Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

10 Perlengkapan K3 Proyek Sesuai Standar : Jenis & Fungsi

Perlengkapan K3 Proyek

Perlengkapan K3 Proyek – Keselamatan dan kesehatan kerja atau biasa disebut dengan istilah K3 wajib diterapkan pada setiap proyek pembangunan, entah itu dalam skala kecil maupun besar. Dimana K3 sendiri dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan guna memberikan jaminan kesehatan serta keselamatan bagi para tenaga kerja.

Tidak hanya itu saja, namun K3 juga bisa mengacu pada serangkaian aturan yang digunakan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan selama bekerja di tempat kerja, baik itu di organisasi maupun perusahaan. Oleh karena itu, keberhasilan sebuah proyek konstruksi merupakan hasil dari performa pada pekerja yang berada di dalam proyek konstruksi tersebut.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa performa yang baik merupakan sebuah cerminan dari keberhasilan K3 konstruksi dalam mewujudkan perannya. Akan tetapi, masih banyak orang di luar sana yang merasa kebingungan mengenai apa saja perlengkapan di dalam aturan kesehatan dan keselamatan kerja tersebut di dalam dunia proyek konstruksi.

Apabila diantara kalian merupakan seorang pekerja di dalam dunia proyek konstruksi pembangunan, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja perlengkapannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai daftar perlengkapan K3 proyek mulai dari jenis hingga manfaatnya.

Manfaat Penerapan K3 Untuk Pekerja

Sebelum pembahasan poin utama mengenai perlengkapan K3 pada proyek konstruksi pembangunan, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaat penerapannya. Adapun sejumlah manfaat penerapan K3 untuk para pekerja di tempat kerja tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Para pekerja jadi lebih mengerti bagaimana risiko yang mungkin terjadi pada pekerjaan.
  • Ketika memahami risiko, maka pekerja bisa lebih mengerti bagaimana cara untuk mencegah ataupun menanggulangi sebelum terjadinya risiko tersebut.
  • Setiap pekerja jadi lebih memahami bagaimana hak serta kewajiban yang terkait dengan peraturan untuk keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Munculnya risiko terjadinya sebuah kebakaran, kecelakaan, gempa bumi dan lain sebagainya menjadikan para pekerja mengetahui tindakan apa saja yang harus mereka lakukan.
  • Setiap pekerja jadi lebih memahami bagaimana cara melindungi temannya apabila terjadi sebuah kecelakaan di area kerja.
  • Pekerja jadi lebih mampu dalam menciptakan lingkungan kerja aman dan kondusif.
  • Bukan hanya di lingkungan kerja saja, namun setiap pekerja juga dapat mengantisipasi terjadinya sebuah penularan penyakit yang bisa saja terbawa dari tempat kerja.
  • Para pekerja bisa tetap mendapatkan sebuah penghasilan finansial.
  • Para pekerja dapat memberikan sebuah kontribusi untuk bidang perekonomian di dalam keluarganya.

Perlengkapan K3 Proyek

Setelah mengetahui beberapa manfaat atau peran penting penerapan K3 di dalam dunia proyek konstruksi pembangunan untuk para pekerja, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja perlengkapannya. Apabila pernah mengikuti pelatihan NEBOSH, pastinya kalian juga sebenarnya sudah tau apa saja perlengkapan-perlengkapannya.

Secara garis besarnya, perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja di dalam dunia proyek konstruksi pembangunan ini bertujuan untuk melindungi para pekerja dari berbagai macam bahaya, entah itu dari kepala sampai kaki. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik daftar perlengkapan K3 proyek untuk para pekerja berikut ini.

1. Helm

Helm

Helm keselamatan atau safety helmet berguna untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan ataupun kejatuhan benda tajam dan berat yang melayang atau meluncur di udara. Perlengkapan ini juga dapat melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia maupun suhu ekstrim. Namun, untuk beberapa pekerjaan dengan risiko lebih rendah, mereka hanya menggunakan topi atau penutup kepala sebagai pelindung.

2. Sabuk dan Tali

Sabuk dan Tali

Perlengkapan K3 proyek selanjutnya yaitu sabuk keselamatan atau safety belt. Dimana perlengkapan ini berguna untuk membatasi gerak pekerja supaya tidak terjatuh atau terlepas dari posisi yang diinginkannya. Pada umumnya sabuk dan tali keamanan ini digunakan apabila pekerja berada pada posisi cukup berbahaya seperti posisi miring, tergantung atau memasuki rongga sempit.

3. Sepatu Bot

Sepatu Bot

Kemudian perlengkapan K3 proyek selanjutnya yaitu ada sepatu bot. Sebagaimana diketahui, sepatu bot sendiri berguna untuk melindungi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan dingin atau panas, uap panas, bahan kimia berbahaya hingga permukaan licin.

4. Sepatu Pelindung

Sepatu Pelindung

Selain sepatu bot, terdapat juga sepatu pelindung atau safety shoes. Perlengkapan tersebut juga sebenarnya memiliki fungsi hampir sama seperti sepatu bot. Hanya saja tingkat perlindungan safety shoes sedikit lebih rendah ketimbang sepatu bot. Namun, keuntungannya sepatu pelindung bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

5. Masker

Masker

Masker pernafasan juga termasuk ke dalam salah satu jenis perlengkapan K3 proyek. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya masker pernafasan berguna untuk melindungi organ pernafasan dengan cara menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel debu, uap, aerosol asap ataupun gas.

6. Penutup Telinga

Penutup Telinga

Penutup telinga pada standar K3 proyek sebenarnya bisa terdiri dari dua jenis, yaitu sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear Muff). Jika dilihat dari segi fungsi atau kegunaannya, sebenarnya kedua jenis perlengkapan tersebut sama saja, yaitu untuk melindungi telinga dari kebisingan maupun tekanan.

7. Kacamata Pengaman

Kacamata Pengaman Perlengkapan K3

Jenis perlengkapan K3 proyek sesuai standar selanjutnya yaitu kacamata pengaman. Kacamata pengaman sendiri digunakan sebagai alat pelindung yang berguna untuk melindungi mata dari paparan partikel yang melayang di udara ataupun air, percikan benda kecil dan benda panas hingga uap panas.

8. Pelindung Wajah

Pelindung Wajah Perlengkapan K3

Sebagian besar dari kalian pasti pernah melihat pelindung wajah atau face shield yang digunakan pada proyek konstruksi pembangunan. Perlengkapan K3 proyek tersebut berfungsi guna melindungi wajah dari paparan bahan kimia berbahaya, partikel melayang di udara atau air, percikan benda kecil atau panas, uap panas, benturan dan pukulan benda keras atau tajam hingga pancaran cahaya.

9. Sarung Tangan

Sarung Tangan Perlengkapan K3

Tidak hanya dari aspek kepala pekerja saja, namun perlengkapan K3 di dalam dunia proyek konstruksi bangunan juga memberikan aturan mengenai perlindungan tangan menggunakan sarung tangan. Secara umum, sarung tangan berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia berbahaya, benturan, pukulan, tergores benda tajam atau infeksi dari zat patogen seperti virus dan bakteri.

10. Pelampung

Pelampung Perlengkapan K3

Jenis perlengkapan K3 proyek terakhir sesuai standar dunia konstruksi pembangunan yaitu pelampung. Sesuai namanya, pelampung digunakan oleh para pekerja yang bekerja di atas air atau di permukaan air supaya terhindar dari risiko dan bahaya tenggelam. Umumnya perlengkapan tersebut terdiri dari life jacket, life vest atau boyancy control device untuk mengatur ketika pekerja sedang terapung di air.

Risiko Tidak Menggunakan Perlengkapan K3

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar perlengkapan K3 di dalam dunia proyek konstruksi pembangunan mulai dari jenis hingga manfaatnya. Apabila peraturan mengenai perlengkapan K3 tersebut diabaikan, maka akan ada sejumlah dampak kerugian yang mungkin saja terjadi dan dialami oleh para pekerja.

Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah dampak atau risiko berbahaya ketika tidak menggunakan perlengkapan K3 sesuai standar.

  • Tidak adanya rasa nyaman.
  • Adanya risiko cedera serta kematian.
  • Hasil kerja menjadi tidak maksimal.
  • Bisa merugikan orang lain di area kerja.
  • Kesulitan dalam menyelamatkan diri sendiri.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar perlengkapan K3 proyek konstruksi bangunan mulai dari jenis hingga manfaat dilengkapi dengan risiko ketika pekerja tidak mematuhinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengetahui apa saja perlengkapan yang harus ada di pada aturan keselamatan dan kesehatan kerja.

Sumber gambar : tokopedia.com, shopee.co.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *