Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Kitchen Set

Kitchen Set

Kitchen Set – Dapur merupakan salah satu ruangan yang harus ada di dalam sebuah hunian. Selain itu, dapur juga menjadi ruangan vital karena memiliki fungsi yang sangat penting dan krusial, seperti sebagai tempat untuk memasak dan tempat untuk memyimpan makanan.

Dalam mendesain dapur impian, tentu diperlukan adanya perencanaan dengan sangat matang sejak awal. Hal itu bertujuan supaya ruangan dapur dapat menjadi area yang nyaman dan tidak membosankan penghuninya pada saat melakukan aktivitas atau kegiatan dapur.

Kalian bisa melakukan kreativitas dalam mengkombinasikan berbagai macam hal yang ada di ruangan tersebut untuk menciptakan dapur yang nyaman. Mulai dari memilih peralatan memasak, perabotan tambahan, letak pencahayaan atau tempat penyimpanan lainnya.

Perlu kalian ketahui, dapur akan lebih fungsional dan maksimal dengan adanya keselarasan perabotan dan peralatan atau yang biasa dikenal dengan sebutan kitchen set dengan kebutuhan penghuninya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian, fungsi serta beberapa inspirasi model kitchen set.

Desain & Model Kitchen Set Terbaru

Saat ini peralatan atau perlengkapan dapur menjadi sebuah kebutuhan wajib yang juga dapat berfungsi sebagai tempat atau wadah penyimpanan di rumah. Kitchen set ini juga bisa disesusaikan dengan konsep rumah yang kalian miliki, apakah rumah minimalis ataupun rumah sederhana.

Pengertian

Pengertian

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kitchen set ialah sebuah elemen utama yang harus ada pada dapur. Perangkat ini berbentuk kabinet yang berguna untuk menyimpan peralatan rumah tangga, terutama perlengkapan untuk memasak.

Kalian bisa mendesain peralatan ini sesuai dengan ukuran dan luas dapur rumah yang dimiliki. Dengan menggunakan kabinet ini, kalian bisa menciptakan suasana dapur yang unik serta menarik sesuai dengan gaya dan konsep rumah.

Fungsi

Fungsi utama dari material ini adalah supaya membuat dapur rumah menjadi lebih bersih serta peralatan memasak dapat tertata dengan rapi. Selain itu, dengan adanya kitchen set ini kalian juga bisa menentukan posisi yang tepat untuk elemen dapur seperti kompor, bak cuci, rak pengering dan lain sebagainya.

Bahan Material

Bahan Material

Setelah kalian mengerti dan paham tentang pengertian dan fungsi kitchen set, selanjutnya kalian juga harus mengerti beberapa bahan material yang biasa digunakan untuk membangun perangkat ini. Bahan material tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Multiplek atau Plywood, merupakan olahan kayu dengan bahan dasar kayu meranti berlapis
  • Blockboard, adalah sisa-sisa potongan kayu dengan daya tahan dan kekuatan yang tinggi
  • MDF, terbuat dari serbuk kayu olahan yang dipres dengan tekanan tinggi
  • HPL, merupakan bahan pelapis dengan corak dan warna permukaan yang cukup beragam
  • Decosheet, material ini sama dengan HPL hanya saja ketebalan decosheet sedikit lebih tipis
  • Duco, merupakan lapisan finishing berupa cat sehingga dapat memberikan hasil yang elegan dan tahan lama

Model Kitchen Set

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam pilihan desain dan model yang bisa disesuaikan dengan gaya dan keperluan rumah kalian. Berikut akan kami berikan beberapa contoh model kitchen set yang bisa kalian jadikan inspirasi ketika hendak mendesain dapur impian.

1. Straight

Straight

Model straight ini juga sering dikenal dengan model single line atau satu baris. Konsep ini biasanya diterapkan pada rumah minimalis yang biasanya disesuaikan dengan bentuk dapurnya. Dengan model satu baris ini memiliki keunggulan dapat menghemat kapasitas tempat dan tidak terlalu memakan banyak ruang.

2. Kitchen Island

Kitchen Island

Gaya penataan dapur yang kami rekomendasikan selanjutnya yaitu model island. Konsep ini sangat cocok untuk kalian terapkan pada dapur yang memiliki ukuran cukup luas sehingga dapat memberikan kesan sempurna dari segi penampilan serta fungsinya.

3. Kitchen Set Custom

Kitchen Set Custom

Kalian juga bisa membuat dapur impian sesuai dengan ukuran dan desain ruangan sebuah dapur. Dengan begitu, kalian juga bisa berkreativitas dalam mengkponsepnya namun tetap memperhatikan keseimbangan nilai estetikanya.

4. Letter L

Letter L

Bagi kalian yang memiliki persoalan terhadap ruangan dapur yang terbatas, model letter L ini dapat menjadi salah satu solusi yang tepat. Kalian juga bisa mengkombinasikan dengan memilih WARNA CAT BAGIAN DALAM dan motif keramik yang pas agar menambah kesan minimalis.

5. Motif Kayu

Motif Kayu

Salah satu motif alami yang tak lekang oleh waktu yaitu motif kayu. Model ini akan memberikan suasana kehangatan di dalam sebuah dapur. Selain itu, material kayu juga merupakan material yang aman untuk kalian pilih dalam mendekorasi sebuah dapur.

6. Gaya Modern

Gaya Modern

Dapur bergaya modern ini sangat cocok untuk kalian para pecinta interior bergaya modern dengan ukuran ruangan dapur yang cukup luas. Kalian dapat meletakan meja di tengah-tengah disertai dengan ornamen tambahan seperti lampu hias.

7. Gaya Terbuka

Gaya Terbuka

Ruangan dapur yang tidak terlalu luas bisa kalian manfaatkan dengan menerapkan kitchen set tanpa menggunakan pintu atau terbuka. Kalian juga bisa memadukan beberapa warna cat agar terkesan menarik dan lebih ceria.

8. Gaya Kontemporer

Gaya Kontemporer

Dengan menggunakan material besi dan kayu ini, dapur yang kalian miliki akan memberikan kesan alami dan hangat. Meja yang terbuat dari kayu ini akan menambah kesan unik sebuah dapur.

9. Gaya Skandinavia

Kitchen Set Gaya Skandinavia

Gaya yang satu ini menjadi salah satu pilihan banyak orang dalam mendesain interior rumah minimalis. Dengan kombinasi antara warna abu-abu dan putih ini akan memberikan kesan simpel.

10. Gaya Monokrom

Kitchen Set Gaya Monokrom

Seperti yang sudah kalian ketahui, motif monokrom ini akan membuat ruangan dapur kalian memberikan kesan rapi dan mewah pada setiap sudutnya. Lengkapilah dengan rak-rak menggantung dan meja yang berada di tengah-tengah.

Kisaran Harga Kitchen Set Per Meter

Perlu kalian ketahui, harga untuk kitchen set ini dibedakan berdasarkan jenis bahan materialnya. Berikut adalah beberapa daftar kisaran harga peralatan dapur per meter berdasarkan jenis materialnya.

JenisMaterialFinishingHarga
Kabinet Bawah FrameBlockboardHPLRp 1.200.000
Kabinet Bawah FramePlywoodHPLRp 1.300.000
Kabinet Bawah BoxBlockboardHPLRp 1.700.000
Kabinet Bawah BoxPlywoodHPLRp 1.600.000
Kabinet AtasBlockboardHPLRp 1.600.000
Kabinet AtasPlywoodHPLRp 1.700.000

Tips Merawat Dapur

Tips Merawat Dapur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dapur merupakan salah satu ruangan vital yang harus kalian jaga dan rawat baik-baik. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa tips atau cara dalam merawat dapur agar tetap bersih dan rapi.

  • Ketika hendak melakukan kegiatan memasak, cuci tangan terlebih dahulu
  • Bersihkan juga semua peralatan masak yang ingin digunakan
  • Masaklah makanan sampai matang dan tuntas agar dapat membunuh semua bakteri
  • Terakhir, ketika kalian selesai memasak segera bersihkan seluruh peralatan dapur dengan cairan pembersih hingga bersih

Akhir Kata

Sebelum mendesain dapur, saran kami hitung terlebih dahulu luas dapur, desain, material dasar dan finishing serta penempatan atau penataan peralatan dapur. Atau kalian juga bisa menggunakan jasa ahli seperti arsitek agar dapur dapat memberikan hasil akhir yang memuaskan.

Itulah sekiranya penjelasan yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai pengertian, fungsi dan model serta kisaran harga kitchen set per meternya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan inspirasi ketika hendak mendesain dapur impian.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *