Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Biaya Pemasangan Pagar Kawat Duri 2022 : Bahan & Tenaga

Biaya Pemasangan Pagar Kawat Duri

Biaya Pemasangan Pagar Kawat Duri – Sebagaimana diketahui, berbagai macam upaya akan dilakukan oleh pemilik rumah supaya terhindar dari tindak kejahatan seperti pencurian. Sebagai contoh beberapa orang menggunakan kamera pengawas (CCTV), anjing penjaga hingga memasang pagar kawat duri.

Tentunya ketiga komponen penjaga keamanan hunian tersebut memiliki sejumlah keunggulan serta kelemahannya masing-masing, khususnya pagar kawat duri. Secara umum, pagar kawat duri merupakan sebuah bentangan kawat yang dililit, diikat maupun dianyam sehingga menjadi sebuah ikatan.

Saat ini kebanyakan orang mungkin akan lebih memilih kawat duri sebagai pagar rumah dibandingkan bahan material sejenisnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pagar kawat duri dinilai lebih aman. Menariknya lagi, biaya pembuatan serta pemasangan bahan material tersebut juga tergolong cukup terjangkau.

Namun, masih ada saja sebagian besar orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan ketika ingin menghitung rencana anggaran biaya pemasangan pagar kawat duri. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya pemasangan pagar kawat duri untuk semua jenis dan ukurannya.

Fungsi Pagar Kawat Duri

Fungsi Pagar Kawat Duri

Seperti dijelaskan di atas, pagar kawat duri sebenarnya tidak hanya digunakan untuk hunian pribadi saja. Namun, bahan material tersebut juga kerap ditemukan di berbagai macam bangunan sebagai media pengamanan agar manusia ataupun hewan tidak bisa masuk ke dalamnya.

Nah, sebelum pembahasan utama mengenai biaya pemasangan pagar kawat duri lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sejumlah fungsi atau kegunaan material tersebut di bawah ini.

  • Melindungi gudang.
  • Melindungi pabrik.
  • Melindungi perkantoran.
  • Melindungi area industri.
  • Melindungi area peternakan serta pertanian.
  • Melindungi penjara supaya tahanan tidak dapat kabur.

Analisa Harga Satuan Pemasangan Pagar Kawat Duri

Ketika ingin menghitung biaya pemasangan pagar kawat duri di rumah, tentunya kalian harus mengerti berapa besar harga satuan pembangunan konstruksi tersebut per meternya. Secara umum, pagar kawat duri dibuat dengan tinggi seperti orang dewasa, yaitu kurang lebih sekitar 1.8 meter.

Di dalam proses pemasangan pagar kawat duri, terdapat beberapa hal penting perlu diperhatikan, mulai dari kebutuhan material hingga pekerja bangunannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan contoh analisa harga satuan pemasangan pagar kawat duri dengan tinggi 1.8 meter per meter perseginya.

NoKeteranganSatuanKoefisienHarga SatuanJumlah Harga
AMATERIAL
Dolken kayu Ø 8-10/400 cmBatang1.0000Rp 25.000Rp 25.000
Semen portlandKg2.0000Rp 1.200Rp 2.400
Kawat durim25.0000Rp 6.000Rp 150.000
Pasir betonm30.0050Rp 250.000Rp 1.250
Koral betonm30.0090Rp 250.000Rp 2.250
Paku 2″ – 5″Kg0.0600Rp 15.000Rp 900
JUMLAH HARGA BAHANRp 242.600
BTENAGA
PekerjaOH0.2000Rp 100.000Rp 20.000
Tukang kayuOH0.3000Rp 120.000Rp 36.000
Kepala tukangOH0.0200Rp 120.000Rp 2.400
MandorOH0.0200Rp 120.000Rp 2.400
JUMLAH TENAGA KERJARp 60.800
CJUMLAH (A+B+C)Rp 273.000
DOVERHEAD & PROFIT 10%Rp 27.300
EHARGA SATUAN PEKERJAANRp 300.300

Dari analisa harga satuan di atas, maka total biaya untuk pekerjaan pemasangan kawat duri setinggi 1.8 meter yaitu sekitar Rp 300.300 per meter perseginya.

Biaya Pemasangan Pagar Kawat Duri

Setelah mengetahui analisa harga satuan pekerjaan pemasangan kawat duri, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total kebutuhan biayanya. Sebenarnya cara menghitung biaya pemasangan pagar kawat duri hampir sama seperti saat menghitung biaya pasang pagar kawat harmonika.

Pasalnya, nantinya kalian perlu mencari tahu dan menghitung total panjang atau luas pagar kawat duri yang ingin dibangun. Adapun tata cara perhitungan biaya pemasangan pagar kawat duri tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, silahkan cari total volume bidang pekerjaan pemasangan pagar kawat duri terlebih dahulu. Misalkan kalian akan memasang pagar kawat duri dengan tinggi 1.8 meter sepanjang 100 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang pagar : 100 m.
  • Tinggi pagar : 1.8 m.

Perhitungan :

  • Volume pagar : Panjang x Tinggi.
  • Volume pagar : 100 m x 1.8 m = 180 m2.

Biaya Pemasangan Pagar

Setelah mengetahui total luas bidang pekerjaan pemasangan pagar kawat duri, tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangannya. Jika harga satuan pemasangan pagar kawat duri per meter perseginya saat ini adalah Rp 300.300, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran dana untuk membangun pagar kawat duri sepanjang 100 meter sebesar perhitungan berikut ini.

  • Biaya pemasangan pagar : Volume pagar x Harga satuan per meter persegi.
  • Biaya pemasangan pagar : 180 m2 x Rp 300.300 = Rp 54.054.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk pekerjaan pemasangan kawat duri sepanjang 100 meter dengan tinggi 1.8 meter yaitu kurang lebih sekitar Rp 54.054.000. Di dalam besaran anggaran dana tersebut sudah mencakup pembelian material pagar kawat duri hingga ongkos pekerja bangunannya.

Tips Memasang Pagar Kawat Duri

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya pemasangan pagar kawat duri untuk semua jenis serta ukurannya. Jika ingin lebih menghemat biaya, saran kami sebaiknya buatlah pagar kawat duri di rumah secara mandiri, tanpa membutuhkan tenaga jasa dari tukang bangunan.

Memang benar bahwa pekerjaan pemasangan pagar kawat duri tidak semudah seperti yang dibayangkan, sebab dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelitian. Apabila kalian memutuskan untuk memasang pagar kawat duri secara mandiri di rumah, ada baiknya ikuti beberapa tips pemasangannya di bawah ini.

  • Gunakan alat pelindung diri.
  • Tentukan lokasi pemasangan pagar kawat duri.
  • Ukur pemasangan pagar rumah.
  • Bersihkan area bidang pekerjaan sekitar.
  • Siapkan tiang penyangga pagar.
  • Mulai kaitkan kawat duri ke tiang.
  • Tarik kawat duri dengan kencang supaya terpasang dengan kuat.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini pemasangan pagar kawat duri tidak hanya digunakan pada rumah-rumah pribadi saja, namun juga untuk beberapa gedung komersial lainnya. Hal ini dikarenakan tingkat keamanannya cukup tinggi sekaligus biaya pemasangannya juga tergolong cukup terjangkau.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar perhitungan biaya pemasangan pagar kawat duri entah itu dari segi kebutuhan material maupun ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menghitung biaya pasang pagar kawat duri di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *