Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng : Material & Tenaga

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng
Advertisements

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng – Seperti diketahui, seng gelombang merupakan salah satu jenis bahan bangunan alternatif yang seringkali digunakan untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya seng sendiri mempunyai berbagai macam kelebihan seperti harganya terbilang terjangkau, kuat, bisa dipakai ulang, artistik dan lain sebagainya.

Dimana material ini sering kali digunakan sebagai pagar sementara untuk proyek skala besar maupun kecil seperti gedung bertingkat, infrastruktur jalan raya, pelabuhan dan masih banyak lainnya. Salah satu tujuan didirikannya pagar sementara menggunakan material seng gelombang yaitu supaya keamanannya tetap terjaga sekaligus sebagai upaya pencegahan dari berbagai macam kejadian yang tidak diharapkan.

Akan tetapi, sebelum membangun pagar sementara dari seng tersebut tentunya dibutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal, entah itu dari segi kebutuhan bahan material maupun anggaran biaya pembuatannya. Sebenarnya, langkah-langkah menghitung kebutuhan komponen dalam pembangunan pagar seng tergolong cukup mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Advertisements

Nah, apabila kalian berencana ingin membangun pagar seng untuk kebutuhan tertentu di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara perhitungan anggaran biaya pembuatannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung biaya pasang pagar seng untuk semua jenis dan ukuran.

Tujuan Pasang Pagar Seng

Tujuan Pasang Pagar Seng
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pemasangan pagar seng pada umumnya digunakan sebagai sebagai pengaman sementara pada saat proses pembangunan sebuah proyek sedang berlangsung. Selain itu, pemasangan pagar seng di dalam dunia konstruksi bangunan juga mempunyai beberapa tujuan lainnya.

Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara menghitung biaya pasang pagar seng lebih lanjut, berikut kami berikan sejumlah tujuan pemasangan konstruksi bangunan tersebut.

  • Membatasi area proyek guna menjamin keamanan serta keselamatan karena di area tersebut terdapat cukup banyak risiko bahaya.
  • Mencegah masuknya orang tidak berkepentingan ke area proyek.
  • Mencegah terjadinya pencurian batang atau material di area sekitar proyek.
  • Supaya area sekitar proyek menjadi terlihat lebih rapi.

Komponen Pagar Sementara

Di dalam proses pemasangan pagar seng untuk keamanan proyek sementara, terdapat beberapa komponen penting yang termasuk di dalamnya. Secara garis besarnya, proses pasang pagar seng terdiri dari 4 komponen penting. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap masing-masing komponen di dalam pemasangan pagar seng.

  • Bahan Penutup Pagar
    • Menggunakan seng gelombang.
  • Rangka Pagar
    • Menggunakan rangka kayu atau besi hollow. Apabila menggunakan rangka kayu dapat menggunakan rangka kayu 4/6 atau 5/7 dengan jumlah lajur menyesuaikan ketinggian pagar.
  • Pondasi Pagar
    • Menggunakan cor beton sitemix dengan ukuran tertentu, sebagai contoh ukuran diameter 30 cm dengan kedalaman 50 cm.
  • Pintu Gerbang
    • Untuk proyek skala besar akan dilengkapi dengan pintu gerbang lebar 8 – 15 m, tergantung jenis proyek serta ukuran kendaraan ataupun alat berat yang melintas.

Analisa Harga Satuan Pasang Pagar Seng

Analisa Harga Satuan Pasang Pagar Seng

Seperti halnya perhitungan biaya pembuatan pagar tembok per meter, di dalam proses menghitung biaya pasang pagar seng juga harus memperhatikan beberapa aspek, mulai dari kebutuhan komponen hingga pekerja bangunannya. Dimana kedua aspek penting tersebut juga biasanya masuk ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan sebuah konstruksi, termasuk pagar seng.

Oleh sebab itu, ketika hendak mengetahui bagaimana cara menghitung biaya pagar seng, kalian harus mengerti berapa anggaran dana yang dibutuhkan untuk pemasangan per meter perseginya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai analisa harga pasang pagar seng tinggi 2 m untuk 1 meter perseginya, mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja.

NoUraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Biaya
ABAHAN
Dolken kayu 8-10/400 cm1.2500BatangRp 25.000Rp 31.250
Semen portland5.0000KgRp 1.200Rp 3.000
Seng gelombang1.2000LbrRp 800.000Rp 96.000
Pasir beton0.0050m3Rp 250.000Rp 1.250
Koral beton0.0090m3Rp 250.000Rp 2.250
Kayu 5/70.0720m3Rp 1.500.000Rp 108.000
Paku biasa0.0600KgRp 15.000Rp 900
Meni besi0.4000LiterRp 10.000Rp 4.500
JUMLAH KEBUTUHAN BAHANRp 247.150
BTENAGA
Pekerja0.2000OHRp 100.000Rp 20.000
Tukang kayu0.4000OHRp 120.000Rp 48.000
Kepala tukang0.0200OHRp 120.000Rp 2.400
Mandor0.0200OHRp 120.000Rp 2.400
JUMLAH TENAGA KERJARp 72.800
CJUMLAH (A + B)Rp 319.950
DOVERHEAD & PROFIT 10%10%Rp 31.995
EJUMLAH HARGA TOTALRp 351.945

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Seng

Setelah mengetahui analisa harga satuan pemasangan pagar seng 1 meter persegi setinggi 2 meter, selanjutnya yaitu tinggal mengaplikasikannya ke total kebutuhan. Tata cara perhitungannya sendiri sebenarnya hampir sama seperti saat kalian hendak menghitung biaya pemasangan pagar kawat harmonika.

Dimana nantinya kalian perlu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaan pagar seng terlebih dahulu, lalu menghitung total kebutuhan anggaran biayanya. Adapun tata cara menghitung biaya pasang pagar seng untuk semua jenis dan ukuran mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Cara menghitung biaya pasang pagar seng pertama yaitu mencari tahu volume bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang pagar seng sepanjang 60 meter dengan ketinggian 2 meter, maka tata cara menghitung volume pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang pagar : 60 m.
  • Tinggi pagar : 2 m.

Perhitungan :

  • Volume pagar : Panjang x Lebar.
  • Volume pagar : 60 m x 2 m = 120 m2.

Biaya Pasang Pagar Seng

Cara selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pasang pagar seng untuk volume pekerjaan seluas 120 meter persegi. Cara menghitungnya yaitu tinggal mengalikan volume bidang pekerjaan dengan harga satuan pemasangan pagar seng. Di bawah ini adalah rincian perhitungan jumlah total kebutuhan biaya pemasangannya.

  • Biaya pasang : Volume pekerjaan x Harga satuan per meter persegi.
  • Biaya pasang : 120 m2 x Rp 351.945 = Rp 42.233.400.

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan anggaran biaya untuk memasang pagar seng sepanjang 60 meter dengan tinggi 2 meter yaitu kurang lebih sekitar Rp 42.233.400. Dimana di dalam besaran anggaran biaya tersebut sudah mencakup pembelian kebutuhan bahan material hingga ongkos pekerja bangunannya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung biaya pasang pagar seng untuk semua jenis dan ukuran, mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang pagar seng untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.