Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar – Hunian merupakan tempat sakral yang ditinggali hingga bertahun-tahun lamanya. Apalagi bagi kalian para pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan.

Untuk kalian yang sudah menikah, konsep rumah minimalis 3 kamar satu lantai atau RUMAH 2 LANTAI sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Desain rumah minimalis 3 kamar ini tentunya dilengkapi dengan ruang tamu, ruang keluarga, ruang kamar mandi dan lain sebagainya.

Sebelum membangun rumah, kalian harus merencanakan konsep dan desain serta anggaran dana secara matang. Hal itu bertujuan agar nantinya pada proses pembangunan hunian terkhusus rumah minimalis 3 kamar ini dapat berjalan lancar sesuai dengan keinginan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai beberap hal yang harus kalian perhatikan dalam membangun rumah. Simak baik-baik penjelasan biaya bangun rumah minimalis 3 kamar berikut ini.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Perlu kalian ketahui, bentuk rumah minimalis dengan 3 kamar ini bisa menggunakan desain rumah type 36/72 atau type 45/72. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya kalian melakukan perencanaan pembangunan rumah yang matang terutama anggaran biaya agar nantinya tidak terjadi pembengkakan dana. Berikut ini adalah tips dan cara menghitung estimasi biaya dalam pembangunan rumah minimalis 3 kamar.

Biaya Material Bangunan

Biaya Material Bangunan

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah tentang biaya material bangunan. Biaya material inilah yang paling banyak menguras dana atau modal dalam pembangunan rumah. Di bawah ini adalah daftar material yang umum digunakan pada konstruksi bangunan.

1. Semen

Material yang satu ini merupakan bahan bangunan utama dalam pembangunan rumah karena hampir semua sudut rumah memakai bahan semen ini. Biasanya semen dijual per sak dengan volume 50 kg dan dibanderol dengan harga Rp 50 ribu per kantong.

2. Batu Bata Merah

Selain semen, batu bata merah juga menjadi material yang penting, apalagi bagi rumah dengan desain berdinding semen. Kalian harus bisa menghitung luas bangunan per meter, selanjutnya estimasi kuantitas material yang dibutuhkan. Bata merah biasanya dijual dengan harga Rp 800 per buah.

3. Pasir

Pasir memiliki banyak sekali fungsi dalam konstruksi pembangunan rumah, salah satunya yaitu sebagai bahan pencampur semen. Umumnya MATERIAL PASIR dijual dengan kisaran harga Rp 200 ribuan per meter kubik.

4. Batu Kali

Material ini juga penting untuk kalian perhatikan karena batu kali memiliki banyak fungsi pada proses pembangunan rumah. Kalian bisa mendapatkan batu kali di toko material dengan kisaran harga Rp 200 ribuan per meter kubik.

5. Baja Ringan atau Besi

Material baja ringan atau besi biasanya digunakan pada proses konstruksi pembangunan pondasi rumah. Bahan bangunan yang satu ini bisa membuat rumah kalian terlihat kuat dan kokoh. Untuk harganya sendiri kalian bisa mendapatkan dengan kisaran antara Rp 15 ribu sampai Rp 100 ribu per batang.

6. Kayu

Meskipun rumah kalian sebagian besar didominasi dengan dinding, namun pengguanaan kayu tetap tidak boleh dilupakan. Biasanya kayu digunakan sebagai kerangka rumah dan atap. Material ini umumnya dibanderol dengan harga Rp 45 ribu hingga Rp 100 ribu per meter.

7. Paku

PAKU juga merupakan material bahan bangunan yang tidak kalah pentingnya dengan material lainnya. Kalian bisa mendapatkan material ini dengan harga Rp 30 ribuan per kilo.

8. Material Atap Rumah

Kalian juga harus menentukan atap rumah jenis apa yang akan digunakan. Umumnya rumah minimalis 3 kamar ini menggunakan material genteng tanah liat. Kalian bisa mendapatkan material genteng ini dengan kisaran harga Rp 5 ribu rupiah per buah.

Sebenarnya terdapat beberapa material lagi yang dapat kalian masukkan, namun material tersebut sangat relatif tergantung dengan bentuk konsep dan desain rumah yang kalian buat. Tetapi, material bahan bangunan di atas merupakan material yang paling umum digunakan dalam konstruksi pembangunan rumah.

Biaya Tukang Bangunan

Biaya Tukang Bangunan

Tukang bangunan merupakan penggerak utama supaya terwujudnya desain rumah yang kalian inginkan. Maka dari itu, kalian perlu memikirkan berapa jumlah tukang yang ingin kalian pekerjakan. Umumnya, pembangunan rumah minimalis 3 kamar ini setidaknya membutuhkan 3 orang tukang.

Pastikan juga kalian menggunakan tukang yang ahli dan sudah berpengalaman sehingga dapat menghasilkan bentuk konstruksi bangunan sesuai dengan apa yang diharapkan. Setiap tukang tentunya mematok harga yang bervariasi, tergantung dengan jenis pekerjaannya. Namun, kami asumsikan biaya tukang per hari biasanya berada di kisaran Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribu per orang.

Biaya Pemasangan Instalasi

Biaya Pemasangan Instalasi

Biaya untuk pemasangan instalasi seperti instalasi listrik, air dan lain sebagainya juga perlu kalian pertimbangkan. Untuk ongkos atau biaya tukang isntalasi juga mematok harga yang bervariasi, namun secara umum berada dikisaran Rp 100 ribuan. Jika dibuat estimasi, maka total kesuluruhan untuk biaya instalasi rumah bisa mencapai angka Rp 3 juta.

Biaya Finishing

Biaya Finishing Rumah Minimalis 3 Kamar

Proses finishing pada pembangunan rumah minimalis 3 kamar juga tidak boleh kalian lupakan. Biaya finishing ini seperti PEMBELIAN CAT, gorden, keramik dan sejenisnya. Pembuatan anggaran untuk biaya finishing sangat penting agar dapat memperkirakan jumlah pengeluaran yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Biaya lain-lainn juga perlu untuk kalian masukkan dalam daftar anggaran biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. Hal ini bertujuan agar nantinya jika terdapat hal-hal di luar dari perencanaan, maka kalian bisa dengan sigap untuk mengantisipasinya.

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 3 Kamar

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 3 Kamar

Berikut ini akan kami jelaskan estimasi anggaran biaya yang bisa kalian jadikan gambaran umum dalam membangun rumah impian.

1. Biaya Tukang

Kalian harus mempersiapkan biaya untuk 3 orang tukang dengan ongkos per orang sebesar Rp 100 ribu per hari. Jadi, untuk 3 orang tukang kalian membutuhkan dana sebesar 3 orang x Rp 100 ribu = Rp 300 ribu per hari. Apabila kalian menargetkan pembangunan rumah selesai dalam jangka waktu satu bulan, maka 30 hari x Rp 300 ribu = Rp 9 juta.

2. Biaya Material Bangunan

Untuk biaya material bangunan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, diasumsikan akan mengahabiskan biaya sebesar Rp 40 juta.

3. Biaya Instalasi

Total biaya untuk instalasi secara keseluruhan yaitu sekitar Rp 3 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya untuk instalasi listrik, air dan sejenisnya.

Jadi, jumlah biaya bangun rumah minimalis 3 kamar yang harus kalian keluarkan yaitu Rp 9 juta + Rp 40 juta + Rp 3 juta = Rp 52 Juta.

Tips Menghemat Biaya Bangun Rumah 3 Kamar

Untuk kalian yang memiliki modal tetapi tidak terlalu banyak, kalian bisa melakukan beberapa tips menghemat biaya seperti yang akan kami berikan berikut ini.

  • Membuat konstruksi rumah dengan detail
  • Gunakanlah material bekas yang masih layak pakai
  • Cari toko bangunan dengan harga yang terjangkau
  • Hindari penggunaan sekat yang berlebihan pada bangunan
  • Cari jasa tukang dengan ongkos hemat

Akhir Kata

Untuk biaya pembangunan rumah minimalis 3 kamar ini sebenarnya cukup relatif, tergantung dengan penggunaan material dan jasa yang kalian gunakan. Saran kami, apabila kalian ingin menghemat pengeluaran dana, sebaiknya fokuskan terlebih dahulu untuk membangun elemen utama atau inti rumah.

Demikian penjelasan mengenai biaya bangun rumah minimalis 3 kamar yang dapat Epropertyrack sampaikan. Semoga informasi di atas dapat menjadi gambaran dan inspirasi kalian dalam menghitung biaya pembangunan rumah minimalis 3 kamar.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Contoh RAB Renovasi Rumah

Jihan
3 min read

Contoh RAB Rumah

Jihan
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *