Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pasang Pagar Kawat Harmonika

Biaya Pasang Pagar Kawat Harmonika

Biaya Pasang Pagar Kawat Harmonika – Salah satu material bangunan yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pagar rumah yaitu kawat harmonika. Di sisi lain, kawat harmonika juga sering dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk membuat sebuah kandang hewan seperti kandang ayam.

Pemanfaatan kawat harmonika sebagai pagar tersebut tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya material ini memiliki sifat fleksibel sehingga memudahkan proses pemasangannya. Selain itu, HARGA KAWAT HARMONIKA yang cukup ekonomis juga menjadi keunggulan tersendiri.

Di Indonesia sendiri saat ini terdapat dua jenis kawat harmonika, yaitu jenis kawat galvanis serta jenis polivinil klorida (PCV). Sementara untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembelinya, karena sebagian besar pemasok kawat harmonika menjualnya baik itu hitungan per roll ataupun per meter.

Apabila kalian berencana membuat pagar pengaman rumah menggunakan kawat harmonika, ada baiknya hitung terlebih dahulu berapa besar biaya pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai rincian perhitungan biaya pasang pagar kawat harmonika untuk semua jenis.

Kelebihan dan Kekurangan Kawat Harmonika

Kelebihan dan Kekurangan Kawat Harmonika

Seperti diketahui, setiap material bahan bangunan yang dijual di pasaran pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli serta memasangnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari pagar kawat harmonika.

Kelebihan

  • Memiliki sifat tahan lama.
  • Harganya terjangkau.
  • Serbaguna atau multifungsi.
  • Proses pemasangannya sangat mudah.
  • Mudah dipotong dan diubah menjadi berbagai macam bentuk.
  • Mudah didapatkan di pasaran.
  • Aman serta fleksibel.

Kekurangan

  • Proses pemasangan kawat harmonika membutuhkan bingkai siku.
  • Jika tidak dirawat dengan baik, maka kawat harmonika mampu mengalami perkaratan.
  • Kurang enak dipandang jika dilihat dari segi estetika.

Harga Pasang Pagar Kawat Harmonika Per Meter

Harga Pasang Pagar Kawat Harmonika Per Meter

Di dalam perhitungan biaya pasang pagar kawat harmonika, tentunya kalian harus mengetahui harga pemasangan per meter perseginya terlebih dahulu. Dimana analisa harga pemasangan pagar KAWAT HARMONIKA ini di dasarkan pada beberapa komponen, mulai dari material hingga ongkos pekerja.

Biasanya, proses pemasangan pagar kawat harmonika membutuhkan lebih dari 2 orang pekerja, tergantung pada skala pekerjaannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik analisa harga pasang pagar kawat harmonika per meter perseginya di bawah ini.

NoKeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
ABAHAN
Kawat Harmonika0.1434LbrRp 900.000Rp 129.060
Pipa Besi 1″0.5000BtgRp 333.000Rp 166.500
BTENAGA
Pekerja0.0420OHRp 100.000Rp 4.200
Tukang0.0040OHRp 120.000Rp 480
Kepala Tukang0.0020OHRp 120.000Rp 240
Mandor0.0420OHRp 120.000Rp 5.040
CBAHAN + TENAGARp 306.000

Biaya Pasang Kawat Harmonika

Setelah mengetahui analisa harga pasang kawat harmonika per meter perseginya, langkah selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangannya. Secara umum, perhitungan biaya pemasangan kawat harmonika hampir sama seperti saat hendak menghitung HARGA BORONGAN PASANG PAGAR BRC.

Hal ini dikarenakan pemilik rumah sebelumnya perlu mencari tahu terlebih dahulu volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi pagar kawat harmonika. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya pasang pagar kawat harmonika berikut ini.

Volume Pekerjaan Pagar

Volume Pekerjaan Pagar

Langkah pertama yaitu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaan pagar rumah. Sebagai contoh kalian akan membuat pagar kawat harmonika sepanjang 10 meter serta tinggi 3.5 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang pagar : 10 meter.
  • Tinggi pagar : 3.5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pagar : Panjang x Tinggi.
  • Volume pagar : 10 m x 3.5 m = 35 m2.

Biaya Pemasangan Pagar

Biaya Pemasangan Pagar

Tahap berikutnya yaitu menghitung biaya pasang pagar kawat harmonika pada halaman seluas 35 meter persegi. Cara menghitung biaya pemasangannya sendiri sebenarnya sangat gampang, sebab kalian hanya perlu mengalikan harga pemasangan pagar kawat harmonika per meter perseginya dengan luas atau volume pekerjaannya.

  • Biaya pemasangan pagar : Volume pekerjaan x Harga pemasangan per meter.
  • Biaya pemasangan pagar : 35 m2 x Rp 306.000 = Rp 10.710.000.

Jadi, total biaya yang dibutuhkan dalam membuat pagar menggunakan kawat harmonika berukuran 10 m x 3.5 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 10.710.000. Perlu diingat, biaya pemasangan tersebut sudah meliputi biaya pembelian bahan material serta ongkos pekerja bangunan dalam pemasangannya.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran biaya pemasangan pagar kawat harmonika tergantung pada pemilihan bahan material pembuatannya. Selain itu, luas atau volume bidang pekerjaan pagar rumah juga nantinya akan mempengaruhi besaran biaya pemasangannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian perhitungan biaya pasang pagar kawat harmonika untuk semua jenis serta ukurannya. Semoga estimasi perhitungan di atas bisa dijadikan referensi ketika hendak membangun pagar menggunakan material kawat harmonika.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *