Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Pasang Pagar Woodplank 2022 : Tenaga & Material

Biaya Pasang Pagar Woodplank

Biaya Pasang Pagar Woodplank – Sebagaimana diketahui, sampai saat ini kayu masih menjadi salah satu jenis material primadona bagi masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai bahan pembangunan rumah. Pasalnya, tidak hanya membuat penampilan rumah menjadi terkesan alami saja, namun penggunaan kayu juga bisa menciptakan kesan mewah, estetik, hangat serta nyaman.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa memanfaatkan material kayu karena harganya yang cenderung lebih mahal dan membutuhkan adanya perawatan ekstra. Akan tetapi, berkat kemajuan teknologi seperti sekarang ini, terdapat beberapa alternatif material lain bernama woodplank yang dapat dimanfaatkan untuk menggantikan fungsi kayu.

Dimana woodplank sendiri saat ini kerap dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai bahan material pembuatan pagar rumah. Secara garis besar, woodplank merupakan sebuah material papan yang terbuat dari campuran beberapa bahan dasar seperti semen, akan tetapi memiliki tekstur sama seperti kayu alami.

Nah, jika kalian berencana memasang pagar woodplank di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pasang pagar woodplank untuk semua jenis dan ukuran dilengkapi beberapa kelebihan serta kekurangannya.

Apa Itu Woodplank?

Apa Itu Woodplank

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya pasang pagar woodplank lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, woodplank ialah sebuah material dengan finishing menyerupai kayu alami yang terbuat dari bahan campuran semen.

perkakas

Woodplank sendiri tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pagar saja, namun juga seringkali digunakan untuk kebutuhan pembangunan rumah seperti plafon, lisplang hingga partisi. Di samping itu, woodplank juga kerap difungsikan sebagai dekorasi pada bagian interior rumah karena bisa memberikan kesan natural layaknya kayu alami.

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Woodplank

Sebagai salah satu jenis material bahan bangunan, tentunya woodplank memiliki sejumlah keunggulan serta kelemahan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengaplikasikannya sebagai pagar hunian. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan pagar woodplank tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Kelebihan

  • Pagar woodplank tahan lama, tahan jamur dan anti rayap sehingga sangat cocok diaplikasikan di iklim tropis seperti Indonesia.
  • Tidak mudah terbakar atau tahan api sehingga mengurangi risiko menjalarnya api saat terjadi kebakaran.
  • Mampu memberikan kesan estetika tinggi pada sebuah bangunan karena terlihat lebih alami.
  • Pagar woodplank ramah lingkungan karena tidak mengandung asbes.
  • Tidak mengalami pemuaian atau penyusutan sehingga tidak mudah melengkung.
  • Proses pemasangan pagar woodplank relatif mudah, cepat dan praktis, entah itu pada rangka kayu, besi ataupun metal.
  • Tidak terlalu membutuhkan anggaran dana terlalu besar, termasuk dalam biaya pasang pagar woodplank.

Kekurangan

  • Woodplank memiliki bobot cukup berat sehingga desain dan rangka pagar harus dibuat sekuat mungkin.
  • Tidak tahan terhadap benturan serta goresan.
  • Pagar woodplank membutuhkan cat khusus tahan kuasa.
  • Pagar woodplank harus dicat ulang secara berkala.

Analisa Biaya Pasang Pagar Woodplank Per Meter

Perlu diketahui, sebenarnya proses pemasangan pagar woodplank tergolong cukup mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Bahkan, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa pemasangan pagar woodplank untuk beberapa jenis bangunan seperti rumah tinggal hingga perkantoran.

Selain itu, pagar woodplank dapat dibentuk dan di modifikasi sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah. Menariknya lagi, kalian juga dapat menambahkan ukiran pada tepian bawah dari pagar woodplank. Untuk besaran upah jasa pemasangan pagar woodplank sendiri sebenarnya sangat bervariasi, tergantung beberapa faktor.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan harga borongan pemasangan conwood, maka besaran upah jasa pemasangan pagar woodplank sedikit lebih mahal. Umumnya, para pekerja bangunan mematok biaya jasa pasang pagar woodplank yaitu berada di kisaran Rp 600.000 per meter perseginya. Dimana di dalam biaya tersebut biasanya sudah mencakup beberapa spesifikasi seperti berikut ini.

  • Besi hollow galvanis (4×6, 2×4).
  • Variasi woodplank 10 cm.
  • Finishing cat plitur 2 kali pelapisan.

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Woodplank

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Woodplank

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan pagar woodplank hingga analisa biaya pemasangan per meter perseginya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total anggaran biaya pemasangan pagar woodplank untuk spesifikasi ataupun ukuran tertentu.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya perhitungan biaya pasang pagar woodplank tidak akan jauh berbeda seperti halnya saat menghitung biaya pasang pagar besi tempa. Pasalnya, kalian perlu menghitung luas atau volume bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Daripada penasaran, berikut adalah cara menghitung biaya pasang pagar woodplank.

Luas Pagar

Langkah pertama, cari tahu luas bidang pekerjaan pagar woodplank yang akan dipasang terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang pagar woodplank sepanjang 6 meter dan tinggi 2 meter dengan rangka besi hollow galvanis serta finishing cat plitur, maka cara menghitung biaya pemasangannya akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang pagar : 6 m.
  • Tinggi pagar : 2 m.

Perhitungan :

  • Luas Pagar : Panjang x Tinggi.
  • Luas Pagar : 6 m x 2 m = 12 m2.

Biaya Pemasangan

Tahap berikutnya yaitu menghitung biaya pasang pagar woodplank rangka besi hollow galvanis berukuran 6 m x 2 m. Tata cara menghitungnya sendiri yaitu kalian hanya perlu mengalikan biaya pemasangan pagar woodplank per meter persegi dengan luas bidang pekerjaannya.

  • Biaya pemasangan : Biaya pasang pagar per m2 x Luas pagar.
  • Biaya pemasangan : Rp 600.000 x 12 m2 = Rp 7.200.000.

Dari data perhitungan di atas, untuk memasang pagar woodplank berukuran 6 m x 2 m menggunakan rangka besi hollow galvanis dengan finishing cat plitur 2 kali pelapisan yaitu kurang lebih sekitar Rp 7.200.000. Dimana di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup ongkos tenaga kerja hingga pembelian bahan bahan materialnya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya pasang pagar woodplank per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin memasang pagar woodplank di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.