Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pembuatan Pagar Tembok Per Meter

Biaya Pembuatan Pagar Tembok Per Meter

Biaya Pembuatan Pagar Tembok Per Meter – Seperti diketahui, pembuatan pagar merupakan salah satu cara sebagai upaya untuk melindungi rumah dari berbagai macam hal. Saat ini juga sudah tersedia beragam jenis dan desain desain pagar yang dapat dipilih sesuai selera.

Pagar tembok mungkin menjadi salah satu jenis yang kerap digunakan untuk menjaga rumah ataupun membingkai taman serta gerbang menuju rumah. Selain itu, kehadiran pagar dinding dapat menjadi titik fokus rumah sehingga mampu memberikan kesan menarik.

Kalian juga bisa menyesuaikan pagar tembok dengan konsep rumah entah itu minimalis ataupun modern agar memiliki kesatuan desain. Namun sebelum melakukan pembuatan pagar tembok di rumah, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, terutama rencana anggaran biaya (RAB) pembangunannya.

Oleh sebab itu sebelum proses pembangunan berlangsung, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja kebutuhan materialnya serta berapa besar biaya pembuatannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung biaya pembuatan pagar tembok per meter.

Kebutuhan Pembuatan Pagar Tembok Per Meter

Di dalam perhitungan BIAYA BANGUN RUMAH PER METER, terdapat beberapa komponen dan material yang masuk ke dalam RAB. Tentunya material-material tersebut juga menjadi syarat utama berdirinya sebuah pagar tembok. Sebelum membahas biaya pembuatan pagar tembok per meter lebih lanjut, perhatikan baik-baik terlebih dahulu beberapa jenis komponen serta materialnya berikut ini.

Material Pagar Tembok

Material Pagar Tembok

Sebenarnya pembuatan pagar tembok bisa menggunakan material batako. Namun, karena konstruksi tersebut dibangun sebagai pembatas rumah, maka sebaiknya gunakan bata merah. Pasalnya, bata merah memiliki tingkat kekuatan lebih tinggi dibandingkan batako. Di bawah ini adalah daftar material untuk pekerjaan pembuatan pagar tembok bata sesuai SNI.

  • Bata merah berukuran 5 x 11 x 22 cm.
  • Semen portland (PC).
  • Pasir pasang (PS).
  • Kapur padam.

Ongkos Pekerja

Ongkos Pekerja

Selain bahan material, kalian juga harus memperhitungkan upah atau ongkos pekerja pemasangan pagar tembok per meter perseginya. Dalam proses pembuatan pagar tembok rumah ini umumnya tidak hanya satu jenis tukang saja, melainkan terdapat beberapa pekerja tambahan lainnya. Berikut adalah beberapa pekerja yang terlibat di dalam pekerjaan pembuatan pagar tembok.

  • Pekerja.
  • Tukang batu.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Komponen mandor serta kepala tukang mungkin bisa dihilangkan jika pembangunan dilakukan dalam skala kecil.

Biaya Pembuatan Pagar Tembok Per Meter

Rincian Biaya Pembuatan Pagar Tembok Per Meter

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan dalam proses pembuatan pagar tembok per meter, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa estimasi biaya pembangunannya. Untuk memperkirakan biaya pembuatan pagar tembok per meter, kalian harus menghitungnya menggunakan rumus sesuai SNI.

Rumus perhitungannya yaitu jumlahkan komponen biaya material dan ongkos tukang. Sebagai contoh HARGA BATA MERAH per buahnya yaitu Rp 1.500, maka kebutuhan untuk pembuatan pagar tembok 0.5 bata 1 PC : 3 KP : 10 PS yaitu seperti di bawah ini.

Bahan Bangunan

BahanSatuanKoefisienHarga SatuanJumlah Harga
Bata merah 5 x 11 x 22 cmbh70.000Rp 1.500Rp 105.000
Semen portlandkg9.6800Rp 1.450Rp 14.036
Pasir pasangm30.0450Rp 400.000Rp 18.000
JUMLAH TOTALRp 137.036

Upah Tukang

TenagaSatuanKoefisienHarga SatuanJumlah Harga
PekerjaOH0.3000Rp 95.000Rp 28.500
Tukang batuOH0.1000Rp 100.000Rp 10.000
Kepala tukangOH0.0100Rp 115.000Rp 1.150
MandorOH0.0150Rp 130.000Rp 1.950
JUMLAH TOTALRp 41.600

Berdasarkan tabel RAB di atas, kalian hanya perlu menjumlahkan biaya bahan bangunan (Rp 137.036) dengan upah tukang (Rp 41.600) = Rp 196.499. Jadi biaya pembuatan pagar tembok per meter di rumah membutuhkan biaya kurang lebih sekitar Rp 196.499.

Tips Membuat Pagar Tembok

Tips Membuat Pagar Tembok

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai kebutuhan material pembuatan batako per meter beserta kisaran biayanya. Agar proses pembuatan pagar dinding tersebut berjalan sesuai harapan, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Tentukan desain pagar tembok sesuai dengan konsep dan gaya rumah.
  • Pilihlah bahan material bangunan berkualitas agar konstruksi pagar dapat bertahan lama.
  • Buat rencana anggaran biaya (RAB) dengan matang sejak awal.
  • Menentukan warna cat sesuai selera dan kebutuhan.
  • Apabila hendak menggunakan pagar besi, ada baiknya selaras dengan pagar tembok.

Akhir Kata

Perlu diingat, biasanya biaya pembuatan pagar tembok menggunakan batu bata merah akan lebih besar dari batako. Meskipun demikian jika dilihat dari segi ketahanan, tembok bata lebih kuat dan tahan lama. Hal itu terbukti dari beberapa bangunan-bangunan lama yang menggunakan bata hingga saat ini masih kokoh berdiri.

Itulah sekiranya penjelasan seputar biaya pembuatan pagar tembok per meter mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membangun pagar tembok di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *