Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Harga Jasa Gelar Beton Per Meter 2022 : Tenaga & Bahan

Harga Jasa Gelar Beton
Advertisements

Harga Jasa Gelar Beton – Ketika kalian merencanakan sebuah pembuatan sebuah bangunan, tentunya diperlukan adanya perhitungan kebutuhan material dengan matang sejak awal. Dimana perhitungan tersebut nantinya membantu kalian agar terhindar dari kelebihan ataupun pembengkakan anggaran dana saat proses pembangunan berlangsung.

Terlebih lagi jika konstruksi yang ingin dibuat merupakan bangunan bertingkat seperti rumah 2 lantai dan pastinya membutuhkan anggaran biaya lebih besar dibandingkan rumah 1 lantai. Salah satu jenis pekerjaan cukup penting serta membutuhkan perhatian khusus pada bangunan bertingkat yaitu tentang perataan cor dak beton.

Untungnya, saat ini di Indonesia sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pemborong yang menawarkan jasa gelar cor dak beton. Umumnya, para kontraktor atau pemborong tersebut mematok tarif jasa borongan gelar beton dengan hitungan per meter persegi.

Advertisements

Nah, jika kalian berencana menggelar beton menggunakan jasa borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai besaran harga jasa gelar beton per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya.

Apa Itu Gelar Beton?

Sebelum pembahasan utama mengenai harga jasa gelar beton per meter persegi berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Jasa gelar beton ialah jasa pekerjaan meratakan dan menghaluskan permukaan beton ketika sebuah konstruksi atau proyek bangunan melakukan pengecoran.

Salah satu tujuan dari pekerjaan gelar beton pada bangunan bertingkat yaitu supaya hasil akhir pengerjaannya bisa mendapatkan pengecoran yang baik dan sempurna. Ketika hendak melakukan pekerjaan gelar beton, alangkah baiknya lahan serta bekisting sudah dipersiapkan dan sudah selesai minimal sesaat sebelum cor beton segar dituangkan.

Tugas Jasa Gelar Beton

Tugas Jasa Gelar Beton
Advertisements

Perlu diketahui, sebenarnya penggunaan jasa gelar beton sangat direkomendasikan oleh hampir semua kontraktor bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ketidakjelasan pembagian pekerjaan nantinya bisa mengakibatkan kekacauan ketika pengecoran sehingga menyebabkan hasil pekerjaan menjadi tidak sempurna.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tugas utama jasa penyedia jasa gelar beton yaitu meratakan dan menghaluskan permukaan cor dak beton dalam pekerjaan pengecoran. Selain itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa tugas lainnya dari jasa gelar beton di dalam pekerjaan pengecoran.

  • Menyalurkan dan menuang beton.
  • Mendistribusikan serta meratakan beton menggunakan cangkul atapun alat penggaruk.
  • Memotong kelebihan beton kemudian menggaris beton dengan penggaris.
  • Menyediakan sarana penerangan apabila setelah matahari terbenam namun pekerjaan belum selesai.
  • Mempersiapkan tenda untuk pengecoran di area terbuka serta menggelar tenda saat hujan turun.

Harga Jasa Gelar Beton Per Meter

Harga Jasa Gelar Beton Per Meter

Seperti halnya harga borongan cor beton pada umumnya, mungkin besaran harga jasa gelar beton akan berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Dimana beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti luas dan kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pengerjaannya.

Rata-rata para kontraktor atau pemborong penyedia jasa gelar beton mematok tarif pengerjaannya dengan hitungan per meter persegi. Bahkan beberapa kontraktor juga menyediakan jasa tenaga jasa borongan plus bahan materialnya. Akan tetapi, pastinya harga jasa borongannya akan sedikit lebih mahal.

Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan rincian harga jasa gelar beton per meter persegi untuk semua jenis dan ukuran, entah itu borongan tenaga kerja saja ataupun borongan plus bahan materialnya.

Jenis PekerjaanKetebalanHarga Jasa
Gelar BetonRp 25.000
Gelar Beton + Beton Readymix K3008 cmRp 90.000
Gelar Beton + Beton Readymix K30010 cmRp 105.000
Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pemborong.

Cara Menghitung Biaya Gelar Beton

Setelah mengetahui besaran harga jasa gelar beton per meter perseginya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara perhitungan anggaran biaya pengerjaannya. Sebenarnya perhitungan biaya pengerjaan gelar beton hampir sama seperti saat menghitung biaya cor dak bondek.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya nantinya kalian perlu mencari tahu luas bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tata cara menghitung biaya gelar beton menggunakan jasa borongan, entah itu borongan tenaga maupun borongan plus material.

Luas Pekerjaan Beton

Tahap pertama yaitu mencari tahu luas bidang pekerjaan yang akan dilakukan penggelaran cor beton terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan menggelar beton readymix setebal 8 cm pada lantai rumah berukuran 6 meter x 6 meter menggunakan jasa gelar beton, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 6 m.
  • Lebar : 6 m.

Perhitungan :

  • Luas pekerjaan cor beton : Panjang x Lebar.
  • Luas pekerjaan cor beton : 6 m x 6 m = 36 m2.

Ongkos Jasa Gelar Beton

Langkah berikutnya yaitu menghitung ongkos pekerja atau jasa borongan gelar beton readymix setebal 8 cm untuk bidang pekerjaan seluas 36 meter persegi. Caranya yaitu tinggal mengalikan luas bidang pekerjaan dengan harga jasa gelar beton per meter perseginya.

  • Biaya pengerjaan : Luas bidang pekerjaan x Harga jasa per meter persegi.
  • Biaya pengerjaan : 36 m2 x Rp 90.000 = Rp 3.240.000.

Jadi, total kebutuhan anggaran biaya untuk melakukan pekerjaan gelar beton readymix setebal 8 cm pada lantai rumah berukuran 6 m x 6 m menggunakan jasa borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.240.000. Di dalam besaran anggaran biaya tersebut sudah mencakup ongkos atau upah jasa borongan hingga penyediaan bahan materialnya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga jasa gelar beton per meter persegi untuk semua jenis dan ukuran, entah itu jasa borongan tenaga maupun borongan plus bahan materialnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan jasa gelar beton dalam pengerjaan pengecoran.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.