Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Rumah Panggung

Harga Rumah Panggung

Harga Rumah Panggung – Memiliki rumah yang mewah dan megah memang menjadi impian bagi semua orang, termasuk kita. Namun, mewah pun tidak cukup apabila rumah yang kalian huni terasa tidak nyaman atau bahkan akan terasa membosankan.

Oleh karena itu, saat ini sudah cukup banyak orang yang mendesain dan mengkonsep rumah mereka dengan model yang unik dan menarik. Salah satu rumah unik yang saat ini sedang marak dibangun oleh para pengembang properti yaitu rumah panggung.

Seperti yang sudah kalian ketahui, rumah panggung yang didesain dengan unik tentunya memiliki ketertarikan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan hunian yang unik memang memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan rumah pada umumnya.

Bagi kalian yang sedang memiliki rencana untuk membangun sebuah tempat tinggal, rumah panggung layak untuk kalian pertimbangkan. Nah, di bawah ini akan kami berikan harga rumah panggung dengan dengan berbagai macam desain dan model.

Harga Rumah Panggung dari Sederhana, Minimalis & Modern

Seiring dengan berjalannya waktu, rumah panggung ini diadaptasi ke dalam desain yang minimalis modern dan kekinian. Tentunya harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Daripada kalian penasaran, langsung saja simak penjelasan harga rumah panggung berikut ini.

Definisi Rumah Panggung

Definisi Rumah Panggung

Rumah panggung dapat diartikan sebagai bangunan berkaki dengan dasar bangunan yang diangkat ke atas sehingga tidak menyentuh langsung ke tanah. Jarak antara lantai bangunan dari tanah juga cukup bervarisi, mulai dari 1 meter sampai dengan 2 meter. Keberadaan dari rumah berkonsep panggung tradisional ini merupakan sebuah warisan budaya dan arsitektur dari nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya.

Karakteristik Rumah Panggung

Karakteristik Rumah Panggung

Sebelum membahas harga rumah panggung lebih lanjut, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu karakteristik dari bangunan ini. Berikut ini adalah beberapa karakteristik rumah panggung yang harus kalian ketahui.

1. Berjarak dari Tanah

Selain berguna sebagai tempat untuk berlindung dari banjir, posisi rumah yang ditinggikan dari tanah juga berguna untuk melindungi penghuninya dari serangan hewan liar. Oleh karena itu, konsep rumah yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan terutama pada kawasan yang sering terkena air.

2. Konstruksi Tiang

Sebenarnya rumah konsep panggung ini kebanyakan memiliki tiang yang hanya ditaruh di atas batu kali dan tidak disemen atau ditanam. Meskipun demikian, rumah ini tetap dapat berdiri dengan kuat pada saat diisi oleh puluhan orang.

3. Menggunakan Bahan yang Ringan

Perlu kalian ketahui, rumah panggung ini biasanya dibangun dengan bahan-bahan bangunan yang sifatnya ringan. Bahan-bahan tersebut di antaranya yaitu seperti papan kayu, tiang kayu hingga atap dari jerami. Tentunya bahan yang ringan akan memberikan beban yang lebih ringan pada konstruksi rumah tersebut.

4. Keunikan Perakitan dan Sambungan

Rumah dengan konsep panggung ini umumnya dibangun tanpa menggunakan paku besi. Namun, biasanya orang-orang melakukan penyambungan beberapa kayu menggunakan pasak kayu dan tali. Oleh karena itu, sistem sambungan dan perakitan yang satu ini membuat rumah panggung menjadi lebih mudah untuk dibongkar pasang.

5. Pemanfaatan Kolong Rumah Panggung

Salah satu pemanfaatan pada kolong rumah panggung yaitu sebagai tempat untuk memelihara hewan ternak. Selain itu, tak jarang pula orang yang memanfaatkan kolong rumah ini sebagai tempat kerja atau tempat untuk berinterkasi dengan tetangga.

6. Ramah Lingkungan

Meskipun harga rumah panggung tergolong terjangkau, namun hunian yang satu ini dapat memberikan suasana nyaman dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak tersedia penginapan yang menggunakan konsep rumah panggung karena dinilai lebih sejuk tanpa memerlukan pendingin ruangan.

7. Memiliki Nilai Artistik

Karakteristik terakhir dari hunian yang satu ini yaitu desainnya yang artistik serta hiasan yang memiliki makna simbolis ataupun filosofis. Dengan begitu, rumah konsep panggung yang kalian miliki akan memberikan nilai artistik suatu bangunan.

Harga Rumah Panggung Terbaru

Setelah mengetahui pengertian dan karakteristik rumah panggung, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa kisaran harga terbarunya. Nah, berikut sudah kami rangkum untuk kalian beberapa desain dan harga rumah panggung yang bisa kalian jadikan inspirasi ketika hendak membangun rumah dengan konsep panggung.

1. Rumah Panggung Mini

Rumah Panggung Mini

Rumah panggung mungil ini akan terlihat lebih sederhana dengan struktur dinding yang terbuat dari kayu. Kalian bisa mempercantik bangunan ini dengan menggunakan model PINTU KUPU TARUNG serta sofa klasik di bagian teras. Umumnya untuk membuat rumah ini kalian membutuhkan dana kurang lebih Rp 70.000.000.

2. Rumah Panggung dengan 2 tangga

Rumah Panggung dengan 2 tangga

Tidak jauh berbeda dengan desain rumah di atas, rumah panggung yang satu ini sebagian besar terbuat dari material kayu. Model rumah yang satu ini memiliki dua tangga utama menuju teras yang menghubungkan dengan pintu utama. Kisaran biaya yang harus kalian persiapkan untuk membuat rumah ini yaitu antara Rp 100.000.000 sampai dengan Rp 250.000.000.

3. Rumah Panggung 1 Lantai dengan Tangga di Tengah

Rumah Panggung 1 Lantai dengan Tangga di Tengah

Dinding RUMAH TYPE 36 yang satu ini terbuat dari batangan kayu yang disusun secara horizontal. Kalian bisa membangun rumah ini dengan budget mulai dari Rp 90.000.000.

4. Rumah Panggung Seribu Pintu

Rumah Panggung Seribu Pintu

Disebut dengan rumah 1000 pintu karena rumah ini memiliki cukup banyak pintu kaca. Hal tersebut tentunya berbeda dengan desain rumah model lainnya sehingga menjadi keunikan tersendiri. Bisanya harga rumah panggung model yang satu ini berkisar antara Rp 100.000.000 sampai dengan Rp 150.000.000.

5. Rumah Panggung Kaca

Rumah Panggung Kaca

Rumah panggung minimalis ini sebagian besar bagiannya terbuat daru kayu dan kaca. Untuk membangun rumah ini kalian bisa mempersiapkan anggaran dana mulai dari Rp 100.000.000 sampai dengan Rp 150.000.000.

6. Rumah Panggung dengan Tangga X

Rumah Panggung dengan Tangga X

Rumah panggung dengan bentuk tangga x yang satu ini akan terlihat sangat tinggi dengan tiang-tiang kayu mungil yang menyangganya. Meskipun terlihat mungil, namun tiang pada rumah ini sangat kokoh. Kalian bisa membangun rumah ini dengan harga mulai dari Rp 200.000.000 hingga Rp 250.000.000.

7. Rumah Panggung Pondasi Beton

Pondasi Beton

Rumah panggung ini dindingnya terbuat dari potongan kayu tipis yang disusun secara horizontal. Pondasi bangunan ini juga menggunakan material beton agar lebih kuat dan aman. Perkiraan anggaran yang harus kalian siapkan untuk membangun rumah ini yaitu sebesar Rp 100.000.000.

8. Rumah Panggung Berteras Lebar

Berteras Lebar

Apabila kalian memiliki budget sekitar Rp 90.000.000, mungkin model rumah panggung yang satu ini cocok untuk kalian pilih. Kelebihan dari desain rumah ini yaitu memiliki teras yang sangat lebar sehingga dapat digunakan untuk tempat berkumpul keluarga.

9. Rumah Panggung dengan Dinding Anyaman Bambu

Dengan Dinding Anyaman Bambu

Sebagian besar dinding dari rumah panggung yang satu ini terdiri dari anyaman bambu. Model yang satu ini memiliki bentuk klasik yang sekilas terlihat seperti rumah adat. Untuk harga rumah panggung model yang satu ini juga berada di rata-rata yaitu sekitar Rp 100.000.000.

10. Rumah Panggung Modern

Modern

Rumah panggung satu lantai ini memiliki teras cukup luas yang bisa kalian manfaatkan untuk meletakkan kursi santai. Model dari rumah ini menggunakan konsep desain rumah minimalis modern dengan kisaran harga sebesar Rp 120.000.000.

Akhir Kata

Sebenarnya, masih ada cukup banyak desain rumah panggung yang bisa kalian jadikan inspirasi. Namun apapun pilihan kalian, pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kalian.

Itulah sekiranya yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai kisaran harga rumah panggung lengkap dengan desain dan modelnya. Semoga informasi di atas bermanfaar dan bisa kalian jadikan inspirasi ketika hendak membangun rumah panggung impian.

Harga Rumah Panggung

IDR 70000000
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.7/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.6/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Paving Block

Jihan
3 min read

Harga Kusen Aluminium

Jihan
2 min read

Harga Besi Hollow

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *