Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pasang Plafon Triplek

Biaya Pasang Plafon Triplek

Biaya Pasang Plafon Triplek – Di dalam dunia desain interior, jenis plafon triplek atau playwood menjadi salah satu plafon lama yang masih populer sampai saat ini. Tidak hanya menjadikan langit-langit rumah tampak lebih rapi serta enak dilihat, plafon juga menjadi dekorasi sebuah ruangan untuk melengkapi keindahan interior.

Layaknya jenis plafon lainnya, plafon triplek tentunya memiliki sejumlah kelebihan hingga kekurangan, baik itu dari segi kualitas, keawetan, harga hingga kemudahan pemasangannya. Di sisi lain, plafon triplek juga memiliki segudang manfaat serta fungsi sehingga membuat produk tersebut memiliki banyak peminat.

Berbicara mengenai proses pemasangan plafon triplek, pastinya tidak akan lepas dari biaya atau upah jasa pemasangannya. Umumnya, para pekerja atau tukang pemasangan plafon tersebut mematok harga jasa pemasangan dengan hitungan per meter persegi.

Oleh sebab itu, jika kalian hendak memasang plafon triplek di rumah, alangkah baiknya buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangannya terlebih dahulu. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang plafon triplek untuk semua mulai dari biaya pembelian material hingga ongkos jasa pekerjanya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Seperti dijelaskan di atas, sebagai salah satu bahan material bangunan pastinya plafon triplek memiliki karakteristiknya sendiri. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan plafon triplek.

Kelebihan

  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan plafon jenis lainnya.
  • Memiliki tekstur halus.
  • Proses pemasangannya tergolong mudah sehingga mampu menghemat waktu.
  • Memiliki sifat kuat serta tahan lama.
  • Mudah ditemukan dimana-mana, entah itu di toko bangunan ataupun material.
  • Tidak mudah menyusut ataupun melengkung.
  • Memiliki bobot cenderung ringan.
  • Mudah diperbaiki atau diganti.

Kekurangan

  • Rentan terhadap kerusakan apabila terus terkena air.
  • Tidak tahan terhadap api.
  • Warnanya cepat pudar.
  • Sambungan plafon triplek biasanya akan terlihat.

Ukuran Standar Plafon Triplek

Ukuran Standar Plafon Triplek

Sebelum membahas rincian biaya pasang plafon triplek lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa ukuran standarnya. Umumnya ukuran triplek di pasaran yang kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plafon rumah yaitu 122 cm x 244 cm dengan ketebalan 3 mm, 4 mm hingga 6 mm.

Plafon triplek tersebut biasanya dipasang menggunakan rangka plafon kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm. Oleh karena itu, sebelum memasangnya kalian juga harus mengerti bagaimana CARA MENGHITUNG VOLUME RANGKA PLAFON KAYU.

Biaya Pasang Plafon Triplek

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan hingga ukuran standar plafon kayu, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya pemasangannya. Ketika hendak menghitung biaya pasang plafon triplek, terdapat beberapa elemen penting yang harus diperhatikan.

Beberapa elemen penting tersebut diantaranya yaitu seperti menghitung total volume pekerjaan, harga satuan plafon triplek hingga ongkos jasa pekerja pemasangannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik perhitungan biaya pasang plafon triplek per meter persegi di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu menghitung total volume pekerjaan pemasangan plafon triplek terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang plafon triplek para ruang tamu dengan panjang 6 meter serta lebar 5 meter, maka cara menghitung volume pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 6 meter.
  • Lebar ruangan : 5 meter.
  • Ukuran plafon triplek : 122 cm x 244 cm.

Perhitungan :

  • Luas ruangan : Panjang x lebar.
  • Luas ruangan : 6 m x 5 m = 30 m2.
  • Luas plafon triplek : 122 cm x 244 cm = 29.768 cm2 (2.9768 m2).
  • Kebutuhan plafon triplek : Luas ruangan ÷ Luas plafon triplek.
  • Kebutuhan plafon triplek : 30 m2 ÷ 2.9768 m2 = 10.077 buah.

Jadi, total volume pekerjaan atau luas ruangan yang akan dipasangi plafon triplek yaitu 30 meter persegi dan membutuhkan material kurang lebih sekitar 10.077 buah atau dibulatkan menjadi 11 buah.

Harga Plafon Triplek

Harga Plafon Triplek

Tahap selanjutnya kalian juga harus mencari tahu harga terbaru dari plafon triplek. Misalkan HARGA TRIPLEK ukuran 122 cm x 244 mm dengan ketebalan 4 mm saat ini adalah Rp 100.000, maka total anggaran dana yang perlu dipersiapkan untuk membeli plafon triplek yaitu Rp 100.000 x 11 = Rp 1.100.000.

Upah Pekerja

Upah Pekerja

Hal tidak kalah pentingnya dengan beberapa elemen di atas yaitu upah jasa para pekerja pemasangannya. Saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja dengan sistem borongan atau pemborong. Sebab, HARGA BORONGAN PASANG PLAFON dinilai lebih murah dibandingkan pekerja sistem harian.

Umumnya para pekerja borongan tersebut mematok harga pemasangan plafon triplek kurang lebih sekitar Rp 55.000 per meter persegi. Jadi, untuk ruangan seluas 30 meter persegi kalian perlu mempersiapkan bujet sekitar Rp 55.000 x 30 m2 = Rp 1.650.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya pasang plafon triplek pada ruangan seluas 30 meter persegi yaitu sekitar Rp 1.100.000 + Rp 1.650.000 = Rp 2.750.000. Perlu diingat, biaya tersebut termasuk pembelian bahan material rangka plafon kayunya.

Tips Memilih Plafon Triplek

Tips Memilih Plafon Triplek

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang plafon triplek per meter persegi untuk semua ukurannya. Selanjutnya agar plafon triplek dapat awet dan tahan lama, sebaiknya ikuti beberapa tips memilihnya di bawah ini.

  • Periksa grading triplek dengan melihat bahan baku kayu serta penggunaan jenis lem.
  • Periksa bahwa material triplek lurus, tidak melengkung ataupun bengkok.
  • Perhatikan bagian face dan back triplek.
  • Pastikan setiap pinggiran triplek masih terlem dengan sempurna.
  • Jangan tergiur dengan harga murah.
  • Carilah material triplek bergaransi.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya pemasangan plafon triplek tergantung berdasarkan luas ruangannya. Selain itu, pemilihan bahan materialnya juga akan mempengaruhi total biaya pemasangannya, entah itu dari segi ukuran ataupun harganya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian biaya pasang plafon triplek per meter persegi mulai dari kebutuhan material hingga ongkos jasa para pekerjanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang plafon triplek di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *