Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

8 Cara Mengatasi Pompa Air Berisik & Penyebabnya

Cara Mengatasi Pompa Air Berisik

Cara Mengatasi Pompa Air Berisik – Ketika pompa air di rumah menimbulkan suara mendengung, bising atau berisik saat dinyalakan, dapat dipastikan bahwa terdapat sebuah permasalahan yang harus diperbaiki. Selain mengganggu pendengaran, suara berisik tersebut lama-kelamaan juga akan mengakibatkan komponen di dalam pompa air rusak.

Maka dari itu, penting untuk kalian ketahui apa saja penyebab pompa air mengeluarkan suara bising serta bagaimana tata cara mengatasi atau memperbaikinya. Secara garis besar, timbulnya suara berisik dari dalam pompa air dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, baik itu kerusakan ringan ataupun masalah serius.

Mungkin cara paling efektif untuk mengatasi timbulnya suara bising dari dalam mesin pompa air yaitu dengan membawanya ke tukang service terdekat. Namun, tentunya hal ini akan mengeluarkan dana cukup besar, terlebih lagi jika nantinya terdapat kerusakan serius sehingga mengharuskan penggantian beberapa komponen pompa air.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir biaya perbaikan ke tukang service, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab beserta cara memperbaikinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai penyebab hingga cara mengatasi pompa air berisik.

Penyebab Pompa Air Berisik

Penyebab Pompa Air Berisik

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyebab permasalahan pompa air menimbulkan suara berisik tentunya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Nah, sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi pompa air berisik, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab kerusakannya di bawah ini.

1. Kipas Pendingin Dinamo Lepas

Perlu diketahui, terdapat beberapa mesin pompa air yang mempunyai kipas pendingin di bagian luar dinamo penggeraknya. Apabila kipas tersebut sudah mulai goyang atau bahkan terlepas dari as dinamo, maka dapat dipastikan akan menimbulkan suara berisik pada mesin pompa air.

Memang benar jika permasalahan pada pompa air tersebut termasuk ke dalam jenis kerusakan ringan. Akan tetapi, apabila dibiarkan begitu saja, maka kipas pendingin tersebut bisa rontok serta mengakibatkan pompa air menjadi lebih cepat panas.

2. Impeller Menyentuh Dinding Pompa

Penyebab pompa air berisik selanjutnya yaitu karena masa penggunaan yang sudah cukup lama sehingga menimbulkan beberapa kerusakan komponen. Sebagai contoh o-ring cover impeller mengalami keausan atau pemipihan akibat panas dari perputaran dinamo mesin sehingga mengakibatkan ruang pompa semakin menyempit.

Jika sudah sampai seperti itu, maka dapat dipastikan ruang gerak impeller akan mengecil dan lama kelamaan komponen tersebut akan menyentuh serta bergesekan dengan dinding pompa air yang nantinya akan menimbulkan suara berisik.

3. Bearing Dinamo Pompa Air Rusak

Sebagaimana diketahui, bearing atau laher dinamo ialah tumpuan untuk berputarnya as rotor. Apabila bearing mengalami kerusakan, maka putaran rotor menjadi tidak seimbang atau goyang dan akan menyentuh bagian stator.

Jika rotor sampai menyentuh komponen stator, maka bisa dipastikan akan menimbulkan pergesekan hingga mengeluarkan bunyi berisik dari dalam mesin. Lebih parahnya lagi jika dibiarkan begitu saja, maka bisa mengakibatkan pompa air terbakar serta merusak komponen-komponen lainnya.

4. Pressure Switch Bermasalah

Penyebab pompa air berisik terakhir yaitu karena sistem kerja dari pressure switch mengalami masalah seperti hidup mati sendiri. Dimana pressure switch sendiri merupakan sebah sakelar otomatis yang sistem pengoperasiannya memanfaatkan tekanan air. Ketika pressure switch bekerja tidak semestinya, maka mesin pompa air juga akan mengalami hal serupa sehingga mampu menimbulkan suara berisik.

Cara Mengatasi Pompa Air Berisik

Seperti halnya CARA MENINGKATKAN DAYA DORONG POMPA AIR, sebenarnya cara mengatasi pompa air yang mengeluarkan suara berisik juga terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, kalian perlu memahami terlebih dahulu dimana letak kerusakan atau permasalahan pompa airnya.

Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada cara atau solusi untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi pompa air berisik yang bisa dilakukan apabila mengacu pada penyebab permasalahannya di atas.

1. Perbaiki Kipas Pendingin Dinamo

Perbaiki Kipas Pendingin Dinamo

Cara mengatasi pompa air berisik pertama yaitu dengan memperbaiki kipas pendingin dinamo. Silahkan buka cover pelindung kipas dinamo terlebih dahulu. Apabila kondisi kipas sudah mulai goyang, segera perbaiki supaya bisa berputar kembali secara normal. Akan tetapi, jika kipas sudah rusak atau rontok, saran kami sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Mengganti O-Ring

Mengganti O-Ring

Melakukan penggantian o-ring pada komponen impeller pompa air juga bisa menjadi cara untuk memperbaiki timbulnya suara berisik dari dalam mesin. Dengan menggantinya, maka riang gerak impeller menjadi sedikit membuka sehingga komponen tersebut nantinya bisa leluasa bergerak tanpa bergesekan dengan dinding pompa air.

3. Mengganti Bearing Dinamo

Mengganti Bearing Dinamo

Cara mengatasi pompa air berisik selanjutnya yaitu melakukan penggantian laher atau bearing dinamo. Akan tetapi, saat hendak mengganti bearing dinamo, kalian perlu membongkar seluruh bagian komponen pompa air. Oleh sebab itu, saran kami sebaiknya lakukan pembongkaran dengan hati-hati.

4. Menambal Kebocoran Tabung Pompa Air

Menambal Kebocoran Tabung Pompa Air

Menambal kebocoran tabung menjadi cara terakhir untuk mengatasi permasalahan pompa air berisik. Namun sayangnya, penambalan tabung pompa air terkadang cukup sulit apabila kondisi materialnya sudah dalam keadaan keropos ataupun berkarat.

Jika kebocoran belum terlalu parah dan lubang tidak terlalu besar, kalian bisa menggunakan lem hitam putih. Namun, apabila ingin lebih optimal dalam mengatasinya, sebaiknya tambal kebocoran tersebut menggunakan cara pengelasan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara mengatasi pompa air berisik dilengkapi dengan penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai acuan ketika hendak memperbaiki pompa air berisik di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *