Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Biaya Cor Dak Bondek

Cara Menghitung Biaya Cor Dak Bondek

Cara Menghitung Biaya Cor Dak Bondek – Bondek merupakan salah satu material baja ringan yang kerap digunakan sebagai pelapis bagian bawah dari cor dak beton. Material tersebut dirancang untuk mengkonversi ketebalan cor beton sehingga lebih hemat dan efisien.

Bondek juga sering dimanfaatkan sebagai tulangan positif pada beton karena memiliki bentuk bergelombang serta memiliki tonjolan guna mencegah pergeseran beton. Oleh sebab itu, material ini diklaim mampu untuk menggantikan fungsi papan atau triplek terkait pekerjaan cor dak beton.

Jika kalian berencana untuk ngedak rumah menggunakan material bondek, sebaiknya buatlah Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya dengan matang sejak awal. Perhitungan biaya pembangunan ini sangat diperlukan untuk memperkirakan total anggaran dana yang perlu dipersiapkan.

Oleh sebab itu, untuk membantu kalian dalam mengetahui kisaran biaya pembuatan cor dak bondek, kali ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana tata cara menghitungnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara menghitung biaya cor dak bondek di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cor Dak Bondek

Kelebihan dan Kekurangan Cor Dak Bondek

Setiap bahan bangunan pastinya memiliki karakteristik berbeda-beda, termasuk material bondek. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan bondek sebagai bahan cor dak beton.

Kelebihan

  • Hasil pengecoran menjadi lebih rapi.
  • Menjadi elemen kekuatan struktur bangunan karena bondek tidak perlu dilepas.
  • Menghindari keropos beton akibat kebocoran pada pelapis apabila menggunakan triplek.
  • Mampu menghemat volume beton cor hingga 20%.
  • Proses pekerjaan pemasangannya menjadi lebih cepat.
  • Sangat cocok untuk bangunan dengan konstruksi baja.

Kekurangan

  • Proses pemasangannya membutuhkan alat bantu tambahan berupa las listrik pada saat akan menyambungkan antar bondek.
  • Dibutuhkan adanya tenaga berpengalaman pada saat pemasangannya.
  • Bagian tepi plat galvanis bondek harus didudukan di atas plat lantai sehingga tergolong cukup ribet.
  • Akan sulit dipotong apabila salah salam pengukuran kebutuhannya.

Ukuran Standar Cor Dak Bondek

Ukuran Standar Cor Dak Bondek

Sebelum pembahasan mengenai cara menghitung biaya cor dan bondek berlanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu ukuran standarnya. Di pasaran Indonesia sendiri, panjang bondek cukup bervariasi, mulai dari 3 meter, 4 meter, 6 meter bahkan ada yang mencapai 8 meter.

Sedangkan lebar bondek juga cukup beragam, mulai dari 60 cm, 70 cm, 80 cm hingga 1 meter. Selain itu, bahan material cor dak beton tersebut juga tersedia dalam berbagai macam ketebalan, yaitu 0.65 mm, 0.70 mm sampai 0.75 mm.

Cara Menghitung Biaya Cor Dak Bondek

Perlu diketahui, biaya ngedak rumah menggunakan bondek tergantung dari kebutuhan material, spesifikasi hingga luas volume pekerjaan. Sebagai contoh kalian akan ngedak rumah dengan ukuran luas 5 x 11 meter serta ketebalan cor 10 cm menggunakan teknik pengecoran manual, maka cara menghitung kebutuhan biaya cor dak bondek yaitu sebagai berikut.

Kebutuhan Material Bondek

Kebutuhan Material Bondek

Misalkan kalian menggunakan bondek ukuran 1 m x 6 m x 0.75 mm dan wiremesh 5.4 m x 2.1 m untuk ngedak rumah dengan ukuran seluas 5 x 11 meter, maka perhitungan rincian kebutuhan materialnya akan seperti di bawah ini.

  • Bondek : Volume pekerjaan ÷ 6
  • Bondek : (5 x 11) ÷ 6 = 9.1 lembar (10 lembar)
  • Wiremesh : 4 lembar
  • Semen : 40 sak
  • Pasir beton 4 colt
  • Batu split 5 colt

Biaya Cor Dak Bondek

Biaya Cor Dak Bondek

Cara selanjutnya yaitu menghitung harga pembelian bahan material cor dak bondek. Kita asumsikan bahwa HARGA BONDEK saat ini per lembarnya yaitu sekitar Rp 530.000, maka perhitungannya yaitu seperti di bawah ini.

  • Bondek : 10 lembar x Rp 5030.000 = Rp 5.300.000
  • Wiremesh : 4 x Rp 510.000 = Rp 2.060.000
  • Semen : 40 sak x Rp 52.000 = Rp 2.080.000
  • Pasir beton : 4 colt x Rp 220.000 = Rp 880.000
  • Batu split : 5 colt Rp 260.000 = Rp 1.300.000

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat cor dak bondek seluas 55 meter persegi yaitu sekitar Rp 11.600.000.

Harga Borongan Cor Dak Bondek

Harga Borongan Cor Dak Bondek

Tahap selanjutnya yaitu mencari tahu HARGA BORONGAN COR BETON PER M3. Saran kami sebaiknya carilah jasa pemborong atau kontraktor berpengalaman. Hal tersebut bertujuan agar nantinya konstruksi dapat kuat serta tahan lama. Selain itu, pastikan juga kalian menggunakan bahan material berkualitas meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.

Tips Memilih Bondek

Tips Memilih Bondek

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya cor dak bondek. Ketika hendak membeli bahan kebutuhan cor bondek entah itu di toko bangunan atau material, alangkah baiknya cari produk yang memiliki masa garansi.

Jadi, jika nantinya produk yang sudah dibeli memiliki kecacatan, maka kalian bisa menukarkannya kembali. Jangan lupa untuk mempersiapkan biaya lainnya sekitar 10% dari total biaya pembuatan cor dak untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal diluar perkiraan.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya pembuatan cor dak bondek ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti luas volume pekerjaan, jenis serta merek material. Semakin luas volume pekerjaannya maka akan semakin besar pula biaya pembangunannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung biaya cor dak bondek mulai dari kebutuhan material hingga harga borongannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat cor dak beton menggunakan bondek.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *