Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Desain Rumah Kecil Tapi Mewah

Desain Rumah Kecil Tapi Mewah 42

Desain Rumah Kecil Tapi Mewah – Memiliki hunian mewah yang besar memang menjadi dambaan bagi semua orang, termasuk kita. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, keterbatasan lahan dan mahalnya harga material bahan bangunan menjadi faktor kendala ketika hendak mewujudkannya.

Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih membangun rumah sederhana sebagai tempat tinggal mereka. Terlebih lagi, harga beli atau biaya pembangunan rumah sederhana memang lebih murah dibandingkan dengan jenis hunian lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa membangun rumah impian dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun tetap memiliki kesan mewah dan elegan. Biasanya desain rumah ini dirancang dengan satu lantai atau dua lantai untuk keluarga yang terdiri dari 2 hingga 4 orang.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan konsep dan DENAH RUMAH minimalis kecil tapi mewah. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak baik-baik pembahasan desain rumah kecil tapi mewah di bawah ini.

Desain Rumah Kecil Tapi Mewah dari Denah, Penataan Ruang hingga RAB

Hunian yang besar dan mewah tentu akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan rumah sederhana. Namun, mewahpun tidak cukup apabila rumah yang kalian tinggali terasa membosankan dan kurang nyaman. Oleh sebab itu, ketika kalian hendak membangun rumah, pastikan rumah tersebut sesuai dengan gaya dan selera kalian.

Denah Rumah Kecil Tapi Mewah

Denah Rumah Kecil Tapi Mewah

Desain rumah kecil tapi mewah ini dibangun di atas lahan seluas 90 meter persegi. Namun, untuk bangunannya sendiri hanya dibuat dengan ukuran 6 x 7 meter sehingga masih menyisakan sebagian tanah atau lahan yang kosong.

Hunian yang satu ini dibangun dengan konsep modern minimalis dengan penataan ruang yang cukup rapi. Selain itu, rumah ini juga dibuat menjadi 2 lantai sehingga ruangan di dalamnya akan terasa lebih luas dan lapang.

Lantai dasar dari rumah ini terdiri dari 1 ruang keluarga / tamu, 1 dapur dan tempat makan, 1 toilet, tempat laundry, carport serta halaman belakang yang cukup luas. Sedangkan di lantai 2 terdiri dari 1 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur anak serta 2 kamar mandi.

Ruang Tamu / Keluarga

Ruang Tamu dan Keluarga

Ruang tamu pada rumah ini juga bisa kalian gunakan sebagai tempat untuk berkumpulnya keluarga. Mengingat rumah ini mengusung konsep minimalis modern, maka setiap sudut ruangan tersebut harus kalian maksimalkan.

Kalian bisa meletakkan kursi sofa dengan meja yang yang terbuat dari bahan HPL pada ruang tamu. selain itu, kalian juga bisa menambahkan aksesoris tambahan seperti vas bunga dan lampu hias pada ruangan tersebut.

Dapur dan Tempat Makan

Dapur dan Ruang Makan

Seperti yang sudah kalian ketahui, dapur dan ruang makan pada dasanya merupakan dua ruangan yang saling berkaitan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kalian membuat dapur dan ruang makan menjadi satu ruangan.

Solusi yang tepat untuk menyatukan sebuah ruangan yaitu dengan menggunakan bahan dan warna yang senada. Seperti warna meja dan kabinet dapur atau KITCHEN SET yang selaras akan membuat ruangan terasa semakin menyatu.

Kamar Utama

Kamar Utama

Kamar mungkin menjadi salah satu tempat ternyaman untuk beristirahat setelah melakukan berbagai macam aktivitas seharian. Di dalam desain rumah kecil tapi mewah ini, kamar utamanya memiliki ukuran yang terbilang cukup luas.

Dengan pemilihan beberapa furnitur yang tepat seperti meja gantung dan lampu hias dapat membuat ruangan kamar ini terasa lebih nyaman. Kalian juga bisa menghiasi dinding dengan meletakkan lukisan atau poster yang kalian suka.

Kamar Anak

Kamar Anak Desain Rumah Kecil Tapi Mewah

Bagi kalian yang sudah menikah, tentunya kamar anak menjadi salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan. Pasalnya, tidak semua anak kecil betah dan nyaman dengan kamar mereka sehingga kalian harus benar-benar mempertimbangkan penataan ruangnya.

Kalian bisa meletakkan lemari pakaian serta meja belajar berukuran sedang di setiap sudut kamar. Perlu diingat, pencahayaan dan sirkulasi udara menjadi hal penting untuk kenyamanan sebuah ruangan. Oleh sebab itu, gunakanlah jendela kaca yang cukup besar sehingga kamar bisa mendapatkan pencahayaan yang baik.

Halaman Belakang Rumah

Halaman Belakang Rumah

Halaman belakang dari rumah kecil tapi mewah ini juga bisa kalian gunakan sebagai tempat untuk bersantai pada saat sore hari. Kalian juga bisa membuat taman minimalis sebagai area bermain untuk anak-anak.

Selain menghadirkan taman, kalian bisa mendesain tempat duduk yang nyaman pada bagian belakang rumah. Meskipun memiliki ukuran yang mungil, namun halaman ini bisa kalian jadikan tempat untuk berkumpul yang nyaman.

Video Desain Rumah Kecil Mewah

Biaya Pembangunan Rumah Kecil Tapi Mewah

Biaya Pembangunan Desain Rumah Kecil Tapi Mewah

Nah, setelah mengetahui denah dan penataan ruang dari desain rumah kecil tapi mewah, kalian juga harus mengerti berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membangun hunian tersebut. Di bawah ini adalah Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk rumah kecil tapi mewah atau luxury tiny house 6 x 7 m2 yang dibangun di atas tanah berukuran 6 x 15 m2.

Jenis PekerjaanBiaya
Pasangan pondasi cakar ayam dan batu kaliRp 39.322.000
Pekerjaan pasang lantai kayuRp 24.993.000
Pemasangan dinding 1 bata merah, 1:2Rp 139.745.000
Membuat dan memasang jendela kacaRp 24.712.000
Membuat dan memasang pintu panelRp 3.178.000
Pemasangan atap genteng metalRp 5.127.000
Total biayaRp 237.077.000

Jadi, untuk membangun rumah kecil tapi mewah tersebut kalian perlu mempersiapkan anggaran dana sebesar Rp 237.077.000. Saran kami, gunakanlah material bahan bangunan yang berkualitas agar rumah yang kalian bangun kokoh dan tahan lama.

Akhir Kata

Bagaimana tanggapan kalian setelah membaca deskripsi dari desain rumah yang Epropertyrack berikan di atas? Jika ingin melihat desain rumah kecil tapi mewah tersebut secara visual, silahkan langsung cek di channel youtube Desain Rumah TV.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Contoh RAB Renovasi Rumah

Jihan
3 min read

Contoh RAB Rumah

Jihan
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *