Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tata Ruang Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas!

Tata Ruang Rumah Type 36

Tata Ruang Rumah Type 36 – Dalam membangun sebuah hunian, tentunya penataan ruangan yang terdapat di dalamnya harus diperhatikan dengan matang sejak awal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya nantinya tata ruang sebuah hunian seperti rumah tinggal akan menampilkan karakter dan sifat para penghuninya.

Salah satu tipe atau ukuran rumah yang paling sering dibangun oleh masyarakat di Indonesia yaitu rumah type 36, khususnya bagi keluarga kecil yang baru menikah. Sesuai dengan namanya, rumah type ini mempunyai total luas bangunan sekitar 36 meter persegi dan biasanya dibangun di atas tanah seluas 60 meter persegi.

Berbicara mengenai penataan ruang pada rumah type 36, sebenarnya hal tersebut akan bergantung pada keinginan pemilik bangunan itu sendiri. Dimana akan jauh lebih baik apabila nantinya penataan ruang pada rumah type 36 juga diimbangi dengan pemilihan furnitur ataupun perabotan sesuai dengan jenis ruangannya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana untuk membangun rumah type 36 minimalis, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara menata ruangannya. Nah, untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata ruang rumah type 36 dilengkapi tips mendesain ruangan agar terlihat lebih luas dan besar.

Seputar Rumah Type 36

Sebelum pembahasan poin utama mengenai tata ruang rumah type 36 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, rumah type 36 dapat diartikan sebagai sebuah hunian yang memiliki total luas bangunan kurang lebih sekitar 36 m2 dan biasanya dibangun di atas lahan seluas 60 m2.

Pada umumnya, rata-rata masyarakat Indonesia membangun rumah type 36 menjadi 1 lantai supaya bisa lebih menghemat anggaran biaya pembangunannya. Meskipun demikian, tak jarang pula ditemui beberapa orang yang membangun rumah type 36 menjadi 2 lantai dengan alasan supaya terasa lebih luas.

Tata Ruang Rumah Type 36

Tata Ruang Rumah Minimalis Type 36

Perlu diketahui, pastinya penataan ruang dalam hal ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap besaran biaya bangun rumah type 36. Secara garis besarnya rumah type 36 dibangun dengan komposisi beberapa ruangan seperti 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu hingga ruang keluarga sekaligus dapur.

Memang benar bahwa di dalam rumah type 36 tidak banyak ruang yang dapat diakomodir, namun tetap bisa mendapatkan fungsi dari tiap ruangan dengan maksimal. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai rekomendasi tata ruang rumah type 36 dengan konsep minimalis modern.

Ruang Kamar Tidur

Rumah minimalis type 36 biasanya mempunyai 2 buah kamar tidur yang dibuat dengan ukuran luas berbeda. Dimana kamar tidur pertama dibuat dengan ukuran 3 x 3 meter persegi, sementara ruangan kedua dibuat dengan ukuran 3 x 2.6 meter persegi, ukurannya sedikit lebih kecil.

Kamar tidur berukuran lebih besar digunakan sebagai ruangan untuk orang tua, sementara kamar tidur berukuran kecil dapat difungsikan untuk ruangan anak. Bagi kalian keluarga baru yang belum mempunyai momongan, kamar tidur berukuran kecil ini bisa digunakan sebagai ruang untuk tempat tidur tidur tamu atau gudang.

Ruang Tamu

Kemudian tata ruang rumah type 36 selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu dari segi ruang tamu. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ruang tamu menjadi ruang pertama kali diakses pada saat seseorang memasuki rumah.

Ruang tamu juga nantinya bisa menampilkan sifat dan karakter pemilik rumah itu sendiri. Oleh sebab itu, perlu dipertimbangkan untuk menyediakan ruang tamu agar tetap terasa nyaman meskipun dalam rumah dengan ukuran terbilang mungil tersebut.

Pada umumnya, tata ruang tamu rumah type 36 mencakup beberapa komponen seperti satu buah kursi sudut, atau empat buah kursi dengan satu meja tamu tidak terlalu panjang. Ketika penghuni rumah mampu menjaga kebersihan ruang tamu, maka akan semakin membuat ruangan terasa lebih nyaman dan aman.

Ruang Keluarga

Setelah ruang tamu, ruang keluarga juga menjadi aspek penting perlu diperhatikan ketika hendak menata ruang pada rumah type 36. Ruangan yang biasanya terletak di tengah bangunan ini berfungsi sebagai tempat berkumpulnya keluarga setelah menghabiskan waktunya untuk aktivitas sehari-hari.

Bahkan aktivitas keluarga seperti makan juga dapat dilakukan pada ruang ini, mengingat bahwa rumah type 36 mempunyai ukuran terbatas sehingga tidak menyediakan ruang makan terpisah. Kemudian tata ruang dapur pada rumah type 36 juga bisa dirancang dekat dengan akses pintu keluar.

Kalian bisa mengaturnya sedemikian rupa sehingga terasa tetap nyaman serta tidak membuat keluarga menjadi tidak nyaman dan terkesan kotor akibat kehadiran ruang dapur. Kalian juga bisa membuat sekat panel dari triplek atau kalsiboard apabila ingin memisahkan kedua ruang tersebut.

Ruang Kamar Mandi

Ruangan terakhir yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan tata ruang rumah type 36 yaitu kamar mandi. Karena ukuran kamar mandi pada rumah type 36 tergolong tidak terlalu luas, maka sangat cocok apabila diletakkan di bagian pojok belakang huDesain Rumanian. Namun, jika mempunyai anggaran dana lebih, kalian bisa memindahkan kamar mandi ke bagian luar rumah sehingga mempunyai ruang keluarga lebih luas.

Tips Menata Ruang Rumah Type 36

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata ruang rumah type 36 mulai dari kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga sekaligus ruang makan dan dapur hingga kamar mandi. Seperti diketahui, rumah desain minimalis akan mengutamakan nilai efisiensi dan efektivitas sehingga sangat cocok diaplikasikan pada hunian berukuran kecil.

Meskipun ukuran rumah type 36 dianggap kecil, namun bukan berarti tidak ada cara untuk membuatnya mempunyai kesan lapang serta nyaman. Maka dari itu, sebagai informasi tambahan, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah tips dalam menata ruang rumah type 36.

  • Hindari penggunaan sekat.
  • Pemanfaatan dinding atau sudut ruangan.
  • Penggunaan furnitur praktis serta multifungsi.
  • Pemilihan cat berwarna terang atau cerah.
  • Perhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara alami.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar tata ruang rumah type 36 untuk semua jenis ruangan dilengkapi dengan beberapa tips dalam melakukannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menata ruangan di rumah type 36 agar terasa lebih nyaman dan luas.

Sumber gambar : YouTube Channel Tata Estika

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *