Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Apa Itu Operator Alat Berat ? Tugas, Kemampuan, Kriteria & Gaji

Apa Itu Operator Alat Berat

Apa Itu Operator Alat Berat – Seperti diketahui, operator alat berat ialah seseorang yang memiliki keterampilan serta keahlian khusus dalam menjalankan ataupun mengoperasikan alat-alat berat. Adapun beberapa jenis alat berat tersebut diantaranya yaitu seperti bulldozer, excavator, wheel loader, mobile crane dan lain sebagainya.

Dimana ketika seseorang hendak bekerja sebagai operator alat-alat berat tentunya harus mempunyai keahlian khusus bukan hanya menjalankannya saja, namun juga mampu mengoperasikan semua fitur-fiturnya. Terlebih lagi saat ini penggunaan alat berat sudah semakin banyak untuk berbagai macam keperluan di bidang industri dan jasa.

Untuk menghindari potensi kecelakaan kerja yang menyebabkan kerugian harta atau jiwa pada saat pengoperasian alat berat, terdapat beberapa hal penting harus diperhatikan. Salah satunya yaitu dengan memastikan bahwa para operator tersebut harus memenuhi berbagai macam kualifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana belum mengerti apa saja kualifikasi seseorang sebagai operator alat-alat berat tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu operator alat berat mulai dari pengertian, kemampuan dan tugas, pedoman dasar, kriteria hingga kisaran gajinya.

Apa Itu Operator Alat Berat ?

Pengertian Operator Alat Berat

Sebelum membahas mengenai kriteria utama kelayakan seseorang menjadi operator alat berat, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa itu pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, operator alat berat merupakan seseorang dengan keterampilan dan keahlian khusus dalam menjalankan maupun mengoperasikan alat-alat berat.

Dimana pada saat seseorang ingin bekerja menjadi seorang operator alat-alat berat, maka tentunya mereka tidak hanya harus mempunyai keahlian khusus dalam menjalankannya saja, melainkan mengoperasikan semua fitur di dalamnya. Selain itu, seorang operator alat-alat berat juga harus memenuhi sejumlah kualifikasi berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Kemampuan dan Tugas Operator Alat Berat

Setelah mengetahui apa itu operator berat, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja kemampuan dan tugasnya di lapangan. Perlu diketahui, saat ini penggunaan alat-alat berat sudah semakin banyak untuk berbagai macam kebutuhan, entah itu di bidang industri maupun jasa.

Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan kecelakaan yang nantinya bisa mengakibatkan kerugian harta ataupun jiwa. Maka dari itu, penting untuk melakukan berbagai macam tindakan pencegahan supaya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut tidak terjadi, termasuk kepada pemilik sewa alat berat.

Saat ini seseorang yang berkeinginan menjadi operator alat-alat berat wajib memahami apa saja kemampuan dan tugasnya. Untuk memahami kedua hal mengenai kemampuan serta tugas operator alat berat, sebaiknya perhatikan baik-baik penjelasannya di bawah ini.

1. Kemampuan

  • Mampu mengemudikan alat berat dengan baik (dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi klasifikasi B II).
  • Operator harus mempunyai lisensi atau sertifikasi SIO (Surat Izin Operasi).
  • Operator harus memiliki kemampuan dasar berupa teknis analitik serta diagnostik di bidang elektronik, terutama pada mesin alat-alat berat.
  • Mempunyai kemampuan dalam mengikuti dan memahami arahan serta mampu bekerja sama dengan baik di lapangan.
  • Memahami seperti apa area tempat kerjanya, khususnya berkaitan dengan apa saja risiko dan bahaya yang dapat terjadi kapan saja.

2. Tugas

  • Sebelum mulai mengoperasikan, operator perlu mengecek terlebih dahulu alat beratnya sesuai standar dan aturan yang berlaku.
  • Ketika operator mendeteksi adanya sebuah permasalahan pada alat-alat berat, maka mereka harus segera melaporkan permasalahan tersebut ke pengawas lapangan ataupun penanggung jawabnya.
  • Operator harus mampu mengambil keputusan aman serta produktif dalam berbagai macam situasi.
  • Operator harus bisa menempatkan alat berat ataupun perlengkapannya sesuai peraturan berlaku.
  • Operator harus melakukan pemeriksaan serta perawatan secara berkala sesuai jadwal.
  • Operator harus selalu menjaga kebersihan alat-alat berat beserta kelengkapan peralatannya.

Pedoman Dasar Operator Alat Berat

Selain harus mengetahui apa itu operator alat berat serta apa saja tugas dan kemampuannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja pedoman dasar dalam menjalani profesi tersebut. Dimana pedoman dasar ini bisa dijadikan sebagai acuan supaya kalian bisa menjadi seorang operator handal dan profesional.

Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai pedoman dasar operator alat-alat berat, mulai dari ketahanan fisik, mental hingga teknik operasionalnya.

1. Ketahanan Mental

  • Mempunyai sikap berani dan percaya diri dalam menghadapi sesuatu, termasuk dalam mengemudikan serta mengoperasikan alat berat.
  • Harus selalu terus belajar supaya kemampuan dan pengalamannya menjadi seorang operator semakin meningkat.
  • Jangan pernah merasa lebih pintar atau lebih pandai dari orang lain.

2. Ketahanan Fisik

  • Mampu menerapkan pola makan sehat seperti memakan makanan bergizi tepat waktu.
  • Hindari mengonsumsi makanan, minuman ataupun penggunaan bahan-bahan yang bisa merugikan kesehatan.
  • Meluangkan waktu untuk beristirahat.

3. Teknik Operasional

  • Safety is the first.
    • Keselamatan merupakan prioritas utama bagi seorang operator.
  • Team Work.
    • Kerja sama tim adalah salah satu faktor penting dalam kesuksesan kerja.
  • Fokus pada hasil kerja.
    • Hasil kerja harus bisa lebih diutamakan ketimbang formalitas.

Kriteria Kelayakan Operator Alat Berat

Kriteria Kelayakan Operator Alat Berat

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, untuk menjadi seorang operator alat berat, kalian perlu memenuhi sejumlah kriteria ataupun persyaratan khusus. Dengan mengetahui kriteria kelayakan operator ini bisa kalian manfaatkan untuk menyiapkan segala sesuatu dari awal. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa kriteria kelayakan operator alat-alat berat.

  • Mempunyai pendidikan yang cukup tinggi sesuai dengan peraturan perusahaan.
  • Mempunyai lisensi K3 atau surat izin operasi alat berat.
  • Mampu bekerja sama dalam tim serta memiliki kemampuan bekerja sama cukup baik.
  • Mempunyai pengalaman sesuai kebutuhan dari pihak perusahaan.
  • Mengenal dengan baik jenis alat-alat berat.
  • Mampu mengidentifikasi masalah atau kerusakan pada alat berat.
  • Mampu bekerja dengan baik dan tidak terlalu mementingkan kecepatan, namun keefisienan dalam pekerjaan.
  • Bersedia untuk mendapatkan alokasi khusus dari perusahaan.
  • Jujur terhadap pekerjaan dan komunikatif.

Gaji Operator Alat Berat

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu operator alat berat, tugas dan kemampuan, pedoman dasar hingga kriteria kelayakannya. Nah, mungkin banyak orang di luar sana yang bertanya-tanya mengenai bagaimana perhitungan gaji operator alat-alat berat serta berapa besaran nominalnya.

Sebagai informasi tambahan, standar kerja seminggu untuk para operator yaitu 40 jam, dalam artian 8 jam sehari, 5 hari seminggu. Meskipun demikian, terdapat beberapa jenis pekerjaan konstruksi yang mengharuskan para seorang operator bekerja lebih dari jam kerjanya alias lembur.

Di Indonesia sendiri, saat ini besaran gaji operator alat berat berada di kisaran Rp 5.000.000 sampai Rp 15.000.000, tergantung pada jenis alat berat yang dioperasikannya. Perlu diingat, besaran gaji tersebut biasanya belum mencakup beberapa tunjangan dan uang lembur apabila seorang operator mendapatkannya.

Tips Menjadi Operator Alat Berat

Apabila diantara kalian ada yang ingin menjadi operator alat berat, sebaiknya mulailah konstruksi kecil guna mendapatkan pengalaman ataupun mendaftar magang sambil bekerja. Selain itu, kalian juga pastinya akan melalui beberapa langkah ketik hendak menjadi operator, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Masuk dan selesaikan pelatihan alat berat.
  • Mendapatkan lisensi atau sertifikasi.
  • Mendapatkan SIM komersial.
  • Perbarui resume serta perbanyak portofolio kerja.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar apa itu operator alat berat mulai dari definisi, kemampuan, tanggung jawab, tugas, pedoman dasar, kriteria hingga kisaran gajinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika kalian berencana menjadi seorang operator alat-alat berat.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *