebab, perabotan rumah seperti kursi, lemari, pintu, jendela dan lain sebagainya membutuhkan pengecatan ulang dalam rangka perawatan.

Adapun beberapa jenis cat kayu yang umum digunakan oleh masyarakat untuk melapisi perabotan di rumah diantaranya yaitu seperti politur, akrilik, melamik, polyuretahne serta nitro cellulose. Harga cat kayu di pasaran Indonesia sendiri juga sangat beragam. Namun ketika selesai mengecat perabotan tersebut, biasanya membutuhkan waktu cukup lama supaya bau cat kayu bisa hilang.

Dimana bau cat kayu ini sebenarnya harus segera dihilangkan dari dalam rumah karena berpotensi mengganggu kesehatan penghuninya, seperti gangguan pernapasan, pusing, mata merah dan lain sebagainya. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang diluar sana mengeluhkan bahwa mereka bingung bagaimana cara menghilangkan bau tersebut.

Advertisements

Oleh sebab itu, apabila kalian hendak menghilangkan aroma menyengat cat kayu di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata caranya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghilangkan bau cat kayu di rumah, entah itu menggunakan cara sederhana ataupun memanfaatkan bahan-bahan di sekitar.

Penyebab Cat Kayu Berbau Menyengat

Penyebab Cat Kayu Berbau Menyengat
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai cara menghilangkan bau cat kayu di rumah lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebab permasalahan tersebut. Perlu diketahui, cat kayu sendiri merupakan salah satu jenis bahan material bangunan terbuat dari resin serta bahan pelarut lainnya.

Dimana resin dan bahan pelarut tersebut banyak mengandung logam berat yang dibutuhkan oleh cat untuk memberikan pigmen warna, kecepatan kering, kualitas penempelan cat hingga lapisan film guna melindungi kayu. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa kandungan zat di dalam cat kayu sehingga membuatnya berbau menyengat.

  • Merkuri.
  • Timbal.
  • Formalin.

Akibat Menggunakan Cat Kayu Berbau Pada Kesehatan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika membiarkan bau cat kayu di rumah terlalu lama maka akan menimbulkan efek buruk atau bahaya bagi kesehatan manusia. Mungkin pada awal finishing pengecatan seseorang hanya akan merasakan gejala seperti bau di hidung menusuk, bersin hingga gatal-gatal saja.

Namun, apabila penghuni rumah menghirup bau cat kayu atau thinner dalam jangka waktu lama, maka kemungkinan besar risikonya menjadi lebih parah. Adapun beberapa akibat atau efek samping buruk ketika seorang penghuni rumah menghirup bau cat kayu dalam jangka waktu lama diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Gangguan pernapasan.
  • Pusing.
  • Gangguan sistem saraf.
  • Berisiko menimbulkan penyakit kanker.
  • Bisa menimbulkan penyakit turunan pada anak.

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu di Rumah

Setelah mengetahui beberapa penyebab hingga akibat menghirup bau menyengat cat kayu di rumah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghilangkannya. Sebenarnya saat ini terdapat berbagai macam tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. Daripada penasaran, di bawah ini adalah sejumlah cara menghilangkan bau cat kayu di rumah.

1. Membuka Jendela dan Pintu

Membuka Jendela dan Pintu

Cara menghilangkan bau cat kayu pertama yaitu membuka jendela dan pintu. Cara ini mungkin menjadi salah satu langkah sangat gampang untuk dilakukan. Supaya aroma cat kayu di rumah bisa hilang sesegera mungkin, bukalah jendela serta pintu selebar-lebarnya supaya dapat menguap dan mengalir ke luar ruangan.

2. Menggunakan Kipas Angin

Menggunakan Kipas Angin

Tidak hanya mampu membuat ruangan terasa lebih sejuk, namun kipas angin juga bisa dimanfaatkan untuk mendorong bau cat kayu ke luar ruangan. Pastikan tiupan kipas angin mengarah ke luar ruangan sehingga dapat mengurangi dan menghilangkan bau cat kayu. Selain itu, kipas angin juga dapat mempercepat proses pengeringan cat kayu.

3. Memanfaatkan Kopi Bubuk

Memanfaatkan Kopi Bubuk

Cara menghilangkan aroma bau menyengat cat kayu selanjutnya yaitu menggunakan kopi bubuk. Sebagaimana diketahui, kopi bubuk sendiri memiliki aroma sangat efektif dalam menghilangkan berbagai macam jenis bau, termasuk bau cat kayu.

Selain itu, kopi bubuk juga kerap dimanfaatkan beberapa orang untuk menghilangkan semut di rumah. Maka dari itu, cobalah letakkan kopi bubuk di area-area tertentu seperti pada ruangan tengah ataupun spot lainnya yang terdapat perabotan kayu.

4. Menghilangkan Bau dengan Arang

Menghilangkan Bau dengan Arang

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa arang memiliki fungsi untuk menetralkan bau tak sedap. Nah, kalian bisa menaruhnya di dalam wadah kemudian sebarkan di area sekitar ruangan untuk menghilangkan bau tidak sedap cat kayu. Namun sayangnya, cara ini terbilang kurang efektif karena membutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkan baunya.

5. Gunakan Bawang Bombai

Gunakan Bawang Bombai

Menggunakan bawang bombai sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau cat kayu juga bisa menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan salah satu jenis bumbu dapur tersebut memiliki aroma cukup kuat dan tajam sehingga dipercaya dapat menetralkan serta menyerap bau cat kayu. Silahkan belah bawang bombai menjadi dua bagian, kemudian letakkan di setiap sudut ruangan.

6. Memanfaatkan Campuran Air Garam dan Pewangi

Memanfaatkan Campuran Air Garam dan Pewangi

Kombinasi atau gabungan campuran air garam beserta larutan pewangi juga bisa dijadikan sebagai solusi ketika hendak menghilangkan bau cat kayu. Tata caranya yaitu larutkan garam dalam wadah berisi air, lalu tambahkan sedikit pewangi. Setelah itu, simpan campuran air tersebut di ruangan yang memiliki bau cat kayu kuat. Tunggulah beberapa saat hingga bau cat kayu terserap oleh cairan campuran air garam dan pewangi.

7. Manfaatkan Cuka Putih

Manfaatkan Cuka Putih

Selain air garam dan larutan pewangi, cairan lainnya seperti cuka putih juga diyakini bisa menghilangkan aroma cat kayu. Silahkan siapkan wadah berisi cuka putih, selanjutnya letakkan wadah tersebut di ruangan tertentu, khususnya di dekat perabotan kayu. Simpanlah cairan cuka putih semalaman supaya dapat menyerap dan menghilangkan bau cat, seperti halnya saat mengusir tikus di rumah.

8. Letakkan Tanaman Beraroma Kuat

Letakkan Tanaman Beraroma Kuat

Cara menghilangkan bau cat kayu terakhir yaitu dengan memanfaatkan tanaman beraroma kuat. Hal ini dikarenakan beberapa tanaman beraroma kuat seperti lavender, geranium ataupun kemangi dipercaya bisa mengusir aroma cat menyengat dari dalam rumah. Jadi, cobalah letakkan pot kecil berisikan tanaman beraroma kuat di dalam rumah supaya dapat menghilangkan aroma menyengat cat kayu.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya bau menyengat cat kayu bisa berisiko buruk pada kesehatan penghuni rumah. Oleh karena itu, supaya terhindar dari efek buruk tersebut, sebaiknya segera hilangkan aromanya menggunakan langkah-langkah di atas.

Demikian sekiranya penjelasan Epropertyrack seputar cara menghilangkan bau cat kayu di rumah menggunakan cara sederhana ataupun bahan alami. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghilangkan aroma menyengat cat kayu di rumah.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.