Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Sewa Molen Per Hari di Semua Daerah 2023

Harga Sewa Molen Per Hari

Harga Sewa Molen Per Hari – Pada saat membangun sebuah konstruksi bangunan maupun jalan, tentunya pengerjaan pengecoran menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pekerjaan cor beton ini membutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal.

Di Indonesia sendiri sebenarnya kini sudah tersedia beberapa jenis cor beton, yaitu cor manual serta cor instan (ready mix). Dimana kedua jenis cor beton tersebut tentunya mempunyai karakteristiknya masing-masing yang nantinya akan memberikan sejumlah kelebihan beserta kekurangan ketika digunakan.

Mungkin cor manual masih sering digunakan oleh beberapa orang ketika sedang mengerjakan sebuah proyek bangunan dalam skala kecil. Nah, untuk membuat cor manual sendiri tentunya membutuhkan adanya sebuah peralatan bantuan supaya proses pengerjaan menjadi lebih mudah, salah satunya yaitu mesin molen.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin menggunakan mesin molen untuk kebutuhan konstruksi bangunan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu harga sewanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai daftar harga sewa molen per hari di seluruh daerah di Indonesia.

Fungsi Mesin Molen

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga sewa molen per hari lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga fungsinya. Secara garis besarnya, mesin molen beton merupakan sebuah alat yang biasanya kalian temukan di tempat konstruksi pembangunan sebuah rumah maupun drainase.

Dimana mesin tersebut berfungsi sebagai alat pengaduk atau pencampur antar pasir dan semen supaya menjadi lebih rata serta mempercepat proses pengadukannya. Adapun mesin molen sendiri terbuat dari bahan besi cor yang dibantu menggunakan gerak dari tenaga diesel, sehingga proses pengadukan material menjadi lebih cepat dan merata.

Apabila dilihat dari segi kecepatannya untuk produksi, maka mesin molen akan sangat membantu pekerja apabila dibandingkan dengan tenaga manusia. Bahkan mesin molen juga sebenarnya mempunyai keunggulan dari segi harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan cor ready mix dalam truk molen.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Molen

Ketika hendak memutuskan untuk mencari tahu tentang besaran harga sewa molen per hari untuk kebutuhan konstruksi bangunan, tentunya kalian juga harus memahami bagaimana karakteristiknya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, karakteristik mesin molen nantinya akan memberikan sejumlah keunggulan dan kelemahan terhadap penggunaannya.

Secara garis besarnya, cor manual yang menggunakan mesin molen terbilang sangat efisien apabila dimanfaatkan pada proyek konstruksi bangunan dalam skala kecil. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan molen dalam pekerjaan cor beton.

Kelebihan

  • Tidak membutuhkan lahan luas untuk mengaduk coran.
  • Dapat digunakan dimana saja, meskipun akses jalan sempit.
  • Lebih menghemat anggaran biaya apabila digunakan pada proyek kecil.
  • Tidak perlu repot siaga tukang, karena proses cor sesuai takaran serta kemampuan pekerja.

Kekurangan

  • Proses pengerjaannya lebih lama, karena akan menyita waktu.
  • Lebih ribet.
  • Banyak biaya apabila digunakan pada pekerjaan cor skala besar.
  • Campuran adukannya kurang merata apabila dibandingkan dengan cor instan.
  • Mutu beton kurang merata karena proses takaran material dilakukan secara manual.

Harga Sewa Molen Per Hari

Daftar Harga Sewa Molen Per Hari

Setelah memahami beberapa fungsi hingga kelebihan beserta kekurangan mesin molen, maka selanjutnya kalian tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai besaran harga sewanya. Seperti halnya harga sewa pompa beton, besaran tarif sewa molen per hari sebenarnya bisa berbeda di sejumlah wilayah di Indonesia.

Adanya perbedaan harga sewa tersebut tentunya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal maupun faktor. Meskipun demikian, selisih perbedaan harga sewa molen tersebut sebenarnya tidak akan terlalu jauh antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Di Indonesia sendiri, untuk saat ini besaran harga sewa molen per hari berada di kisaran Rp 250.000 sampai Rp 300.000. Dimana besaran harga sewa molen per hari tersebut hanya mencakup tarif penyewaannya saja, belum mencakup komponen lain seperti pembelian bahan bakar dan kebutuhan lainnya.

Selain menentukan harga sewa molen per hari, pemilik mesin atau alat tersebut juga seringkali menentukan tarif sewa dengan hitungan paket mingguan sampai bulanan. Adapun besaran harga sewa molen paket mingguan sendiri berada di angka Rp 900.000, sementara paket bulanan sekitar Rp 2.000.000.

Perlu diingat, rata-rata penyedia jasa sewa molen per hari di atas memiliki ketentuan seperti alat diambil dan dikembalikan oleh penyewa, tidak termasuk bahan bakar serta tarif paket berlaku dengan pembayaran lunas di awal transaksi sewa. Dengan kata lain, dengan harga di atas kalian hanya akan mendapatkan penyewaan mesin molen saja.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga sewa mesin molen per hari di semua daerah di Indonesia dilengkapi dengan fungsi hingga kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menyewa mesin molen untuk memenuhi kebutuhan pengerjaan pengecoran konstruksi sebuah bangunan.

Sumber gambar : shopee.co.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *