Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Harga Borongan Cor Beton Manual 2022 : Tenaga & Bahan

Harga Borongan Cor Beton Manual

Harga Borongan Cor Beton Manual – Dalam membangun sebuah rumah secara mandiri mulai dari nol, tentunya terdapat berbagai macam faktor penting perlu diperhatikan. Dimana salah satu hal penting tersebut yaitu menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya, entah itu terkait ongkos pekerja hingga pembelian kebutuhan bahan materialnya.

Terlebih lagi jika bangunan yang ingin dibuat membutuhkan konstruksi kokoh untuk landasannya sehingga membutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal, khususnya untuk pekerjaan cor dak lantai. Biasanya pengecoran dak lantai sendiri dibutuhkan untuk bangunan bertingkat seperti rumah, sekolahan, rumah sakit, perkantoran dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pengerjaan cor dak secara manual. Akan tetapi, pastinya setiap pemborong maupun kontraktor tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif jasa layanan cor beton manual untuk setiap jenis, mutu serta ukurannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana menggunakan pekerja borongan ketika hendak mengecor dak lantai secara manual di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan cor beton manual per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Keunggulan dan Kelemahan Cor Beton Manual

Keunggulan dan Kelemahan Cor Beton Manual

Sebelum membahas poin utama mengenai harga borongan cor dak manual per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya. Adapun beberapa keunggulan dan kelemahan cor dak manual sebagai salah satu jenis bahan material bangunan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

perkakas

Keunggulan

  • Tidak terlalu membutuhkan lokasi atau lahan luas ketika proses pembuatannya.
  • Tahapan penakaran material bisa dilakukan dimana saja, walaupun di ruangan sempit sekalipun.
  • Jika digunakan pada proyek skala kecil, maka cor beton manual bisa lebih menghemat anggaran biaya.
  • Karena proses pembuatan cor beton manual sudah sesuai takaran dan kemampuan tukang, maka kalian tidak perlu repot siaga pekerja.

Kelemahan

  • Proses pembuatan cor beton manual lebih memakan waktu.
  • Proses pembuatan lebih merepotkan ketimbang cor ready mix.
  • Jika proyek dalam skala besar, maka akan membutuhkan anggaran biaya lebih besar pula.
  • Biasanya komposisi ataupun takaran bahan material cor dak manual tidak merata.
  • Jenis atau mutu cor dak beton menjadi kurang merata karena proses penakarannya dilakukan secara manual.

Mutu Cor Beton Manual

Setelah mengetahui beberapa keunggulan serta kelemahan cor beton manual, selanjutnya kalian juga harus mengerti bahwa di Indonesia material tersebut dikategorikan menjadi beberapa jenis dan mutu. Dimana mutu beton ialah sebuah informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui kualitas, kekuatan hingga karakteristik cor beton.

Umumnya, di indonesia informasi terkait jenis atau mutu beton dinyatakan dalam bentuk satuan K yang nantinya akan melambangkan tekanan per sentimeter perseginya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa mutu cor beton manual yang kerap dibuat oleh pemborong ataupun kontraktor.

  • Cor beton K225.
  • Cor beton K250.
  • Cor beton K275.
  • Cor beton K300.

Harga Borongan Cor Beton Manual Per Meter

Harga Borongan Cor Beton Manual Per Meter

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan serta mutu cor beton manual, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga borongannya. Seperti diketahui, seperti halnya harga borongan tenaga bangunan pada umumnya, biasanya tarif jasa cor beton manual akan berbeda di sejumlah wilayah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya adanya selisih perbedaan harga borongan tersebut biasanya dipengaruhi oleh sejumlah hal, entah itu faktor internal ataupun eksternal. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan cor beton manual per meter persegi untuk semua jenis dan mutu.

Mutu Cor BetonHarga Borongan
Cor Beton K225Rp 748.000
Cor Beton K250Rp 749.500
Cor Beton K275Rp 751.500
Cor Beton K300Rp 753.500

Di dalam besaran harga borongan cor beton manual di atas, biasanya sudah mencakup beberapa hal seperti ongkos tenaga kerja hingga pembelian bahan materialnya. Jadi, pada intinya di dalam tarif tersebut semua kebutuhan cor dak beton sudah dipenuhi oleh pihak pemborong atau kontraktor.

Cara Menghitung Ongkos Borongan Cor Beton Manual

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga borongan cor beton manual per meter persegi untuk semua jenis dan mutunya. Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui besaran harga borongannya, namun tidak mengetahui bagaimana cara menghitung total kebutuhan anggaran biayanya.

Sebenarnya pada pembahasan sebelumnya sudah pernah kami jelaskan mengenai bagaimana cara menghitung biaya cor dak manual, entah itu menggunakan pekerja harian ataupun borongan. Berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai cara menghitung ongkos borongan cor beton manual.

Pertama-tama, kalian perlu mencari tahu total luas bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Misalkan kalian akan melakukan cor dak beton mutu K225 pada lantai bangunan sepanjang 8 meter dengan lebar 4 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Luas pekerjaan : Panjang x Lebar.
  • Luas pekerjaan : 8 m x 6 m = 48 m2.

Kemudian tahap selanjutnya yaitu menghitung ongkos borongan untuk melakukan pekerjaan cor beton manual mutu K225 seluas 48 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu hanya mengalikan luas pekerjaan dengan harga borongan cor beton manual per meter perseginya.

  • Ongkos borongan : Luas pekerjaan x Harga borongan.
  • Ongkos borongan : 48 m2 x Rp 748.000 = Rp 35.904.000.

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan dana untuk melakukan pekerjaan cor beton manual mutu K225 pada bidang pekerjaan seluas 48 meter persegi yaitu kurang lebih sekitar Rp 35.904.000. Dimana di dalam besaran biaya tersebut sudah mencakup ongkos tenaga kerja borongan hingga pembelian bahan materialnya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan cor beton manual untuk per meter persegi untuk semua jenis, mutu dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan pekerjaan cor dak beton manual menggunakan pekerja borongan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.