Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

42 Harga Sewa Alat Berat Semua Jenis 2022 : Per Jam & Per Shift

Harga Sewa Alat Berat

Harga Sewa Alat Berat – Sebagaimana diketahui, alat berat menjadi salah satu perlengkapan vital di dalam proses sebuah konstruksi pembangunan. Terlebih lagi jika proyek pembangunannya dilakukan dalam skala besar dan membutuhkan kecepatan waktu pengerjaannya, maka alat berat menjadi komponen penting untuk diperhatikan.

Namun sayangnya, tidak semua perusahaan ataupun penyedia jasa kontraktor besar mempunyai aset alat berat yang memadai. Meskipun demikian, pada dasarnya permasalahan tersebut akan membuat proyek pembangunan terhambat. Sebab, saat ini sudah tersedia cukup banyak perusahaan yang menyediakan sewa atau rental alat berat.

Berbicara mengenai penyewaan alat berat sebagai penunjang pengerjaan proyek pembangunan, tentunya terdapat sebuah ketentuan mengenai harga atau tarif yang perlu dipertimbangkan. Dimana besaran harga penyewaan peralatan tersebut biasanya tergantung pada jenis dan tipe alat berat itu sendiri.

Nah, jika diantara kalian ingin menyewa alat berat untuk kebutuhan konstruksi proyek dalam skala besar, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai besaran harga sewa alat berat untuk semua jenis, entah itu per jam maupun per shift.

Jenis-Jenis Alat Berat

Seperti dijelaskan sebelumnya, besaran harga sewa alat berat nantinya dipengaruhi oleh jenis serta tipe peralatannya sendiri. Selain itu, banyaknya ham kontrak penyewaan atau perentalan alat berat juga nantinya bisa mempengaruhi besaran harganya.

perkakas

Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai harga sewa alat berat berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis-jenisnya. Adapun beberapa jenis alat berat yang kerap dibutuhkan di dalam dunia konstruksi bangunan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Excavator

Excavator

Alat berat jenis pertama yaitu excavator. Excavator biasanya digunakan untuk menggali tanah dalam jumlah besar. Di samping itu, excavator juga sering dimanfaatkan untuk memindahkan material ke dalam truck hingga mengangkut beban. Bahkan excavator juga sering dimanfaatkan oleh para pekerja borongan untuk pembongkaran dinding bangunan.

2. Bulldozer

Bulldozer

Hampir sama seperti excavator, alat berat ini juga digunakan untuk mengolah tanah. Hanya saja bulldozer digunakan untuk mendorong material tanah hasil galian, entah itu ke depan maupun ke samping. Alat berat jenis ini juga sering dimanfaatkan untuk membuat timbunan material.

3. Motor Grader

Motor Grader

Jenis alat berat selanjutnya yaitu motor grader. Motor grader berguna untuk meratakan pembukaan tanah secara mekanis dalam pengerjaan seperti penggusuran tanah, mencampurkan dan menghamparkan material di lapangan, pembuatan saluran hingga pemotongan pembentukan tanah. Biasanya harga sewa alat berat motor grader dihitung berdasarkan jam.

4. Dump Truck

Dump Truck

Mungkin dump truck sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Dump truck merupakan sebuah kendaraan berbasis truck yang memiliki kapasitas lebih besar. Tentunya fungsi alat berat jenis ini yaitu digunakan untuk mengangkut material dari satu tempat ke tempat lainnya dengan jarak lebih jauh.

5. Wheel Loader dan Track Loader

Wheel Loader dan Track Loader

Perlu diketahui, wheel loader dan track loader sebenarnya memiliki fungsi hampir sama seperti dozer, yakni memindahkan material dari satu alat ke alat lainnya dalam jarak dekat. Perbedaan antara wheel loader dan track loader yaitu ada pada rodanya. Wheel loader menggunakan roda karet, sementara track loader menggunakan kaki kelabang atau crawler.

6. Crane

Crane

Crane menjadi salah satu jenis alat berat penting selanjutnya di dalam dunia konstruksi bangunan, khususnya dalam proyek skala besar. Pasalnya, crane digunakan oleh sejumlah kontraktor untuk mengangkat dan memindahkan material secara vertikal ke atas bangunan tingkat tinggi. Umumnya harga sewa alat berat crane di hitung berdasarkan jam ataupun shift.

7. Roller

Alat Berat Roller

Roller ialah sebuah alat berat yang berfungsi untuk memadatkan permukaan, seperti saat memadatkan bebatuan di jalan raya. Alat berat jenis ini juga dapat dibedakan kembali menjadi beberapa jenis, mulai dari tamping roller, 3-wheel roller, tandem roller serta vibration roller.

8. Asphalt Finisher

Alat Berat Asphalt Finisher

Sesuai namanya, asphalt fisinher digunakan untuk menghamparkan campuran aspal dari alat produksinya. Namun sayangnya, alat berat ini memiliki kekurangan terkait perputaran roda kelabang manuver lebih lama. Biasanya asphalt finisher lebih sering digunakan oleh kontraktor saat membangun jalan raya.

9. Scraper

Alat Berat Scraper

Scraper menjadi salah satu alat berat dengan fungsi memotong lereng tanggul maupun lereng bendungan, menggali tanah di antara bangunan beton hingga meratakan jalan raya. Jadi, penggunaan scrapper umumnya berdampingan dengan asphalt finisher.

10. Forklift

Alat Berat Forklift

Forklift yaitu sebuah alat berat untuk mengangkut barang-barang berukuran cukup besar dengan mudah serta aman. Agar bisa berjalan, forklift tentunya membutuhkan seseorang sebagai operatornya. Tidak hanya di dalam dunia konstruksi bangunan saja, namun forklift juga sering digunakan di beberapa pabrik seperti pabrik kayu, pabrik semen dan lain sebagainya.

11. Concrete Batching Plant

Alat berat jenis terakhir yaitu concrete batching plant. Dimana alat ini berguna untuk mencampur ataupun menghasilkan adonan beton dalam jumlah besar. Melalui alat ini, beton yang dihasilkan akan tetap terjaga kualitas serta mutunya dengan baik sesuai standar.

Harga Sewa Alat Berat Per Jam & Per Shift

Setelah mengetahui beberapa jenis alat berat di dalam dunia konstruksi bangunan, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga sewa atau perentalannya. Sebagai informasi tambahan, biasanya besaran harga sewa alat berat dapat berbeda di sejumlah daerah.

Adanya perbedaan besaran tarif atau harga sewa tersebut biasanya disebabkan karena sejumlah faktor, mulai dari merk peralatan, lama penyewaan, kondisi bidang pekerjaan dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah daftar harga sewa alat berat untuk semua merk, baik itu per jam maupun per shift.

Jenis Alat BeratMerkHarga Sewa / Jam
Excavator Mini PC 40Semua MerkRp 320.000
Excavator Mini PC 50Semua MerkRp 320.000
Excavator Mini PC 75Semua MerkRp 320.000
Excavator PC 100Semua MerkRp 320.000
Excavator PC 200Semua MerkRp 370.000
Bulldozer D20-3KomatsuRp 300.000
Bulldozer D31EKomatsuRp 300.000
Bulldozer D65PKomatsuRp 350.000
Bulldozer D85KomatsuRp 350.000
Motor Grader 125 HPCAT 120HRp 300.000
Motor Grader 135 HPKomatsu GD511Rp 350.000
Motor Grader 180 HPKomatsu GD655Rp 400.000
Wheel Loader 0.8M3Komatsu WA-70Rp 320.000
Wheel Loader 1.2M3Komatsu WA-100Rp 350.000
Wheel Loader 1.2M3Komatsu WA-120Rp 370.000
Wheel Loader 1.5M3Komatsu WA-150Rp 370.000
Wheel Loader 1.8M3Komatsu WA-180Rp 400.000
Wheel Loader 2.0M3Komatsu WA-200Rp 400.000
Wheel Loader 3.0M3Komatsu WA-300Rp 450.000
Wheel Loader 3.2M3Komatsu WA-320Rp 450.000
Crane 30-35 tonRp 500.000
Crawler Crane 10 -15 tonRp 4.000.000 (Per 8 jam)
Roughter Crane 10 tonRp 5.700.000 (Per shift)
ScraperRp 350.000
ForkliftSemua MerkRp 370.000
CompactorSemua MerkRp 350.000
StoomSemua MerkRp 350.000
WalesSemua MerkRp 350.000
Dozel ShovelSemua MerkRp 350.000

Harga sewa alat berat di atas dapat berbeda di sejumlah daerah tergantung kebijakan masing-masing perusahaan penyedianya. Selain itu, biasanya masing-masing perusahaan juga memiliki ketentuan mengenai perhitungan minimal jam penyewaan masing-masing alat berat. Umumnya mereka mematok minimal penyewaan alat berat sekitar 50 jam.

Tips Sewa Alat Berat

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga sewa alat berat untuk semua jenis, baik itu per jam maupun per shift. Nah, berikut juga akan kami berikan beberapa tips menyewa alat berat supaya nantinya kalian tidak mengalami kerugian.

  • Kenali kebutuhan alat berat.
  • Pahami ukuran serta kemampuan alat berat.
  • Pahami kebutuhan perlengkapan alat berat.
  • Tentukan durasi proyek pembangunannya.
  • Hitung biaya di muka beserta biaya tambahannya.
  • Cermati proses pengambilan serta pengantaran alat berat.
  • Pahami kebijakan asuransi dan perlindungan alat berat.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran harga rental atau penyewaan alat-alat berat bisa saja berbeda di sejumlah wilayah. Adanya perbedaan besaran harga sewa tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor seperti merk, lama waktu penyewaan, kondisi lapangan dan lain sebagainya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga sewa alat berat semua jenis dan merek, baik itu per jam, per hari, per bulan maupun per shift. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menyewa beberapa alat berat untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.