Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Kawat Harmonika

Kawat Harmonika

Kawat Harmonika – Pasti kalian pernah melihat lapangan olahraga yang dikelilingi oleh sebuah pagar anyaman yang terbuat dari besi. Pagar tersebut tentunya berguna sebagai pelindung atau pengaman sebuah tempat atau bangunan.

Salah satu jenis kawat yang kerap dijadikan pilihan sebagai bahan pagar pengaman tersebut yaitu kawat harmonika. Selain berguna untuk pelindung suatu tempat, kawat ini juga sering digunakan untuk membuat kandang hewan seperti kandang ayam.

Salah satu keunggulan yang dapat dijadikan alasan mengapa harus menggunakan material ini yaitu harganya yang cukup ekonomis. Selain itu, material ini juga memiliki sifat yang fleksibel sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Namun, masih banyak orang di luar sana yang belum mengerti apa itu kawat harmonika. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, fungsi, jenis-jenis dan ukuran serta keunggulan dari kawat harmonika.

Kawat Harmonika dari Pengertian, Fungsi, Jenis & Ukuran

Sama halnya dengan WIREMESH, kawat harmonika juga dibuat dengan teknologi canggih dan modern sehingga menghasilkan produk dengan tingkat presisi yang tinggi serta ukuran yang seragam. Oleh karena itu, material ini menjadi salah satu produk yang kami rekomendasikan untuk kalian pilih jika ingin membuat pagar untuk melindungi suatu tempat atau sebuah bangunan.

Pengertian

Pengertian 2

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kawat harmonika merupakan anyaman kawat besi yang dibuat dengan mesin khusus dan teknik tertentu. Kawat ini membentuk lingkaran-lingkaran menjadi lubang-lubang persegi atau kotak ketupat yang menyerupai jaring laba-laba.

Fungsi dan Kegunaan

Fungsi utama dari material ini yaitu sebagai pagar untuk pengamanan pada suatu tempat seperti lapangan olahraga. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan material ini untuk berbagai keperluan seperti berikut ini.

  • Sebagai pagar tanaman
  • Sebagai kandang hewan
  • Sebagai screener
  • Sebagai partisi
  • Sebagai pengaman properti atau barang
  • Sebagai pagar kebun atau taman

Jenis-Jenis

Kawat harmonika ini memiliki beberapa jenis yang biasa digunakan untuk kebutuhan bangunan. Tentunya setiap jenis tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Kawat Harmonika Biasa

Kawat Harmonika Biasa

Jenis kawat harmonika biasa ini memiliki kualitas dengan kelas menengah. Material ini terbuat dari aluminium yang juga biasanya dilengkapi dengan cat mengkilap sehingga membuat produk ini semakin menarik. Mengingat kualitasnya yang berada di tengah-tengah, tentunya jenis kawat yang satu ini dijual dengan harga yang relatif murah.

2. Kawat Harmonika PVC

Kawat Harmonika PVC

Kawat yang satu ini berbahan dasar kawat besi yang pada saat proses pembuatannya sudah dilapisi dengan lapisan PVC. Lapisan tersebut berguna agar material tahan terhadap korosi akibat perkaratan serta tahan terhadap panas. Pelapisan PVC ini dilakukan sebelum proses penganyaman sehingga ukuran dan kualitasnya sudah terjamin.

3. Kawat Harmonika Galvanis

Kawat Harmonika Galvanis

Produk ini merupakan anyaman kawat besi yang dilapisi dengan lapisan zinc-ion alloy. Material ini dibuat melalui proses pemanasan hingga suhu 450℃ atau yang lebih sering dikenal dengan proses galvanisasi. Proses tersebut bertujuan untuk memberi lapisan anti karat pada material sehingga mampu untuk bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ukuran

Produk ini sudah tersedia dengan berbagai macam ukuran, mulai dari diameter 1.5 mm hingga 4 mm. Biasanya kawat ini memiliki ukuran lubang dari 20 mm sampai dengan 70 mm dengan lebar yang mencapai 3 meter. Meskipun demikian, panjang dan lebar kawat ini dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan pembelinya.

Keunggulan

Keunggulan 1

1. Serbaguna

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kawat ini memiliki sifat yang multifungsi atau serbaguna. Produk ini sering digunakan sebagai pengaman untuk lapangan olahraga, pabrik, peternakan hingga perkebunan.

2. Tahan Lama

Tentunya semua jenis kawat harmonika memiliki usia pakai yang cukup lama, terutama jenis PVC dan galvanis. Hal itu dikarenakan material tersebut sudah dilapisi dengan lapisan anti korosi dan karat.

3. Harga Terjangkau

Harga produk ini dapat dikatakan terjangkau, karena pembelian material ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Biasanya jenis kawat ini dijual di pasaran dengan hitungan per meter atau per roll.

4. Mudah Dipotong

Karena bentuknya yang berupa anyaman, maka material ini akan mudah untuk dipotong dan disesuaikan. Kalian bisa memotong material ini hanya dengan menggunakan tang saja.

5. Mudah Didapat

Kini kalian sudah bisa mendapatkan kawat ini setidaknya di toko bangunan atau material terdekat daerah kalian. Dengan begitu kalian sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk mencarinya.

6. Pemasangannya Mudah

Karena sifatnya yang fleksibel, maka untuk cara pemasangannya ini cukup praktis dan mudah untuk dilakukan. Kalian bisa memasang material ini pada kayu dengan cara dijepit atau dilas jika akan dipasang pada tiang besi.

Cara Pemasangan Kawat Harmonika

Cara Pemasangan Kawat Harmonika

Setelah kalian mengerti tentang kegunaan dan keunggulan material kawat harmonika, berikut akan kami berikan bagaimana tata cara pemasangannya. Simak baik-baik langkah-langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  1. Sebelumnya ukur panjang tanah atau bangunan yang akan dipasangi kawat harmonika
  2. Selanjutnya tentukan titik tanam untuk tiang, usahakan titik tanam ini sesuai dengan pembagian tanah
  3. Agar pagar lebih kuat dan kokoh, cor tiang yang akan dipasang
  4. Kemudian bentangkan kawat tersebut yang sudah kalian siapkan sebelumnya
  5. Pada keempat pojok kawat tersebut lakukan pengikatan pada tiang atau bingkaian
  6. Kalian juga bisa menggunakan mur atau baut untuk mengikat kawatnya
  7. Terakhir, tambahkan behel sebagai isi bingkai dan tiang penyangga agar ikatan lebih kencang

Tips Merawat Kawat Harmonika

Setelah produk tersebut selesai dipasang, kalian juga harus mengerti tentang cara dalam merawatnya. Berikut akan kami berikan beberapa tips dalam merawat kawat harmonika.

  • Lakukanlah pengecatan ulang agar ketahanan material terhadap korosi meningkat
  • Lindungi permukaan kawat dengan minyak khusus seperti oli agar material tidak mengalami perkaratan
  • Segera ganti bagian kawat yang menunjukkan tanda-tanda akan terjadi korosi

Akhir Kata

Ketika kalian menggunakan produk ini sebagai bahan untuk material bangunan, kalian akan mendapatkan sejumlah keuntungan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun, tentunya ketika hendak membelinya kalian harus memperhatikan kualitas produk tersebut.

Selain itu, lakukanlah perawatan secara rutin agar material dapat awet dan bertahan lama. Demikian penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai pengertian, fungsi, jenis dan ukuran serta cara pemasangan kawat harmonika.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Batu Alam

Jihan
3 min read

Besi Siku

Jihan
4 min read

Pipa PVC

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *