Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Rumah Type 45

Harga Borongan Rumah Type 45

Harga Borongan Rumah Type 45 – Memiliki rumah sendiri memang menjadi impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Pasalnya, dengan memiliki rumah pribadi kehidupan rumah tangga akan lebih nyaman dan kalian dapat mengatur urusan rumah tangga dengan lebih baik.

Oleh karena itu, tak sedikit dari mereka yang lebih memilih membangun rumah impian sendiri daripada membeli rumah dengan bentuk jadi. Namun, tentunya dalam membuat hunian memerlukan dana yang tidak sedikit, terutama untuk rumah type 45.

Rumah type 45 adalah salah satu jenis rumah minimalis yang sangat populer dan banyak diminati oleh sebagian kalangan masyarakat di Indonesia. Rumah tipe ini memiliki desain yang menarik serta mempunyai ruangan yang sedikti lebih luas dibandingkan dengan rumah type 36.

Apabila kalian berminat untuk membangun rumah type 45 ini, sebaiknya kalian merencanakan anggaran biaya dengan matang sejak awal. Berikut ini akan kami jelaskan biaya apa saja serta harga borongan rumah type 45 yang harus kalian ketahui.

Daftar Harga Borongan Rumah Type 45

Dalam membangun rumah type 45, kalian harus benar-benar mempersiapkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) dengan matang. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir pembengkakan atau kelebihan dana pada saat proses pembangunan berlangsung.

Apabila kalian ingin menghemat biaya pengeluaran, sebaiknya kalian menggunakan tenaga tukang dengan sistem borongan. Karena sistem borongan dinilai lebih murah dibandingkan dengan sistem harian.

Biaya-Biaya Pembangunan Rumah Type 45

Sebelum membahas harga borongan rumah type 45 lebih lanjut, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu beberapa faktor penting yang terdapat dalam proses pembangunan hunian. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan sebelum melakukan perhitungan anggaran biaya pembangunan rumah type 45.

1. Pemilihan Denah Rumah Type 45

Pemilihan Denah Rumah Type 45

Perhitungan perkiraan biaya pembangunan rumah type 45 ini dapat kalian lakukan dengan menentukan DENAH RUMAH terlebih dahulu. Dari denah rumah inilah kalian dapat menentukan ukuran setiap ruangan, jumlah sekat dinding, jumlah pintu, jendela sampai kualitas material ruangannya.

2. Menentukan Desain Eksterior Rumah Type 45

Menentukan Desain Eksterior Rumah Type 45

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu menentukan desain eksterior sebuah hunian sesuai dengan keinginan. Namun perlu kalian ketahui, semakin banyak sudut, semakin besar pula biaya yang harus kalian keluarkan.

3. Penggunaan Jasa Arsitek

Penggunaan Jasa Arsitek

Jika kalian masih bingung dan belum menemukan desain dan denah rumah yang sesuai dengan keinginan, kalian bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa arsitek profesional. Tentunya dengan menggunakan jasa arsitek ini, kalian juga harus mempersiapkan dana tambahan untuk membayar jasanya.

4. Pemilihan Jasa Tukang

Pemilihan Jasa Tukang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya terkait dengan pemilihan sistem borongan untuk pembangunan rumah, kalian tinggal mencari dan memilih pemborong atau kontraktor. Saran kami, gunakanlah pemborong yang sudah berpengalaman dan dapat dipercaya agar mendapatkan hasil akhir yang memuaskan.

5. Biaya Lain-Lain

Biaya Lainnya

Terakhir, jangan lupakan untuk biaya-biaya sampingan lainnya yang sifatnya tidak terduga ketika membangun rumah. Biaya ini biasanya diperlukan seperti pada saat pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan), biaya pembersihan sampai biaya pindahan. Biasanya besaran untuk biaya ini yaitu sekitar 10% dari total semua pengeluaran yang diperlukan.

Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Type 45

Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Type 45

Besar biaya yang harus kalian keluarkan untuk membangun rumah type 45 ini dapat kalian lakukan dengan cara menghitung berdasarkan luas bangunan serta biaya bahan bangunannya. Berikut sudah kami rangkum untuk kalian beberapa cara perhitungan biaya pembangunan untuk rumah type 45.

1. Perhitungan Berdasarkan Luas Bangunan

Perhitungan berdasarkan luas bangunan ini mungkin akan memeberikan hasil yang berbeda-beda, tergantung dengan lokasi kalian. Harga ini dipengaruhi oleh bahan material yang kalian gunakan sampai dengan ongkos tukang setempat.

Sebagai contoh, standar biaya pembangunan rumah tipe ini di tempat kalian adalah Rp 2 juta, kalian bisa mengalikannya dengan 45 m2 yaitu sekitar Rp 90 juta. Perhitungan ini akan lebih menguntungkan apabila kalian ingin membangun rumah bertingkat.

2. Perhitungan Berdasarkan Biaya Bahan Bangunan

Untuk perhitungan berdasarkan biaya bahan bangunan mungkin akan sedikit lebih rumit, karena kalian harus mencari tahu harga pasaran dari bahan bangunan. Perhitungan ini juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan material bahan bangunannya.

Misalkan, harga semen per 40 kilogram berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 60.000, sedangkan rangka atap baja ringan dipatok mulai dari Rp 120.000 per meter persegi. Jika kalian memperkirakan patokan harga total bahan bangunan sekitar Rp 3 juta per meter persegi, maka kalian harus mempersiapkan dana sebesar Rp 135 juta untuk membangun rumah type 45.

Harga Borongan Rumah Type 45 Terbaru

Setelah kalian mengerti dan paham bagaimana cara menghitung biaya yang diperlukan untuk membangun rumah type 45, selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa harga borongan untuk membangun rumah type 45. Simak baik-baik tabel harga borongan rumah type 45 berikut ini.

URAIAN KEGIATANSATUANHARGA
Pekerjaan Galian Tanahm3Rp 78.000
Pekerjaan Pondasi Batu Belahm3Rp 135.000
Pemasangan Beton Slop 15/20m1Rp 28.500
Pemasangan Kolom 10/10m1Rp 28.500
Pemasangan Beton Ring 10/10m1Rp 28.500
Pemasangan Batu Batam2Rp 33.000
Pekerjaan Pemlesteranm2Rp 28.000
Pekerjaan Pengacianm2Rp 24.500
Pemasangan Keramik Lantaim2Rp 50.000
Pemasangan Keramik Dindingm2Rp 55.000
Pengecatan Dindingm2Rp 20.000
Pemasangan Instalasi Listrikm2Rp 65.000

Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

Dapat dikatakan dalam membangun rumah type 45 ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu jika kalian ingin sedikit menghemat biaya pembangunan, lakukanlah beberapa tips berikut ini.

  • Jangan pernah ragu untuk bekerja sama dengan jasa arsitek
  • Melakukan survei harga bahan material terbaru
  • Membangun rumah secara bertahap
  • Selalu mengikuti perkembangan dan informasi terbaru

Akhir Kata

Tentunya membangun rumah impian dengan harga yang terjangkau menjadi keinginan hampir semua orang. Bahkan beberapa orang menjadi lebih selektif ketika akan membangun rumah terutama dalam pemilihan jasa pembangunan rumah yang akan diajak kerja sama.

Oleh sebab itu, kalian harus benar-benar mempertimbangkan pemilihan jasa pemborong atau kontraktor terbaik untuk rumah yang akan kalian bangun. Demikian penjelasan mengenai biaya-biaya serta harga borongan rumah type 45 versi Epropertyrack.

Harga Borongan Rumah Type 45

IDR 20000
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Galvalum Pasir

Jihan
2 min read

Harga Kaca 10MM

Jihan
2 min read

Harga Talang Air PVC Kotak

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *