Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Apa Itu NEBOSH? Manfaat, Keunggulan, Teknik & Biaya Training

Apa Itu NEBOSH

Apa Itu NEBOSH – Bagi kalian yang bergelut di bidang kesehatan dan keselamatan kerja, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama NEBOHS. NEBOSH atau kependekan dari National Examination Board in Occupational Safety and Health merupakan badan penguji berbasis di Inggris dengan layanan kursus serta kualifikasi di bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Sebagai badan penguji, tentunya NEBOSH tidak mengadakan kursus sendiri melainkan menyediakan silabus hingga ujian bagi lembaga penyedia pelatihan atau training. Dimana di Indonesia sendiri training atau pelatihan tersebut sangat bervariasi dan bisa diikuti oleh seluruh staf di berbagai macam tingkatan serta tempat kerja.

Training tersebut menawarkan kualifikasi yang diakui secara global seperti sertifikat Umum Nasional NEBOSH dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau Sertifikat Umum Internasional dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana kebingungan mengenai bagaimana cara mendapatkannya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian ada yang berencana mengikuti kursus internasional tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seputar seluk beluknya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu NEBOSH mulai dari pengertian, manfaat, keunggulan hingga biaya pelatihannya.

Apa Itu NEBOSH ?

Pengertian NEBOSH

Sebelum pembahasan lebih dalam mengenai manfaat hingga keunggulannya, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu NEBOSH. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, NEBOSH atau National Examination Board in Occupational Safety and Health merupakan badan penguji berbasis di Inggris yang memberikan kursus dan kualifikasi di bidang K3.

Dimana pelatihan NEBOSH sendiri menawarkan kualifikasi yang diakui baik itu secara lokal maupun lokal seperti sertifikat umum nasional dan internasional dalam bidang K3. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, pasalnya kedua sertifikat tersebut merupakan langkah awal sangat baik untuk menjadi seorang ahli dalam bidang K3.

Manfaat NEBOSH

Setelah mengetahui apa itu NEBOSH, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaat ketika mendapatkan sertifikat tersebut. Dimana Sertifikat Umum NEBOSH sendiri merupakan sertifikat berstandar internasional yang digunakan di berbagai belahan dunia.

Mempunyai sertifikat tersebut akan menjadi katalis untuk perkembangan karir kalian karena peningkatan skill atau kemampuan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan sejumlah manfaat ketika mengikuti kursus pelatihan atau training NEBOSH.

  • Mengurangi risiko munculnya cedera atau penyakit di tempat kerja serta meningkatkan kesejahteraan karyawan.
  • Secara proaktif kalian ikut berperan dalam menciptakan tempat kerja lebih aman karena prinsip NEBOSH ialah membentuk pendekatan dan metodologi guna K3 lebih baik.
  • Memastikan tindakan dalam implementasi K3 dilakukan sesuai dengan hukum berlaku.
  • Secara konsisten mendemonstrasikan teknik manajemen K3.
  • Membantu dalam menemukan, mengendalikan hingga membatasi bahaya di tempat kerja yang bisa menyebabkan kecelakaan serta insiden.
  • Mengukur peningkatan K3 sampai membuat rekomendasi guna menciptakan area kerja lebih aman.

Keunggulan NEBOSH

Perlu diketahui, memang benar bahwa di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak lembaga training kesehatan dan keselamatan kerja yang bisa kalian temukan dengan mudah. Namun, NEBOSH masih menjadi salah satu lembaga kursus pelatihan favorit bagi sebagian besar orang, termasuk di Indonesia.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya NEBOSH mempunyai sejumlah keunggulan atau kelebihan yang tidak dimiliki oleh lembaga training lainnya. Oleh karena itu, sebagai bahan gambaran sebelum mengikutinya, di bawah ini akan kami berikan beberapa keunggulannya.

  • Sertifikat Umum NEBOSH dikenal secara luas serta merupakan standar populer dalam dunia K3.
  • Konten dalam silabus dibuat serta ditinjau oleh pakar K3 kelas dunia.
  • Silabus dalam pelatihannya mencerminkan kebutuhan pemberi kerja sehingga keterampilan setelah training akan relevan, terlepas dari jenis industri tempat bekerja.
  • Apa yang kalian pelajari selama training relevan dengan semua tempat kerja serta setiap sektor sehingga akan membantu dalam membuat langkah kesehatan dan keselamatan kerja dengan bijak.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebagai lembaga dihormati dunia, memiliki kualifikasi NEBOSH juga akan meningkatkan kualifikasi kalian. Artinya, calon pemberi kerja ataupun rekan pekerja tahu bahwa kalian memang mempunyai pengetahuan terbukti di bidang K3.

Pelatihan NEBOSH

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu NEBOSH mulai dari pengertian, manfaat hingga sejumlah keunggulannya. Apabila kalian saat ini sedang bekerja dengan posisi manajer, supervisor atau anggota staf petugas di bidang K3, maka training NEBOSH sangat cocok untuk diikuti.

Hal ini dikarenakan training tersebut akan memberikan kalian alat guna menerapkan prinsip-prinsipnya di perusahaan pada setiap tingkatan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai pembelajaran pada proses kursus training atau pelatihannya.

1. Melakukan Penilaian Risiko

Melalui pendekatan 6 langkah, kalian dapat menemukan cara dalam menyelesaikan risiko secara umum, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Membuat profil dan prioritas risiko.
  • Melakukan pemeriksaan di tempat bekerja.
  • Mengidentifikasi sejumlah baya di tempat bekerja.
  • Melakukan evaluasi risiko dan menjelaskan langkah pengendalian.
  • Membuat rekomendasi tindakan pengendalian lebih lanjut.
  • Merencanakan tindakan untuk mengendalikan risiko/bahaya tersebut, seperti halnya pembuatan HIRADC.

2. Mengurangi Risiko & Mengendalikan Bahaya

Kemudian materi dalam silabus NEBOSH akan menunjukkan kepada kalian bagaimana melihat secara pragmatis pada kontrol yang sudah ada serta melakukan penilaian tentang seberapa baik kinerjanya. Apabila perusahaan bisa melakukan lebih banyak tindakan untuk mengendalikan bahaya, maka mereka akan memberi kalian wewenang untuk merekomendasikan cara guna memperkuat kendali secara wajar sehingga semua orang bisa bekerja di lingkungan lebih aman.

3. Mendukung Budaya K3 Menjadi Lebih Baik

Setiap peserta lulus dari pelatihan akan memberikan pengaruh positif terhadap K3 di tempat bekerja. Pasalnya, secara garis besarnya NEBOSH akan membekali peserta dengan pengetahuan seputar budaya K3 ideal serta bagaimana budaya tersebut bisa meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh.

Biaya Pelatihan NEBOSH

Untuk mengikuti kursus pelatihan NEBOSH, sebenarnya tergolong cukup mudah karena kalian hanya perlu melampirkan beberapa dokumen seperti soft file KTP serta mengisi formulir registrasi. Akan tetapi, terdapat ketentuan lainnya harus dipenuhi ketika hendak mengikuti kursus pelatihan tersebut, yaitu tentang biaya administrasinya.

Dimana besaran biaya training dalam mendapatkan sertifikat tersebut di Indonesia sendiri sebenarnya cukup beragam, tergantung pada lembaga penyedianya. Umumnya besaran biaya training NEBOSH di Indonesia di mulai dari Rp 19.500.000 dengan durasi pelatihan kurang lebih sekitar 10 hari untuk kategori K3.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar apa itu NEBOSH mulai dari pengertian, manfaat, keunggulan, teknik pelatihan hingga biaya administrasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengikuti kursus pelatihan lembaga penyedia K3.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *