Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Bata Merah

Harga Bata Merah

Harga Bata Merah – Batu bata adalah salah satu bahan material yang sangat dibutuhkan dalam kontruksi pembangunan gedung ataupun rumah. Batu bata memiliki berbagai macam jenis dan salah satunya adalah bata merah ini.

Penggunaan bata merah dapat kalian jumpai dalam pembuatan tembok rumah atau pondasi bangunan. Sekarang sudah banyak toko-toko yang menyediakan berbagai macam jenis bata merah.

Dengan begitu, kalian dapat memilih jenis dan ukuran bata merah yang pas untuk keperluan pembangunan sebuah gedung atau rumah. Tentunya kalian dapat menyesuaikan jumlah material dengan anggaran dana supaya tidak terjadi pembengkakan biaya.

Namun masih banyak orang yang belum mengerti tentang jenis dan ukuran bata merah. Nah kali ini, kami akan membahas mengenai ukuran, kelebihan dan kekurangan serta harga bata merah yang bisa kalian jadikan opsi ketika akan membangun rumah.

Harga Bata Merah Terbaru dan Terlengkap

Sebelum membuat rumah atau bangunan, alangkah baiknya kalian mengetahui harga bata merah di pasaran. Hal itu sangat penting untuk kalian ketahui supaya kalian bisa mempersiapkan anggaran biaya yang harus dikeluarkan. Tentu dengan memilih batu bata merah harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Karena jika kalian memilih dengan sembarangan, rumah kalian beresiko mudah hancur atau roboh. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui harga bata merah serta beberapa hal yang wajib kalian perhatikan ketika membeli batu bata.

Ukuran Bata Merah

Ukuran Bata Merah

Batu bata merah, entah itu biasa atau press merupakan jenis batu yang paling populer di kalangan masyarakat. Banyak gedung atau rumah terutama hunian yang masih menggunakan jenis ini. Umumnya, ukuran bata merah memiliki panjang 230 mm, lebar 110 mm serta memiliki tebal 50 mm. Ada juga yang memiliki ukuran panjang 240 mm, lebar 110 mm serta ketebalan 50 mm. Pemilihan ukuran batu bata merah ini tergantung dengan keperluan dalam penerapannya.

Harga Batu Bata Merah Terbaru

Harga Bata Merah Terbaru

Di bawah ini adalah informasi mengenai daftar harga bata merah terbaru dan terlengkap.

Spesifikasi Batu Bata MerahSatuanHarga
Batu Bata Merah BiasabuahRp 600
Batu Bata Merah OvenbuahRp 850
Bata Bata Merah Press 18cm x 8cm x 4cmbuahRp 370
Batu Bata Merah Press 5 cm x 10cm x 20cmtrukRp 3.800.000
Batu Bata Merah Press Besar 20cm x 10cm x 4cmbuahRp 540
Batu Bata Merah Press Grade AbuahRp 400
Batu Bata Merah ExposebuahRp 3.000
Batu Bata Merah LubangbuahRp 120.000
Batu Bata Merah Jumbo Press Grade AbuahRp 750
Batu Bata Merah Press 4cm x 8 cm x 18cm10.000 buahRp 3.500.000
Catatan : Daftar Harga Bata Merah Diatas Bisa Berbeda Untuk Setiap Daerah dan Kemungkinan Akan Berubah Sewaktu-waktu Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya.

Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Bata Merah

Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Bata Merah

Ada 2 cara yang dapat kalian lakukan dalam menghitung jumlah kebutuhan batu bata. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Angka Koefisien Pengali Sesuai SNI

Cara pertama ini merupakan cara paling mudah yang dapat kalian pilih. Karena kalian hanya perlu mengalikan angka koefisien yang sudah ditetapkan sesuai SNI dengan luas dinding atau tembok tersebut. Menurut SNI analisa harga satuan untuk pekerjaan pemasangan dinding atau tembok bata merah adalah 1/2 batu. Untuk jumlah bata merah yang dibutuhkan adalah 70 buah dalam setiap 1 meter perseginya.

Jumlah kebutuhan batu bata = Koefisien SNI (70) x Luas dinding

Perlu kalian ketahui, angka koefisien SNI 70 buah di atas adalah untuk pemasangan 1 meter persegi bata merah dengan ketebalan 1/2 batu. Serta menggunakan bata merah yang memiliki ukuran 220 mm x 110 mm x 50 mm. Apabila ketebalan dinding dan ukuran bata berbeda, maka kalian harus menyesuaikan lagi angka koefisien tersebut.

2. Menggunakan Perhitungan Teoritis

Kalian dapat menghitung dengan cara membagi luasan 1 meter persegi dinding dengan 1 luasan muka bata termasuk spesi untuk dapat mengetahui jumlah bata dalam satu meter persegi dinding.

Jumlah batu bata per m2 = 1 : Luas muka bata

Jumlah batu bata per m2 = 1 : ((Panjang bata + Spesi) x (Tinggi bata x Spesi))

Jumlah kebutuhan batu bata = Luas dinding x Jumlah batu bata per m2

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Bata Merah

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Bata Merah

Membeli bahan atau material untuk kontrusi bangunan gedung atau rumah tidak boleh asal-asalan terutama batu bata. Kalian harus memilih batu bata yang berkualitas dan kokoh agar bangunan tidak mudah rusak dan rapuh. Di bawah ini beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam memilih batu bata merah.

1. Amati Tumpukan Bata Merah

Saat kalian mengunjungi toko material, amati tumpukan batu bata terlebih dahulu. Apabila terdapat batu bata yang pecah, patah dan seratnya keluar, maka batu bata merah tersebut kurang berkualitas.

2. Gesek-Gesekan Bata Merah

Gesek-gesekan batu bata dengan potongan besi. Jika muncul suara dentingan yang nyaring, maka dapat dipastikan bata tersebut memiliki kualitas yang bagus.

3. Belah Bata Merah

Coba kalian belah atau bagi batu bata menjadi dua. Apabila bagian dalam batu bata tersebut berwarna merah merata, maka bata tersebut berkualitas bagus.

4. Periksa Bobot Bata Merah

Pertama, kalian ambil dan timbang 1 buah batu bata. Kemudian rendam pada air selama 24 jam dan timbangkah kembali. Hitunglah selisih selisih bobot batu bata tersebut. Jika berat akhir tidak lebih dari 20% dari berat awal, maka dapat dikatakan bata tersebut memiliki kualitas yang bagus.

5. Uji Kandungan Garam Bata Merah

Pilihlah batu bata dengan kandungan garam yang rendah. Karena kandungan garam yang tinggi akan mempengaruhi daya lekat batu bata merah dengan plesteran bata. Jadi, semakin banyak kandungan garam, maka semakin buruk pula kerekatan batu bata.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah

Setiap material dalam pembangunan kontruksi gedung atau rumah pasti mempunyai karakteristik yang berbeda-beda terutama pada bata merah. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan bata merah yang sudah kami rangkum. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Bata Merah

  • Bata merah memiliki ukuran yang kecil sehingga memudahkan dalam proses pengangkutan dan pengiriman
  • Memiliki harga yang terjangkau
  • Dalam memasang batu bata relatif tidak memerlukan keahlian khusus
  • Bata merah banyak tersedia di toko-toko material sehingga mudah didapatkan
  • Memiliki ketahanan yang tinggi terhadap panas
  • Bata merah mudah dikerjakan di area yang sempit dan mudah untuk membuat bidang yang kecil

Kekurangan Bata Merah

  • Batu bata merah ini mudah terpengaruh oleh suhu
  • Susah untuk membuat pasangan batu bata yang rapi
  • Memiliki berat jenis yang besar sehingga membebani kontruksi yang menopangnya
  • Memiliki ukuran serta kualitas yang kurang seragam
  • Membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan material dinding lainnya pada saat proses pemasangan
  • Boros dalam penggunaan perekat seperti pasir dan semen

FAQ

1 Truk Berapa Batu Bata ?

Biasanya untuk 1 truk Colt Diesel Double berisikan 7000 buah batu bata

Batu Bata Merah atau Batako, Mana yang Lebih Baik ?

Lebih baik batu bata merah, karena batako memiliki rongga di tengah balok sehingga mudah pecah atau retak

Akhir Kata

Dalam pekerjaan kontruksi pembangunan gedung atau rumah, batu bata merah memang sangat diperlukan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, batu bata merah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tergantung dengan bahan pembuatannya. Maka dari itu, sebelum membeli bata merah, selain mengecek harganya, kalian juga perlu untuk memeriksa kualitas material tersebut. Tentunya dengan memperhitungkan jumlah bahan yang dibutuhkan sehingga kalian dapat mempersiapkan anggaran biayanya.

Demikian pembahasan mengenai ukuran, kelebihan dan kekurangan serta daftar harga bata merah versi Epropertyrack. Semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian ketika akan membeli batu bata merah untuk keperluan bangunan.

Harga Bata Merah

IDR 370
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *