Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Tenaga Cor Dak Per M2

Harga Borongan Tenaga Cor Dak Per M2

Harga Borongan Tenaga Cor Dak Per M2 – Dalam mendirikan sebuah bangunan terkhusus untuk cor dak lantai beton, hal yang paling utama untuk kalian perhatikan adalah RAB (Rencana Anggaran Biaya). RAB ini berguna untuk memperkirakan jumlah pengeluaran anggaran biaya yang harus kalian persiapkan sebelum membangun sebuah hunian.

Pekerjaan dak beton dapat digunakan sebagai pengecoran bangunan bertingkat seperti rumah, sekolahan, perkantoran, masjid dan sejenisnya. Selain itu, cor dak juga saat ini banyak diterapkan untuk pengerjaan cor jalan, dinding bangunan dan kolam renang.

Meskipun begitu, cor dak tetap identik dengan konstruksi bangunan baik itu rumah atau gedung yang lebih dari satu lantai. Bagi kalian yang memiliki rumah lebih dari satu atau dua lantai pasti menggunakan struktur konstruksi cor dak ini.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa jenis cor dak beserta harga borongan tenaganya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak pembahasan harga borongan tenaga cor dak per m2 berikut ini.

Daftar Harga Borongan Tenaga Cor Dak Per M2

Dalam mengerjakan suatu proyek, ongkos tenaga pekerja merupakan hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Baik itu tukang utama, tukang pembuat dak ataupun kenek dalam proses pengecoran. Biasanya para pekerja ini dapat kalian pilih dan gunakan dengan sistem borongan yang dibayarkan sesuai dengan kesepakatan dari pemilik dan juga pemborong atau kontraktor bangunan.

Jenis-Jenis Cor Dak

Jenis Cor Dak Per M2

Sebelum membahas harga borongan tenaga cor dak per m2 lebih lanjut, sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis cor dak yang biasa digunakan dalam konstruksi sebuah bangunan, di antranya yaitu seperti berikut ini.

1. Cor Dak Konvensional

Jenis yang pertama yaitu beton cair yang terdiri dari gabungan antara beberapa material alam seperti semen, PASIR, split, air, additive yang diperkuat dengan tulangan besi. Kelabihan dari cor dak konvensional ini adalah mudah dibentuk sesuai dengan keperluan konstruksi.

2. Cor Dak Ready Mix

Cor dak jenis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pengecoran dak rumah hunian ataupun ruko bertingkat. Selain itu, cor dak ready mix juga dapat digunakan untuk bangunan struktural seperti jalan gang perumahan, pedesaan dan lain sebagainya.

3. Cor Dak Keramik

Cor dak keramik ini dinilai lebih ekonomis debandingkan dengan dak beton yang dibentuk dari pasir, batu pecah dan semen kemudian diberi tulangan baja. Apabila kalian menggunakan cor dak jenis ini, maka kalian bisa menghemat pemakaian beton hingga 60%.

Mutu Beton untuk Cor Dak Rumah

Mutu Beton untuk Cor Dak Rumah

Setelah mengetahui jenis-jenis cor dak, kalian juga harus mengerti tentang mutu-mutu beton yang dipakai untuk kebutuhan pengecoran dak lantai. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

1. Mutu K225

Beton dengan mutu K225 ini merupakan jenis beton yang paling banyak dan umum digunakan dalam pembangunan gedung atau rumah bertingkat. Mutu K225 ini memiliki tekanan kualitas sebesar 225 kg/cm2.

2. Mutu K250

Jenis beton ini memiliki karakter yang tidak cepat keras atau kering sehingga banyak digunakan untuk membangun hunian. Dengan menggunakan beton K250, maka rumah dapat bertahan lama dan kokoh.

3. Mutu K300

Mutu K300 inilah yang paling banyak digunakan untuk membuat cor dak beton bangunan. Beton jenis ini memiliki kekuatan daya tekan mencapai 300 kg/cm2.

Harga Borongan Tenaga Cor Dak Per M2 Terbaru

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa harga borongan tenaga cor dak dengan mutu yang berbeda-beda. Simak tabel daftar harganya di bawah ini.

NOMUTU (HARGA)SATUANONGKOS TUKANG & KENEKBIAYA BEKISTING & BESITOTAL BIAYA
1Cor Dak K225 (Rp 80.000)m2Rp 250.000Rp 417.500Rp 747.500
2Cor Dak K250 (Rp 82.000)m2Rp 250.000Rp 417.500Rp 749.500
3Cor Dak K275 (Rp 84.000)m2Rp 250.000Rp 417.500Rp 751.500
4Cor Dak K300 (Rp 86.000)m2Rp 250.000Rp 417.500Rp 753.500

Cara Menghemat Tenaga dan Waktu Pengecoran Dak Rumah

Cara Menghemat Tenaga dan Waktu Pengecoran Dak Rumah

Dalam suatu pembangunan tentunya diharapkan pengerjaan yang efektif dan efisien, termasuk proses pengecoran. Seiring dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini para pekerja dimudahkan untuk membangun konstruksi cor dak beton dalam waktu yang sedikit lebih cepat, yaitu dengan menggunakan pompa beton.

Alat ini berguna untuk memompa dak beton ready mix ke lokasi pengecoran sehingga sangat menguntungkan terutama jika lokasi pengecoran tinggi atau sulit dijangkau. Selain itu pompa beton dapat dikendalikan dari jauh sehingga memudahkan dalam proses pengecoran.

Keunggulan dan Kelemahan Cor Dak

Keunggulan dan Kelemahan Cor Dak

Setelah mengetahui harga borongan tenaga cor dak per m2, kalian juga harus mengerti tentang kelebihan serta kekurangan material ini. Di bawah ini adalah beberapa keunggulan dan kelemahan cor dak yang harus kalian pertimbangkan, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Keunggulan

  • Harganya terjangkau
  • Bisa dijadikan panel lantai mezzanine
  • Tahan lama dan kuat
  • Mudah untuk dibersihkan

2. Kelemahan

  • Proses pengecoran yang cukup lama
  • Sulit untuk dibongkar
  • Rentan terhadap rembesan air atau mudah bocor

Akhir Kata

Perlu kalian ketahui, cor dak beton yang sempurna adalah beton yang dibangun dengan proses pengecoran lama tetapi tetap memberikan hasil akhir yang kokoh dan solid. Dengan begitu cor dak dapat menopang berat sebuah bangunan bertingkat dengan baik.

Saran kami, gunakanlah cor dak dengan kualitas yang sudah tejamin agar hunian kuat dan tahan lama. Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis beserta harga borongan tenaga cor dak per m2 yang dapat Epropertyrack sampaikan.

Harga Borongan Tenaga Cor Dak Per M2

IDR 747500
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.