Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

6 Cara Memasang Engsel Pintu Kayu Semua Jenis di Rumah

Cara Memasang Engsel Pintu Kayu

Cara Memasang Engsel Pintu Kayu – Seperti diketahui, engsel merupakan sendi-sendi yang umumnya terbuat dari besi dan berfungsi untuk menghubungkan daun pintu ataupun jendela dengan kusennya. Engsel menjadi salah satu elemen terpenting pada pintu. Sebab, hadirnya engsel memungkinkan suatu pintu dapat dibuka-tutup dengan mudah.

Menurut beberapa sumber, engsel pintu ialah sebuah poros pintu mekanik yang menghubungkan dua objek padat kemudian memungkinkan terjadinya perputaran sudut terbatas. Maka dari itu, jika kalian hendak mengganti pintu lama dengan pintu baru, maka pemasangan engsel pintu juga perlu diikutsertakan.

Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa proses pemasangan engsel pintu kayu di rumah terbilang mudah untuk dilakukan. Padahal ternyata sebenarnya tahapan-tahapan pemasangan engsel pada pintu kayu membutuhkan ketelitian serta kecermatan yang sangat tinggi. Terlebih lagi saat menyesuaikan ukuran pintu dengan kusennya.

Nah, jika kalian berencana mengganti pintu kayu sendiri di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara pemasangan engselnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai cara memasang engsel pintu kayu rumah sendiri dengan mudah untuk semua jenis-jenisnya.

Jenis Engsel Pintu

Jenis Engsel Pintu

Perlu diketahui, di Indonesia sendiri engsel pintu terbagi menjadi berbagai macam jenis. Tentunya setiap jenis engsel pintu tersebut memiliki bentuk serta fungsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara memasang engsel pintu kayu sendiri di rumah lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa jenis-jenisnya.

perkakas
  • Engsel kupu-kupu.
  • Engsel H atau engsel patrom.
  • Engsel piano (continous hinge).
  • Engsel sendok (concealed hinge).
  • Engsel panel.
  • Engsel pintu koboi.
  • Engsel pintu gudang atau barn hinge.
  • Engsel pintu bubut.
  • Engsel pisau.
  • Engsel pivot.
  • Engsel barel.

Cara Memasang Engsel Pintu Kayu

Perlu diketahui, engsel yang kerap digunakan pada rumah-rumah dengan pintu kayu yaitu jenis engsel kupu-kupu, engsel panel, engsel patrom dan lain sebagainya. Namun, pada intinya dalam proses pemasangan engsel pintu kayu, kalian harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Daripada penasaran, berikut adalah cara memasang engsel pintu kayu sendiri di rumah.

1. Tentukan Posisi Engsel Pintu Kayu

Tentukan Posisi Engsel Pintu Kayu

Tahapan pertama di dalam cara memasang engsel pintu kayu yaitu menentukan posisi engselnya. Secara garis besar dalam proses pemasangan engsel, setidaknya membutuhkan dua engsel. Dimana letak atau posisi engsel pintu kayu pertama berada di atas kusen pintu dan yang kedua berada di bawah kusen pintu kayu.

Meskipun demikian terdapat juga beberapa orang yang menggunakan tiga engsel pada pintu kayu. Salah satu alasan mengapa orang menggunakan tiga engsel yaitu karena bobot pintu kayu cukup berat, salah satunya yaitu seperti model pintu kupu tarung.

2. Bentuk Pola Sesuai Jenis Engsel

Bentuk Pola Sesuai Jenis Engsel

Kemudian setelah selesai menentukan posisi engsel pintu kayu, tahap selanjutnya yaitu membentuk pola sesuai dengan jenisnya. Pola ini dapat kalian buat menyerupai jenis engsel yang ditandai mengunakan pensil ataupun spidol. Pastikan bentuk dan posisi engsel sudah sesuai dengan kebutuhan.

3. Buat Lubang Engsel

Buat Lubang Engsel

Cara memasang engsel pintu kayu selanjutnya yaitu membuat lubang dangkal atau coakan sebagai tempat untuk menempelkan sayap engsel. Seperti halnya saat memahat kayu, kalian nantinya akan membutuhkan tatah serta palu sebagai alat untuk membuat coakannya.

Akan tetapi, tahapan dalam membuat coakan engsel pintu kayu harus benar-benar diperhatikan bahwa ukurannya sudah sesuai, khususnya mengenai kedalamannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab apabila coakan terlalu dalam, maka engsel akan mengalami kendor seiring berjalannya waktu.

4. Tandai Letak Sekrup Engsel Pintu

Tandai Letak Sekrup Engsel Pintu

Setelah itu, menandai letak sekrup juga termasuk ke dalam tahapan cara memasang engsel pintu kayu. Tata cara melakukannya yaitu masukkan terlebih dahulu sayap engsel ke dalam coakan yang sudah dibuat sebelumnya. Lalu, gunakan pensil ataupun spidol untuk menandai titik lubang sekrup untuk menempelkan engsel.

5. Buat Lubang Sekrup Engsel Pintu

Buat Lubang Sekrup Engsel Pintu

Apabila semua lubang sekrup sudah ditandai mengunakan spidol, cara berikutnya yaitu tinggal membuat lubang dengan ukuran tidak terlalu dalam sebagai tempat pemasangan sekrup. Saran kami sebaiknya buat lubang sekrup menggunakan obeng ketimbang bor untuk menghindari kerusakan di bagian sekitar engsel.

6. Memasang Engsel Pintu Kayu

Memasang Engsel Pintu Kayu

Langkah terakhir di dalam cara memasang engsel pintu kayu yaitu proses finishing. Apabila kalian menggunakan engsel jenis kupu-kupu, maka pisahkan terlebih dahulu kedua sayap engselnya. Dimana bagian satu kalian pasangkan di pintu, sementara bagian lainnya dipasang di kusen.

Silahkan pasang sekrup menggunakan obeng di bagian lubang engsel pintu menggunakan obeng dan kencangkan. Setelah itu, silahkan sambungkan daun pintu dengan kusen. Tahanlah posisi pintu sampai sayap engsel menyatu kemudian masukkan pin engsel dan pastikan terpasang dengan sesuai.

Tips Merawat Engsel Pintu Kayu

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara memasang engsel pintu kayu sendiri di rumah untuk semua jenis-jenisnya. Supaya engsel pintu kayu dapat bertahan lama, maka kalian harus mengerti bagaimana tata cara perawatannya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips dalam merawat engsel pintu kayu di rumah.

  • Hindari engsel pintu kayu dari kebasahan.
  • Gunakan cairan anti karat.
  • Lakukan pembersihan engsel pintu secara rutin.
  • Gunakan cairan pelumas.
  • Ganti engsel pintu yang sudah rusak.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya tahapan-tahapan di dalam pemasangan engsel pintu kayu hampir sama untuk setiap jenisnya. Namun, hal paling penting dalam pemasangan engsel pintu kayu yaitu mengenai kedalaman coakan ataupun lubangnya. Jangan buat lubang coakan terlalu dalam karena bisa membuat engsel pintu kendor seiring berjalannya waktu.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara memasang engsel pintu kayu sendiri di rumah untuk semua jenis dilengkapi tips perawatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melakukan pemasangan ataupun penggantian engsel pintu kayu sendiri di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.