Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

8 Merk Besi Beton Terbaik Standar SNI (Polos & Ulir)

Merk Besi Beton Terbaik

Merk Besi Beton Terbaik – Dalam dunia konstruksi bangunan, besi beton menjadi salah satu material yang memiliki peran cukup penting. Dimana besi beton atau biasa juga disebut beton bertulang berfungsi untuk memperkuat struktur bangunan supaya lebih kuat dan tidak mudah roboh.

Selain kerap dijadikan sebagai besi tulangan pada proses pengecoran rumah bertingkat, besi beton juga sering dimanfaatkan sebagai material pembangunan jalan cor, jembatan, terowongan dan lain sebagainya. Namun, penerapan besi beton juga sebenarnya harus memperhatikan standar ukurannya.

Untungnya saat ini di pasaran Indonesia besi beton sudah tersedia dengan berbagai macam jenis, merk hingga ukuran atau dimensi. Pastinya masing-masing merk beton bertulang tersebut mempunyai karakteristiknya masing-masing, baik itu dari segi kekuatan, daya tahan ataupun fungsionalitasnya.

Maka dari itu, jika kalian berencana membeli dan memanfaatkan besi beton sebagai material bahan bangunan, ada baiknya ketahui beberapa jenis serta merknya terlebih dahulu. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi merk besi beton terbaik berkualitas SNI beserta tips memilihnya.

Standar Besi Beton SNI

Sebelum pembahasan utama mengenai merk besi beton berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu ketentuan standar spesifikasi besi beton sesuai SNI atau Standar Nasional Indonesia. Pada ketentuan standarnya, besi beton di pasaran memiliki ukuran panjang sekitar 12 meter.

Namun, sebenarnya ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Sebab, terdapat beberapa konstruksi bangunan kerap menggunakan ukuran besi beton mulai dari 12 m, 10 m, 8 m hingga 6 m dengan toleransi 0.1 mm sampai 0.5 mm.

Ukuran tersebut merupakan standar yang sudah ditetapkan oleh SNI. Meskipun demikian, sering kali ditemukan ukuran besi beton yang tidak berstandar nasional atau non SNI di toko-toko bangunan.

Jika dilihat dari segi keamanan serta kekuatannya, sebenarnya kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan besi beton berstandar SNI. Hanya saja, harga besi beton berstandar SNI pastinya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan standar non SNI.

Merk Besi Beton Terbaik

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini besi beton yang beredar di pasaran Indonesia tersedia dalam berbagai macam merk. Pastinya setiap merk salah satu material bahan bangunan tersebut mempunyai karakteristik berbeda-beda, entah itu dari segi kekuatan ataupun keamanannya.

Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa merk besi beton terbaik yang sudah terkenal di dunia konstruksi dan kerap digunakan sebagai bahan pembuatan sebuah gedung, baik itu rumah tinggal ataupun gedung bertingkat.

1. Besi Beton Perwira

Besi Beton Perwira

Merk besi beton terbaik pertama yaitu Perwira. Biasanya besi beton Perwira kerap dimanfaatkan untuk berbagai macam konstruksi bangunan seperti jalan tol, jembatan, bangunan umum ataupun bangunan lainnya.

Beton bertulang merk ini mempunyai toleransi kurang lebih sekitar 0.2 mm dan termasuk ke dalam daftar material yang memenuhi standar SNI. Jadi dari segi kualitas besi beton Perwira sudah tidak perlu diragukan lagi.

2. Besi Beton HIJ

Besi Beton HIJ

Merk beton bertulang selanjutnya yaitu ada HIJ produk dari Hanil Jaya Steel. Saat ini HIJ menyediakan besi beton kualitas terbaik, entah itu jenis besi beton polos ataupun ulir. Bahkan merk HIJ juga sudah memenuhi spesifikasi dan ukuran sesuai SNI.

Untuk saat ini produk besi beton HIJ hanya didistribusikan di dalam negeri saja, belum ekspor ke luar negeri. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa produk besi beton dari Hanil Jaya Steel tersebut tidak berkualitas.

3. Besi Beton Master Steel (MS)

Besi Beton Master Steel

Rekomendasi merk besi beton terbaik selanjutnya buat kalian yaitu datang dari Master Steel (MS). Produsen besi beton dengan toleransi 0.2 mm ini sudah mendapatkan sertifikasi ISO berkapasitas produksi cukup besar.

Produk-produk keluaran MS juga sudah diproduksi secara luas dalam berbagai macam proyek konstruksi bangunan. Bahkan produk merk tersebut sudah terkenal dengan kualitas terbaik di pasar internasional.

4. Besi Beton Delco Prima (DP)

Besi Beton Delco Prima

Kemudian ada besi beton merk Delco Prima (DP) yang terkenal sebagai penyedia produk ramah lingkungan. Harganya juga terbilang kompetitif sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Untuk nilai toleransi besi beton Delco Prima sebenarnya sama saja seperti merk material lainnya, yaitu sekitar 0.2 mm. Saat ini kalian sudah bisa mendapatkan besi beton terbaik bermerk Delco Prima secara mudah di toko material terdekat, baik itu besi polos maupun ulir.

5. Besi Beton Interworld Steel (IS)

Besi Beton Interworld Steel

Besi beton merk Interworld Steel (IS) juga termasuk ke dalam deretan bahan material terbaik selanjutnya. Besi beton IS sudah dikenal dengan tingkat kualitasnya karena dibuat oleh perusahaan ternama sekaligus didukung oleh tenaga ahli konstruksi.

Selain itu, kapasitas produksi besi beton IS lumayan besar juga membuat konsumen tidak akan kesulitan ketika hendak menemukannya. Sementara untuk toleransi besi beton merk IS juga sebenarnya sama seperti merk lainnya, yakni 0.2 mm.

6. Besi Beton Cakratunggal Steel (CS)

Besi Cakratunggal Steel

Perusahaan Cakratunggal Steel (CS) juga menawarkan pilihan besi beton polos dan ulir untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi. Meskipun CS menawarkan beragam pilihan material besi beton, namun pastinya mereka tidak akan pernah mengesampingkan kualitasnya.

Dimana beberapa keunggulan besi beton terbaik dari Cakratunggal Steel tersebut diantaranya yaitu seperti daya tahannya bagus, stabilitasnya baik serta mudah diaplikasikan dalam berbagai macam jenis konstruksi.

Adanya berbagai macam keunggulan itulah membuat besi beton CS sangat cocok untuk dimanfaatkan pada bangunan dengan beban berat sekalipun, misalkan seperti pada jembatan, bendungan ataupun struktur kirtis lainnya.

7. Besi Beton Krakatau Steel (KS)

Besi Krakatau Steel

Merk besi beton terbaik selanjutnya yaitu besi beton Krakatau Steel (KS). Krakatau Steel sendiri sebenarnya sudah terkenal dengan banyak prestasinya, salah satunya yaitu mampu menghasilkan standar kualitas material terbaik di kelasnya.

Namun, perlu diketahui bahwa besi beton Krakatau Steel ini mempunyai nilai toleransi tergolong kecil, yaitu hanya sebesar 0.1 mm saja. Jadi, toleransi besi beton Krakatau Steel menjadi nilai paling rendah jika dibandingkan jenis lainnya.

8. Besi Beton MSI dan HSHI

Besi MSI dan HSHI

Selain beberapa merk besi beton di atas, sebenarnya masih ada beberapa merk lainnya yang beredar di pasaran Indonesia, seperti MSI dan HSHI. Akan tetapi, merek tersebut masih belum terlalu terkenal sehingga sulit untuk mendapatkan informasi seputar kualitas serta harganya.

Tips Memilih Besi Beton

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar rekomendasi merk besi beton terbaik di Indonesia, baik itu untuk besi polos ataupun besi ulir. Selanjutnya juga akan kami berikan beberapa cara atau tips dalam memilih material besi beton di pasaran.

Pemilihan ini perlu dilakukan supaya kalian nantinya bisa mendapatkan material besi beton berkualitas sesuai dengan kebutuhannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tips memilih besi beton berkualitas berikut ini.

  • Pilih besi beton berstandar SNI.
  • Hindari besi beton berkarat.
  • Pilih diameter besi beton sesuai kebutuhan konstruksi.
  • Pilih jenis dan bentuk besi beton yang tepat.
  • Jangan tergiur dengan harga murah.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa masing-masing merk material besi beton di pasaran mempunyai karakteristik berbeda-beda. Maka dari itu, ketika kalian berencana untuk membeli besi beton, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal seperti tingkat kekuatan, daya tahan hingga keamanannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar merk besi beton terbaik berstandar SNI dilengkapi dengan tips pemilihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli dan memanfaatkan besi beton sebagai bahan material konstruksi bangunan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *