Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Pipa PVC

Pipa PVC

Pipa PVC – PolyVinyl Chloride (PVC) atau yang juga lebih sering dikenal dengan nama paralon ini terbuat dari bahan baku plastik dengan kombinasi bahan vinyl lainnya. Karena terbuat dari plastik, tentunya material ini memiliki sifat yang tahan lama dan tidak mudah rusak atau membusuk.

Oleh karena itu, pipa ini kerap digunakan sebagai sistem irigasi atau perairan dalam rumah tangga. Bahkan karena sifatnya yang lentur dan fleksibel, ada juga yang menggunakan produk ini sebagai material untuk pembungkus atau pelindung kabel listrik.

Material ini sangat mudah untuk dibentuk menjadi apapun sesuai dengan keinginan serta kebutuhan penggunaannya. Selain itu, produk ini juga sudah dilapisi dengan lapisan khusus yang memiliki daya tahan tinggi terhadap asam dan alkali sehingga keawetannya akan tetap terjaga.

Namun, bagi mereka yang awam di dunia konstruksi bangunan tak jarang pula yang belum mengerti tentang apa itu pipa PolyVinyl Chloride. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian, fungsi, jenis-jenis serta ukuran dari pipa PVC.

Pipa PVC dari Pengertian, Fungsi, Jenis & Ukuran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan baku pembuatan pipa PVC ini jelas sangat berbeda dengan bahan PIPA BESI. Namun, untuk fungsinya sendiri kurang lebih kedua material ini sama yaitu berguna sebagai saluran untuk air rumah tangga.

Pengertian Pipa PVC

Pengertian Pipa PVC

Pipa PVC atau PolyVinyl Chloride ini dipakai pertama kali sebagai saluran air yang terbuat dari bahan baku polivinil klorida. Jenis pipa inilah yang hingga saat ini masih banyak digunakan untuk konstruksi bangunan.

Produk ini merupakan salah satu material polimer termoplastik yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain itu, pipa ini juga dibanderol dengan harga yang murah serta mudah untuk dirangkai pada saat proses pemasangannya.

Fungsi Pipa PVC

Ketika kalian menggunakan material ini, kalian akan merasakan manfaatnya secara langsung. Di bawah ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari meterial PVC, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Menjadi salah satu pilihan saluran untuk air bersih ataupun air kotor
  • Dapat menjadi pelindung kabel listrik yang ditanam di dinding maupun tanah
  • Dapat digunakan untuk pemakaian tekanan rendah, menengah hingga tinggi
  • Produk ini juga bisa menjadi saluran untuk bahan kimia

Standar Pipa PVC

Standar Pipa PVC

1. SNI

SNI atau kepanjangan dari Standar Nasional Indonesia merupakan standarisasi industri yang ditetapkan oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional). Standar ini dikeluarkan oleh Panitia Teknis yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

2. JIS

Japanese Industrial Standards atau JIS ini dikoordinasi oleh Komite Standar Industri Jepang yang mengatur standarisasi kegiatan di industri Jepang. Standar ini dirilis oleh Asosiasi Standar Jepang dengan tujuan untuk tetap menjaga kualitas hasil industrinya.

3. BS

British Standards atau BS ini didirikan sejak tahun 1901 yang dikeluarkan oleh British Standard Institution (BSI). Standar yang satu ini mengatur seluruh produk industri di seluruh wilayah Kerajaan Inggris dan sekitarnya.

4. ASTM

American Society for Testing and Material atau ASTM ini didirikan pada tahun 1898 oleh para ilmuan dan insinyur Amerika Serikat. Jenis standar inilah yang digunakan oleh negara-negara maju serta termasuk dalam standar yang paling tua.

Jenis-Jenis Pipa PVC

Pipa PVC yang ada di Indonesia umumnya memakai standar ukuran JIS, sementara untuk pipa PDAM rata-rata memakai standar ukuran SNI. Berikut adalah beberapa jenis PVC dengan standar ukuran JIS.

1. Tipe AW

Tipe AW

Tipe AW ini mampu menahan tekanan mencapai 10 kg/cm2 sehingga sangat cocok untuk kalian gunakan pada saluaran air dengan tekanan tinggi. Hal itu dikarenakan pipa jenis ini merupakan jenis pipa yang paling tebal di antara yang lainnya.

2. Tipe D

Tipe D

Pipa kelas D ini memiliki ketebalan sedang yang biasa digunakan untuk saluran air tekanan menengah. Material ini mampu menahan tekanan mencapai 5 kg/cm2 sehingga kerap digunakan sebagai saluran pembuangan air rumah tangga.

3. Tipe C

Tipe C

Pipa PVC tipe C ini merupakan jenis yang paling tipis dibandingkan dengan jenis pipa yang lainnya. Kalian bisa memanfaatkan material ini sebagai saluran buangan air ataupun sebagai pelindung kabel listrik di rumah.

Ukuran Pipa PVC

Tentunya material ini memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang tipis hingga tebal. Perlu kalian ketahui, ukuran tersebut juga memiliki ketentuan berdasarkan jenis pakainya.

1. Kelas AW

JENISUKURAN
AW 0.50 Inch22 mm
AW 0.75 Inch26 mm
AW 1 Inch32 mm
AW 1.25 Inch42 mm
AW 1.5 Inch48 mm
AW 2 Inch60 mm
AW 2.5 Inch76 mm
AW 3 Inch89 mm
AW 4 Inch114 mm
AW 5 Inch140 mm
AW 6 Inch165 mm
AW 8 Inch216 mm
AW 10 Inch267 mm

2. Kelas D

JENISUKURAN
D 1.25 Inch42 mm
D 1.5 Inch48 mm
D 2 Inch60 mm
D 2.5 Inch76 mm
D 3 Inch89 mm
D 4 Inch114 mm
D 5 Inch140 mm
D 6 Inch165 mm
D 8 Inch216 mm
D 10 Inch267 mm

3. Kelas C

JENISUKURAN
C 0.5 Inch22 mm
C 0.6 Inch17 mm
C 0.75 Inch26 mm
C 1 Inch32 mm
C 1.25 Inch42 mm
C 1.5 Inch48 mm
C 2 Inch60 mm
C 2.5 Inch76 mm
C 3 Inch89 mm
C 4 Inch114 mm
C 5 Inch140 mm

Keunggulan

Keunggulan

1. Proses Instalasi Mudah

Salah satu keunggulan yang dapat dijadikan alasan mengapa kalian harus menggunakan material ini yaitu proses instalasi atau pemasangannya sangat mudah. Hal itu dikarenakan pipa ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk diangkat dan dibawa.

2. Harga Tergolong Terjangkau

Untuk HARGA PIPA PVC sendiri tergolong murah dibandingkan dengan jenis saluran pipa lainnya. Selain itu, karena proses instalasinya mudah maka tidak akan terlalu membutuhkan anggaran biaya yang besar untuk ongkos pekerjanya.

3. Kokoh dan Tidak Mudah pecah

Mengingat material ini terbuat dari bahan plastik, tentunya produk ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan tidak mudah pecah atau rusak. Selain itu, pipa ini juga tahan terhadap serangan rayap maupun serangan serangga lainnya.

Kelemahan

Kelemahan

1. Sangat peka Terhadap Sinar Matahari

Produk ini terlalu peka terhadap cahaya dari sinar matahari sehingga dapat mengakibatkan pipa rapuh atau bahkan meleleh. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa melapisinya dengan cat untuk melindungi pipa dari sengatan sinar matahari.

2. Memiliki Titik Leleh yang Rendah

Pipa PVC juga memiliki titik leleh yang rendah dibandingkan dengan pipa besi atau logam. Asap yang dikeluarkan pada saat pembakaran juga sangat berbahaya untuk kesehatan jika sampai dihirup secara terus menerus.

Tips Memilih Pipa PVC

Tips Memilih Pipa PVC

Sebelum kalian membeli material pipa PVC, alangkah baiknya kalian memperhatikan dan melakukan beberapa tips yang akan kami berikan berikut ini.

  • Kenali terlebih dahulu jenis pipa yang kalian inginkan
  • Periksa dan pastikan kekuatan pipa
  • Pilihlah ukuran pipa sesuai dengan kebutuhan
  • Tentukan jenis penyambungan atau fitting dan jenis perekatnya
  • Terakhir, bedakan setiap jenis saluran pipa

Akhir Kata

Keperluan setiap orang terhadap penggunaan pipa PVC untuk kebutuhan bangunan memang berbeda-beda. Saran kami, pakailah produk yang sudah terjamin kualitasnya agar material awet dan tahan lama serta bisa memberikan hasil yang maksimal.

Tentunya sebelum membeli produk tersebut kalian harus mempertimbangkan beberapa keunggulan dan kelemahan yang sudah kami jelaskan di atas. Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, jenis-jenis, ukuran serta keunggulan dan kelemahan dari pipa PVC yang dapat Epropertyrack sampaikan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Batu Alam

Jihan
3 min read

Besi Siku

Jihan
4 min read

Kawat Harmonika

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *