Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Bondek

Harga Bondek

Harga Bondek 2020 – Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok setiap manusia yang harus dipenuhi. Rumah dapat menjadi tempat berlindung, beristirahat serta bernaung dari segala macam iklim dan cuaca.

Seiring dengan berjalannya waktu, membangun rumah saat ini merupakan hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Karena dalam membangun rumah tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Bagi kalian yang ingin membuat rumah bertingkat, tentunya penggunaan bondek sangat diperlukan. Material ini memiliki fungsi sebagai pelapis di bawah cor pada lantai beton.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai beberapa jenis bondek beserta harganya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak pembahasan tentang harga bondek berikut ini.

Harga Bondek Terbaru & Terlengkap 2020

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bondek berfungsi sebagai pelapis bawah cor pada lantai beton sebagai pengganti bekisting kayu. Tentunya material ini memiliki daya tahan dan kekuatan yang lebih unggul dibandingkan dengan bekisting kayu atau triplek.

Bentuk bondek sendiri tampak seperti kertas yang memiliki lekukan teratur atau gelombang. Hal itu bertujuan agar bondek dapat menahan beban dari lantai dua di sebuah rumah. Penempatan material ini biasanya di bawah dak cor beton atau di bawah plafon.

Jenis-Jenis Bondek

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis bondek. Berikut ini adalah beberapa jenis bondek yang biasa dijual di pasaran.

1. Bondek Galvalum

Bondek Galvalum

Bondek galvalum adalah jenis bondek yang paling sering digunakan dalam kontruksi bangunan. Bondek jenis ini memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan bondek galvanis. Galvalum memiliki sifat anti karat sehingga membuat bondek jenis ini lebih unggul dibandingkan yang lainnya.

2. Bondek Galvanis

Bondek Galvanis

Bondek galvanis terbuat dari campuran alumunium dan seng. Bondek jenis ini sudah digunakan sejak lama dalam kontruksi bangunan. Namun, daya tahan galvanis sedikit lebih rendah dibandingkan dengan bondek galvalum. Lapisan seng pada material ini melindungi bondek dari perkaratan.

Ukuran Bondek

Bondek menjadi suatu pilihan tepat untuk membangun suatu bangunan yang lebih dari satu lantai. Karena material ini cocok diaplikasikan untuk dak beton. Umumnya bondek memiliki standar ukuran dengan panjang maksimal 8 m, lebar 1 m serta ketebalan dari 0.65 mm, 0.70 mm hingga 0.75 mm. Ukuran tersebut dapat kalian temui pada toko-toko material di daerah kalian.

Harga Bondek Terbaru dan Terlengkap

Setelah kalian mengerti tentang beberapa jenis bondek di atas, kalian juga harus mengetahui harga masing-masing jenis bondek. Simak baik-baik tabel daftar harga bondek di bawah ini.

1. Harga Bondek Per Lembar

Biasanya bondek dijual per lembar di pasaran dengan ketebalan dan harga yang beragam. Perhatikan daftar harga berikut ini.

NOJENIS BONDEKTEBALHARGA
1Bondek Galvalum / Floor Deck0.70 mmRp 105.000
2Bondek Galvalum / Floor Deck0.75 mmRp 112.000
3Bondek Galvanis / Floor Deck0.70 mmRp 100.000
4Bondek Galvanis / Floor Deck0.75 mmRp 110.000
5Bondek / Floor Deck0.65 mmRp 94.000

2. Harga Bondek Per Meter Persegi

Selain dijual per lembar, material ini juga dijual dengan ukuran per meter persegi, diantaranya yaitu sebagai berikut.

NOTEBALLEBARHARGA / M2
10.65 mm1 meterRp 92.000
20.70 mm1 meterRp 104.000
30.75 mm1 meterRp 108.000
41 mm1 meterRP 182.000

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek

Setelah mengerti jenis dan ukuran serta harga material bondek, sekarang kalian pelajari cara menghitung kebutuhan bondek pada kontruksi bangunan. Berikut ini cara dan rumus perhitungannya.

Kebutuhan lembar bondek = Panjang area x Lebar area : 8

Angka 8 adalah ukuran luas maksimal untuk satu lembar bondek.

Hal yang harus kalian ketahui dalam menghitung kebutuhan bondek yaitu luas per lembar material ini. Sedangkan untuk ketebalannya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan aplikasi.

Keunggulan dan Kelemahan Bondek

Penggunaan bondek pada kontruksi bangunan dinilai lebih praktis dan efisien. Selain itu, sebagai material bangunan bondek juga memiliki keunggulan dan kelemahan, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Keunggulan Bondek

  • Akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan rapi
  • Menghemat biaya dibandingkan dengan menggunakan kayu atau lainnya
  • Lebih menyatu dengan beton cor
  • Lebih tahan lama dan anti karat
  • Tahan terhadap panas dan api
  • Lebih aman untuk para pekerja

2. Kelemahan Bondek

  • Sulit untuk dipotong
  • Proses pemasangannya memerlukan tukang atau tenaga khusus
  • Memerlukan tukang las dalam penyambungannya

Akhir Kata

Sebelum membeli material ini, alangkah baiknya kalian menghitung terlebih dahulu jumlah bondek sesuai dengan kebutuhan. Kalian juga bisa mengecat bondek dengan cat khusus agar memberikan kesan menarik serta dapat memberikan perlindungan pada bondek.

Selain itu kalian juga haru mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan material bondek seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Itulah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis, ukuran, keunggulan dan kelebihan serta harga bondek yang dapat Epropertyrack sampaikan.

Harga Bondek

IDR 92000
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *