Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air – Suatu pompa air (water ump) mempunyai daya dorong dan daya hisap yang sudah ditentukan dari pabriknya. Di pasaran sendiri pompa air memiliki daya dorong serta daya hisap berbeda-beda, tergantung spesifikasinya masing-masing.

Namun, sebagian orang mengeluhkan bahwa daya dorong pompa air di rumah menjadi lemah setelah di pasang. Oleh sebab itu, beberapa orang melakukan berbagai macam upaya agar menambah atau meningkatkan daya dorong mesin pompa air miliknya.

Perlu diketahui, upaya peningkatan daya dorong pompa air agar kencang ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhitungkan secara kompleks menggunakan ilmu teknik seperti ukuran pipa, jarak penghisapan hingga kecepatan putaran mesin penggeraknya.

Oleh sebab itu, jika ingin meningkatkan daya dorong pompa air di rumah, penting untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai penyebab serta cara meningkatkan daya dorong pompa air.

Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah

Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah

Melemahnya daya dorong air dapat dilihat dari beberapa faktor, seperti air keluar secara lambat dari keran, shower, pancuran hingga selang taman. Hal tersebut bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Faktor-faktor penyebab daya dorong pompa air melemah di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Kipas Pompa Air Aus

Kipas pompa atau tutup impeller aus atau menipis menjadi penyebab utama mengapa daya dorong pompa air menjadi lemah. Terlebih lagi jika tutup pompa air menggunakan bahan kuningan. Biasanya hal tersebut terjadi karena sering tergerus oleh batu-batu kecil ataupun pasir.

2. Tabung dan Pompa Air Bermasalah

Sistem pompa air pada sumur biasanya terdiri atas tabung (pressure tank), pressure switch serta pompa sumur. Beberapa sistem tersebut terutama tabung dan pompa air juga bisa menyebabkan mengapa daya dorong menurun.

3. Foot Klep Tersumbar Kotoran

Kotoran yang terbawa masuk ke dalam pompa air semakin lama akan semakin banyak sehingga dapat menyumbat foot klep. Untuk memastikan foot klep tersumbat atau tidak, kalian harus mengangkat pompa air dari sumur terlebih dahulu.

4. Pipa Air Tersumbat

Penyumbatan pipa dapat disebabkan karena diameter PIPA PVC terlalu kecil serta banyak kotoran masuk karena ikut terhisap. Jika mengalami masalah tersebut kalian bisa menambahkan filter air agar kotoran tidak ikut terhisap.

5. Kapasitor Pompa Air Bermasalah

Kapasitor pompa air bermasalah juga bisa menyebabkan mengapa daya dorong pompa air melemah. Perlu diketahui, kapasitor ini mempengaruhi cepat atau lambatnya putaran dinamo pompa air.

6. Volume Air Berkurang

Tidak semua penyebab daya dorong pompa air menurun berasal dari mesin atau sistemnya. Berkurangnya volume air terutama pada musim kemarau bisa saja menjadi penyebab permasalahan tersebut.

Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Setelah mengetahui apa saja penyebab daya dorong pompa air melemah, selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana tata cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan daya dorong pompa air agar lebih kuat dan kencang.

1. Menambah Tekanan Pressure Switch

Menambah Tekanan Pressure Switch

Cara pertama untuk meningkatkan daya dorong pompa air sumur yaitu dengan menambah tekanan pada pressure switch. Sebagai contoh tekanan awal pada pressure switch sebesar 30/50, maka kalian bisa meningkatkan lagi ke 40/60.

Caranya juga cukup mudah dilakukan, kalian hanya perlu memutar dial (tombol penyetel) ke arah jarum jam secara bertahap menggunakan obeng atau kunci pas. Sebaiknya penambahan tekanan tersebut tidak melebihi 60 PSI karena dapat menyebabkan kebocoran dan kerusakan pada komponen.

2. Pasang Tabung Tekanan

Pasang Tabung Tekanan

Menambahkan tabung pompa air juga dapat menambah daya dorong pompa air serta memberikan tekanan air lebih stabil untuk jangka waktu panjang. Fungsi komponen ini yaitu untuk meningkatkan tekanan air dengan cara menampung udara serta air di dalam tabungnya.

3. Memperkecil Diameter Pipa Air

Memperkecil Diameter Pipa Air

Cara meningkatkan daya dorong pompa air selanjutnya yaitu dengan memperkecil diameter pipa air. Pasalnya, semakin kecil ukuran pipa, maka akan semakin kuat daya dorong air. Karena pipa kecil lebih rawan tersumbat kotoran, maka kalian bisa menambahkan filter air.

4. Pasang Pompa Pendorong

Cara Meningkatkan Daya Dorong dengan Pasang Pompa Pendorong

Pemasangan pompa pendorong (pump booster) bisa menjadi cara alternatif untuk menambah daya dorong pompa air. Hal itu dikerenakan komponen tersebut memiliki fungsi utama sebagai penambah tekanan air. Selian itu, pump booster juga membutuhkan daya listrik yang tidak terlalu besar sehingga dapat menghemat pengeluaran bulanan.

5. Mempercepat Putaran Dinamo Pompa Air

Mempercepat Putaran Dinamo Pompa Air

Selain bisa meningkatkan daya dorong, mempercepat putaran dinamo juga dapat meningkatkan daya hisap pompa air. Terdapat dua cara untuk menambah kecepatan komponen tersebut, yaitu dengan menggunakan inverter (menambah lilitan kumparan pada dinamo) serta mengubah gulungan dinamo mesin.

6. Mengurangi Lekukan Instalasi Pipa

Mengurangi Lekukan Instalasi Pipa

Instalasi pipa juga sangat berpengaruh terhadap tekanan pompa air. Agar hasil semburan air kuat, sebaiknya kurangi setiap tanjakan dan lekukan pada instalasi pipa pompa air.

Tips Menjaga Daya Dorong Pompa Air

Di atas sudah kami jelaskan bagaimana cara meningkatkan daya dorong pompa air. Kemudian kalian juga harus tahu bagaimana cara menjaga atau merawat agar daya dorong pompa air tetap kuat. Nah, di bawah ini akan kami berikan tips terbaik menjaga daya dorong pompa tetap stabil.

  • Lakukan perawatan pompa air secara berkala selama satu bulan sekali.
  • Letakkan mesin pompa air di tempat teduh supaya tidak langsung terpapar sinar matahari dan air hujan.
  • Berikan tutup pelindung mengelilingi mesin pompa yang mudah dibuka dan ditutup.
  • Hindari penggunaan pompa pada suhu ekstrim, sebagai contoh di atas 40 derajat celcius serta di bawah 5 derajat celcius.
  • Jangan mengoperasikan pompa dalam kondisi kering karena bisa menyebabkan kerusakan pada bagian motor penggerak.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa cara sederhana untuk menambah daya dorong pompa air yaitu dengan mengurangi lekukan atau tanjakan pipa instalasinya. Selain itu, ukuran pipa juga sangat berpengaruh sehingga gunakanlah pipa sesuai kebutuhan, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan kali ini mengenai penyebab dan cara meningkatkan daya dorong pompa air terbukti ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak menambah daya dorong pada pompa air di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Jihan
2 min read

Cara Memasang Plafon PVC

Jihan
2 min read

Cara Mengusir Tokek di Rumah

Jihan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *